Scroll untuk baca artikel
Industri

Taiwan Jadi Tempat Terbaik bagi SDM Industri Digital, Ini Alasannya

16
×

Taiwan Jadi Tempat Terbaik bagi SDM Industri Digital, Ini Alasannya

Sebarkan artikel ini
Taiwan adalah salah satu tempat terbaik bagi SDM Industri Digital. Status Taiwan kini bahkan semakin populer. Terkait sejumlah tolok ukur, seperti taraf hidup, keamanan, sistem layanan kesehatan, dan biaya hidup, Taiwan selalu menempati peringkat teratas,

BISNISASIA.CO.ID, TAIPEI – Taiwan adalah salah satu tempat terbaik bagi SDM Industri Digital. Status Taiwan kini bahkan semakin populer. Terkait sejumlah tolok ukur, seperti taraf hidup, keamanan, sistem layanan kesehatan, dan biaya hidup, Taiwan selalu menempati peringkat teratas, terutama di antara negara-negara Asia.

Namun, alasan di balik popularitas Taiwan sebagai destinasi bagi SDM Industri Digital melampaui tolok ukur tersebut. Taiwan menjadi destinasi favorit SDM Industri Digital berkat infrastruktur teknologi terbaik dan modern, serta keindahan alam yang dilestarikan dengan baik, dan berbagai objek wisata.

Maka, Taiwan bukan hanya menjadi destinasi ideal bagi orang-orang yang ingin tinggal di kota budaya dan teknologi, namun juga sosok yang ingin menjalani gaya hidup yang penuh petualangan.

Meski Mandarin menjadi bahasa utama di Taiwan, industri teknologi setempat semakin bilingual. Banyak kegiatan dan praktisi kini berkomunikasi dalam bahasa Inggris di Taiwan. Hal ini mempermudah adaptasi SDM asing yang ingin berkarier di pasar yang dinamis tersebut.

Baca Juga :   Dorong Pertumbuhan Industri Kendaraan Listrik, Pemerintah Beri Insentif Pajak bagi Investor EV Global

Taiwan juga memiliki banyak komunitas digital yang tak sekadar berinteraksi dan berkolaborasi secara daring, namun juga menggelar beberapa kegiatan tatap muka, seperti sesi memperluas jejaring (networking) dan konferensi.

Salah satunya, Taiwan Digital Night (TDN) yang berlangsung pada September lalu, serta melibatkan banyak praktisi dan SDM dari seluruh dunia. TDN didukung Administration for Digital Industries, MOD Ministry of Digital Affairs (MODA), serta DIGI Gold Card Community, lembaga yang mempromosikan Taiwan sebagai destinasi utama SDM Industri Digital.

Ajang internasional ini menyambut para peserta yang ingin bertukar wawasan, serta berinteraksi dengan warga lokal dan praktisi asing lain. Dengan demikian, TDN menyediakan berbagai peluang untuk berkolaborasi.

TDN menjadi wadah sosial yang tepat bagi nomaden digital, usaha rintisan, dan anggota komunitas. Selain suasana menarik dengan sajian makanan dan minuman, TDN pun menggelar sesi paparan dan presentasi dari tamu-tamu khusus dan pihak penyelenggara acara sehingga menyajikan perspektif penting tentang berbagai proyek di industri.

Baca Juga :   Kemenparekraf dan Qantas Airways Bersinergi Promosikan Wonderful Indonesia di Sydney

Lebih dari 100 orang dari latar belakang dan bidang yang berbeda-beda, saling berbagi pengalaman dan menikmati malam yang penuh hiburan. TDN ikut memperkuat status Taiwan sebagai destinasi internasional untuk SDM Industri Digital.

Industri Digital yang Berkembang Pesat di Taiwan Menyambut Kehadiran SDM Asing

Memiliki beberapa proyek dan investasi pemerintah, Taiwan menjadi tempat ideal bagi SDM Industri Digital dari seluruh dunia yang ingin berkarier dan mengembangkan diri. Ekosistem teknologi yang berkembang pesat, serta infrastruktur bermutu tinggi turut mendukung Taiwan sebagai lokasi pendirian berbagai usaha rintisan dan perusahaan besar.

Baca Juga :   Bridgestone Indonesia Raih Penghargaan ‘Change the World 2023’

Pada minggu akhir September lalu, delegasi yang terdiri atas sembilan pakar digital asing, termasuk Pemegang Gold Card, Nomaden Digital, dan pemimpin Komunitas Digital berkunjung ke objek-objek wisata di Taipei, seperti Red House dan Kuil Longshan, serta perusahaan-perusahaan Taiwan, seperti Systex Corp. dan LITEON, dan asosiasi industri di Taiwan, seperti MODA dan Talent Taiwan.

Lewat kunjungan ini, delegasi tersebut dapat mempelajari tradisi lokal, adat istiadat, serta sejarah Taiwan. Mereka pun membahas topik-topik penting, termasuk cultural marketing, serta daya saing dan tantangan yang dihadapi Taiwan, begitu pula proyek dan investasi potensial pada masa mendatang. Delegasi tersebut menyimak penjelasan sekaligus ikut berbagi perspektif dan pengalaman sehingga menciptakan suasana kolaboratif untuk berbagi ide mengenai cara-cara menarik minat SDM internasional dan mendukung perkembangan industri digital Taiwan.