Scroll untuk baca artikel
Industri

VAST Catat Pertumbuhan Pendapatan 38% pada Kuartal I Tahun 2024

13
×

VAST Catat Pertumbuhan Pendapatan 38% pada Kuartal I Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Emiten pengembang properti pergudangan PT Vastland Indonesia Tbk (IDX: VAST) baru-baru ini mempublikasikan laporan keuangan untuk Triwulan 1 tahun 2024. Laporan tersebut mengungkapkan bahwa Perseroan telah mencatatkan peningkatan pendapatan yang signifikan sebesar 38% pada kuartal pertama tahun 2024, mencapai Rp 8,2 miliar, meningkat dari Rp 5,4 miliar pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Dengan adanya beberapa biaya perbaikan dan pemeliharaan terkait akuisisi aset baru dan biaya administrasi terkait status Tbk yang jatuh pada kuartal ini menyebabkan laba VAST tidak naik seiring dengan pertumbuhan pendapatan di banding dengan kuartal pertama tahun 2023. Kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan pendapatan VAST berasal dari pendapatan aset yang baru saja di akuisisi VAST pada Desember 2023. Capaian terakhir ini melebarkan sayap VAST ke wilayah baru di Tangerang dan menambahkan diversifikasi sektor terhadap fulfilment center dan mid-last mile logistik yang terkait dengan e-commerce.

“Dengan basis penyewa yang beragam dan akuisisi strategis, VAST sudah di jalur yang tepat untuk terus berkembang dan mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan berbagai sektor ekonomi. Akhir tahun 2024 akan mencerminkan secara penuh dampak pertumbuhan laba dari akuisisi terakhir kami.” Jelas Direktur Keuangan VAST, Stanley V Gunawan.

Baca Juga :   Sambut Ramadhan, Harris Suites Puri Mansion Luncurkan 100 Menu Iftar

Sektor transportasi, pergudangan, dan distribusi logistik telah menunjukkan pertumbuhan yang kuat dan diperkirakan akan terus berekspansi sepanjang tahun ini, didorong oleh meningkatnya permintaan di pasar domestik. Dalam langkah strategis untuk meningkatkan penawaran layanannya, VAST secara resmi meluncurkan gudang baru setelah ekspansinya pada bulan Desember 2023. Perusahaan berada pada posisi yang tepat untuk memanfaatkan peluang yang ada di industri utama seperti e-commerce, FMCG, ritel, logistik, alat berat, bahan bangunan dan komoditas.

Akuisisi sebuah kompleks pergundangan yang di sewa oleh Flexofast dan Lion Parcel, pelopor pada masing-masing sektor mereka, menandai tonggak sejarah yang signifikan bagi VAST. Flexofast berfungsi sebagai mitra pemenuhan dan logistik dengan kapasitas untuk menangani hingga 5 juta unit produk, terutama di sektor kosmetik. Ekspansi terakhir Flexofast dalam kompleks pergudangan VAST menempatkan dirinya sebagai salah satu fasilitas penyimpanan kosmetik terbesar di Indonesia.

Baca Juga :   Badan Pangan Nasional Memastikan Keseimbangan Komoditas Daging Sapi Sesuai Regulasi

Komitmen VAST terhadap pertumbuhan dan keunggulan di bidang pergudangan dan logistik tidak tergoyahkan. Dengan basis penyewa yang beragam dan akuisisi strategis, VAST siap untuk melanjutkan lintasan kesuksesan dan inovasinya di industri ini. (saf)