Scroll untuk baca artikel
Market

1.855 Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal Diblokir

53
×

1.855 Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal Diblokir

Sebarkan artikel ini
Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), Nursalam. (Foto: Dok ICDX)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Tindakan keras pemerintah Indonesia terhadap situs-situs web yang menawarkan perdagangan berjangka komoditi ilegal terus berlanjut. Sepanjang tahun 2023, pemerintah telah berhasil memblokir 1.855 situs web yang berusaha menjalankan kegiatan perdagangan berjangka komoditi tanpa mematuhi regulasi yang berlaku.

Jumlah situs yang diblokir ini mengalami peningkatan dari 1.498 situs pada tahun 2022, dan 1.222 situs pada tahun 2021. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat dari risiko kerugian dan memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha di sektor perdagangan berjangka komoditi.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), sebagai regulator di industri ini, menyatakan bahwa tindakan pemblokiran ini bertujuan untuk mengamankan kepentingan masyarakat dan memberikan perlindungan kepada mereka.

Baca Juga :   Beberapa Manfaat Infus Water Lemo Untuk Kesehatan Anda

Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), Nursalam, menyampaikan keprihatinannya terhadap peningkatan jumlah situs ilegal yang mengklaim melakukan perdagangan berjangka komoditi. “Kami mendukung sepenuhnya langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi hal ini untuk melindungi masyarakat dan menjaga integritas industri,” katanya dalam pernyataan resmi pada Senin (19/2/2024).

Nursalam menekankan bahwa situs-situs ilegal tidak hanya merugikan masyarakat yang menjadi korban, tetapi juga merugikan industri perdagangan berjangka komoditi secara keseluruhan. Dia mengingatkan bahwa industri ini memiliki manfaat besar bagi masyarakat dan pelaku usaha, baik sebagai alternatif investasi maupun sarana lindung nilai komoditas.

Baca Juga :   Ajaib Kripto: BTC Melesat ke US$50.000, Pertama Kali Sejak Desember 2021

Selain melakukan pemblokiran situs ilegal, Nursalam juga menyoroti pentingnya edukasi terus-menerus bagi masyarakat. Menurutnya, pemahaman yang baik tentang risiko investasi dan perdagangan berjangka komoditi akan membantu melindungi masyarakat dari penipuan.

ICDX, sebagai Self Regulatory Organization (SRO) di sektor ini, telah melaksanakan program-program literasi dan edukasi melalui ICDX Academy. Program ini dilakukan bekerja sama dengan regulator dan pialang berjangka yang sah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat.

Baca Juga :   Saham MKAP Resmi Melantai di Bursa Efek Indonesia

Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), juga dikenal sebagai Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), adalah bursa komoditi dan derivatif yang beroperasi di Indonesia. Visi ICDX adalah menjadi bursa global yang berkontribusi pada kesejahteraan nasional dengan menjadi tolok ukur penetapan harga komoditi dunia melalui produk-produk primer Indonesia.

ICDX didukung oleh anggota yang teregulasi oleh BAPPEBTI, yang memberikan layanan transaksi bagi nasabah di sektor perdagangan berjangka komoditi. Semua transaksi di ICDX akan diselesaikan dan dikliring oleh Indonesia Clearing House untuk memastikan keamanan dan keadilan dalam perdagangan berjangka komoditi.(saf/infopublik.id)