BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Xiaomi mengajukan rencana penarikan kembali untuk 30.931 sedan listrik SU7 karena sistem parkir otonom yang bermasalah.
Pemilik kendaraan tersebut akan menerima pembaruan perangkat lunak OTA (Over-The-Air) secara gratis tanpa perlu mengunjungi pusat layanan purna jual resmi Xiaomi.
Dikutip dari CarNewsChina, pada 14 November, seorang pemilik Xiaomi SU7 versi Standar melaporkan bahwa mobilnya mengalami insiden selama proses parkir otonom.
Sistem deteksi mobil mengalami gangguan, yang menyebabkan goresan dan tabrakan selama proses parkir pintar.
Pada 24 Januari, Xiaomi mengumumkan penarikan kembali 30.931 unit SU7 varian Standar yang diproduksi antara 6 Februari 2024 dan 26 November 2024.
Penarikan ini mencakup model dengan nomor internal BJ7000MBEVR2, XMA7000MBEVR2, dan XMA7000MBEVR5.
Pihak Xiaomi menjelaskan bahwa fungsi parkir otonom pada beberapa sedan SU7 mengalami kegagalan sesekali pada sinkronisasi waktu layanan cloud.
Perusahaan menerapkan langkah pencegahan yang efektif melalui layanan cloud dan menambahkan strategi perlindungan redundan pada sistem bantuan parkir pintar.
Xiaomi memastikan risiko tersebut telah diatasi.
Setelah dua bulan pengujian dan verifikasi, Xiaomi mengonfirmasi bahwa solusi mereka aman dan dapat diandalkan.
Oleh karena itu, perusahaan mengumumkan program penarikan kembali melalui pembaruan perangkat lunak OTA.
Dengan ini, pemilik SU7 dapat memperbarui perangkat lunak kendaraan mereka tanpa harus mengunjungi pusat layanan resmi.