BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Toyota resmi meluncurkan versi setir kanan (Right-Hand Drive/RHD) dari SUV listrik bZ3X untuk pasar Hong Kong dan Makau, menandai debut resmi model tersebut di dua Daerah Administratif Khusus.
Mobil ini merupakan kendaraan listrik baterai (BEV) pertama Toyota yang dirancang khusus untuk Hong Kong, dengan peluncuran perdana di flagship showroom Kowloon Bay pada 27 September lalu.
Untuk pasar Makau, harga bZ3X ditetapkan sebesar 259.000 dolar Hong Kong (USD 33.100). Harga untuk Hong Kong sendiri belum diumumkan secara resmi dan kemungkinan akan berbeda dari Makau.
Spesifikasi & Performa
Toyota bZ3X RHD dibekali motor sinkron magnet permanen dengan tenaga 150 kW dan torsi 210 Nm. Sumber tenaga berasal dari baterai lithium-iron-phosphate (LFP) 70,0 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 565 km (NEDC).
Mobil ini mendukung pengisian CCS2, dengan kapasitas 6,6 kW AC dan 90 kW DC fast charging, serta fitur Vehicle-to-Load (V2L) untuk suplai daya eksternal.
SUV ini berukuran panjang 4.600 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.645 mm, dengan wheelbase 2.765 mm. Berat kosong mencapai 1.835 kg dan bagasi berkapasitas 427 liter.
Radius putar 5,8 meter, velg alloy 19 inci dengan ban 225/45R19. Suspensi depan MacPherson strut dengan anti-roll bar, sementara belakang memakai torsion beam semi-independen. Rem depan ventilated disc, rem belakang solid disc.
Interior & Fitur
Kabinnya dilengkapi Toyota Intelligent Driving Assistant yang terhubung dengan aplikasi ponsel. Instrumen digital 8,88 inci dipadukan dengan layar tengah 14,6 inci yang mendukung audio, navigasi, dan kontrol sistem.
Fitur standar mencakup wireless Apple CarPlay, perintah suara berbahasa Inggris, serta audio premium YAMAHA 11-speaker.
Kursi depan dapat disetel elektrik dengan fungsi pemanas, pendingin, dan ventilasi, sementara kursi belakang dapat direbahkan 117–137 derajat.
Fitur lain meliputi AC dual-zone dengan filter PM2.5, lampu ambient 32 warna, panoramic glass roof dengan tirai elektrik, kamera parkir 360 derajat, serta tombol darurat pemutus daya.
Perbedaan dengan Versi China Daratan
Toyota bZ3X pertama kali diluncurkan di China Daratan pada Maret 2025 melalui joint venture GAC-Toyota, dengan harga mulai 109.800 yuan (USD 15.100). Dalam satu jam, Toyota mencatat 10.000 pesanan.
Di China, bZ3X tersedia dalam beberapa opsi baterai: 50,0 kWh (430 km CLTC), 58,4 kWh (520 km CLTC), dan 67,9 kWh (610 km CLTC).
Varian tertinggi menggunakan lidar Robosense serta sistem bantuan mengemudi canggih Momenta 5.0, yang mendukung Navigate on Autopilot tanpa peta HD.
Versi Hong Kong & Makau paling mendekati trim 520 Pro+ di China, namun dengan beberapa perbedaan: memakai baterai lebih besar 70,0 kWh, motor tetap 150 kW, dengan jarak tempuh 565 km NEDC (~500–520 km CLTC).
Mobil ini juga membawa fitur premium seperti audio YAMAHA 11-speaker dan panoramic roof, tetapi tidak menawarkan motor 165 kW atau lidar canggih di varian 610 Max.
Harga Lebih Mahal Hampir 50%
Perbedaan terbesar terletak pada harga. Trim 520 Pro+ di China dijual 139.800 yuan (USD 22.445), sedangkan versi Makau mencapai USD 33.100 — sekitar 47% lebih mahal.
Kenaikan ini disebabkan posisi pasar, pajak impor regional, serta skala produksi terbatas untuk model setir kanan.
Ekspansi Pasar Global
Dengan hadirnya model RHD, Toyota membawa SUV listrik yang berfokus pada pasar China ini ke Hong Kong dan Makau, wilayah yang tetap menggunakan sistem setir kanan karena warisan kolonial.
Setelah kembalinya ke China (Hong Kong dari Inggris tahun 1997, Makau dari Portugal tahun 1999), keduanya tetap mempertahankan sistem lalu lintas sisi kiri.
Ke depan, Toyota bZ3X RHD diproyeksikan juga meluncur ke negara lain yang menggunakan setir kanan, seperti Jepang, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan Singapura, memperluas jejak global kendaraan listrik Toyota di luar China. (CarNewsChina)