Scroll untuk baca artikel
HeadlineOtomotif

Elon Musk Fokus Kendaraan Otonom, Sebut Bikin Tesla Seharga 25 Ribu Dolar AS ‘Konyol’

25
×

Elon Musk Fokus Kendaraan Otonom, Sebut Bikin Tesla Seharga 25 Ribu Dolar AS ‘Konyol’

Sebarkan artikel ini
Elon Musk

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Elon Musk mengatakan bahwa membuat Tesla biasa seharga $25.000 akan menjadi “tidak berguna” karena ia fokus sepenuhnya pada robotaksi.

Elon Musk berpikir bahwa akan “tidak berguna” bagi Tesla untuk membangun kendaraan listrik (EV) konvensional dengan harga sekitar $25.000.

Dikutip dari Business Insider, CEO Tesla tersebut mengatakan bahwa langkah semacam itu akan “konyol” dan “berlawanan dengan keyakinan kami” dalam panggilan pendapatan perusahaan.

Musk sangat fokus pada kendaraan otonom, yang Tesla perkenalkan bulan ini, meskipun beberapa investor menginginkan model yang lebih murah.

Berbicara dalam panggilan pendapatan Tesla untuk kuartal ketiga pada hari Rabu, Musk menggambarkan membangun EV non-otonom yang terjangkau sebagai “tidak berguna” ketika menjawab pertanyaan tentang kapan investor dapat mengharapkan “model mobil reguler seharga $25.000 non-robotaksi.”

Baca Juga :   Kolaborasi dengan Uber, Turo Garap Pasar Bernilai 150 Miliar Dolar AS

“Saya pikir memiliki model reguler seharga $25.000 itu tidak ada gunanya. Itu akan konyol. Itu sepenuhnya bertentangan dengan apa yang kami yakini,” katanya.

Miliarder tersebut mengatakan bahwa semua kendaraan Tesla di masa depan akan otonom, dan bahwa sudah “sangat jelas” bahwa kendaraan listrik tanpa pengemudi adalah masa depan.

Komentar Musk kemungkinan akan mengecewakan penggemar Tesla yang berharap untuk model yang benar-benar terjangkau.

Dia menegaskan kembali bahwa Tesla bermaksud merilis EV yang lebih murah mulai paruh pertama tahun 2025, tetapi banyak waktu panggilan pendapatan dihabiskan untuk membahas rencana robotaksi otonom yang akan diluncurkan pada tahun 2027.

Baca Juga :   BMW R 1300 GS Segera Mengaspal di India

Tesla memperkenalkan “Cybercab” bulan ini di sebuah acara di Los Angeles dengan nuansa fiksi ilmiah Hollywood yang begitu kental sehingga memicu tindakan hukum dari pembuat film “Blade Runner 2049.”

Cybercab dua tempat duduk tersebut akan dihargai kurang dari $30.000, kata Musk dalam acara tersebut.

Namun, para ahli sebelumnya mengatakan kepada Business Insider bahwa kendaraan ini, yang tidak memiliki setir atau pedal, kemungkinan akan menghadapi jalan yang sulit untuk mendapatkan persetujuan regulasi.

Investor Tesla telah menuntut kabar tentang rencana perusahaan untuk kendaraan yang lebih terjangkau menjelang pengumuman pendapatan Tesla pada kuartal ketiga.

Baca Juga :   Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bersinar di Tengah Kelesuan Perekonomian Global

Model murah yang sudah lama dirumorkan, “Model 2,” telah terjebak dalam ketidakpastian selama berbulan-bulan.

Musk mengatakan kepada para pemegang saham bahwa Tesla berencana untuk “mempercepat” produksi model yang lebih murah pada bulan April, setelah membantah laporan yang menyarankan bahwa perusahaan telah membatalkan rencana untuk membangun EV seharga $25.000.

Saham Tesla naik hingga 12% dalam perdagangan setelah jam kerja, menghapus kerugian setelah peluncuran robotaksi.

Tesla tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Business Insider. (Business Insider)