Scroll untuk baca artikel
Industri

Universal Control System, Inovasi di Sektor Otomatisasi dan Merevolusi Konsep Sistem Industrial Control 

19
×

Universal Control System, Inovasi di Sektor Otomatisasi dan Merevolusi Konsep Sistem Industrial Control 

Sebarkan artikel ini
SUPCON melansir Universal Control System (UCS) yang pertama di dunia dalam acara peluncuran produk global. UCS menjadi inovasi yang penuh terobosan di sektor otomatisasi. Lebih lagi, UCS merevolusi konsep sistem industrial control dan menghadirkan era baru teknologi automatic control.

BISNISASIA.COM, SINGAPURA – SUPCON melansir Universal Control System (UCS) yang pertama di dunia dalam acara peluncuran produk global. UCS menjadi inovasi yang penuh terobosan di sektor otomatisasi. Lebih lagi, UCS merevolusi konsep sistem industrial control dan menghadirkan era baru teknologi automatic control.

Sekitar 300 pakar industri, termasuk para perwakilan perusahaan industri terkemuka, organisasi multinasional, serta asosiasi akademik di sekitar 20 negara dan wilayah, ikut menyaksikan momen bersejarah tersebut.

SUPCON telah merevolusi arsitektur teknologi DCS konvensional yang telah eksis selama 50 tahun terakhir. Untuk itu, SUPCON mengatasi sejumlah kendala yang dihadapi sistem kendali konvensional yang bersifat purpose-built dan berbasiskan perangkat keras.

Sistem konvensional biasanya memiliki lapisan yang kaku dan hierarkis, serta daya komputasi permanen. SUPCON pun melansir arsitektur Universal Control System (UCS), sebuah sistem kendali yang bersifat software-defined, digital, dan berbasiskan komputasi awan.

Tanpa memerlukan sistem kendali konvensional yang berbentuk fisik, modul I/O, dan kabinet penyimpanan, UCS memiliki format baru yang minimalis dan mengintegrasikan pusat data pengendali, jaringan serat optik, dan intelligent field. Berkat pendekatan inovatif ini, berbagai kabinet penyimpan perangkat tidak lagi dibutuhkan sehingga menghadirkan transformasi yang revolusioner dalam sistem kendali.

Baca Juga :   Indosat Ooredoo Hutchison dan Ericsson Jalin Kerja Sama Dorong Digitalisasi di Indonesia

Berpusat pada pusat data pengendali, sistem Nyx memakai NyxOS, sistem operasi berbasiskan komputasi awan yang bekerja secara real-time dan dirancang khusus untuk sistem kendali industri. Hasilnya, lingkungan operasional yang canggih pun terwujud untuk sistem pengendali yang real-time, reliabel, dan aman.

Sistem Nyx mampu mengeksekusi aplikasi real-time yang berbasiskan komputasi awan. Bahkan, Nyx secara otomatis mengatur skala sumber daya dan kapasitas demi memenuhi kebutuhan sehingga mewujudkan elastisitas dan skalabilitas. Dengan arsitektur redundansi yang terdistribusikan, Nyx menjamin sistem kendali selalu tersedia dan tahan terhadap kerusakan.

Nyx menggunakan jaringan serat optik yang secara langsung mengirim data intelligent field untuk pusat data pengendali dengan kecepatan 10 Gbps dalam redundansi paralel. Pendekatan inovatif ini pun menghasilkan arsitektur jaringan yang minimalis sehingga secara drastis menghemat pemakaian kabel tembaga dan ruang penyimpanan.

Baca Juga :   Badan Pangan Nasional Memastikan Keseimbangan Komoditas Daging Sapi Sesuai Regulasi

Dengan teknologi APL-based field connection, Nyx mendukung Zone 2 intrinsically safe explosion-proof field junction boxes dan modul APL. Nyx menyediakan alamat IP untuk setiap instrumen. Maka, kinerja komunikasi meningkat hingga 100 kali, sedangkan field transmission dan eksekusi berlangsung secara digital. Hal tersebut juga mewujudkan konektivitas data di pabrik-pabrik pintar. SUPCON, selalu berkomitmen pada kerja sama konstruksi, berbagai pengalaman, dan mencapai hasil yang saling menguntungkan, aktif mengembangkan ekosistem Ethernet-APL. SUPCON menawarkan produk APL secara lengkap, termasuk power switchesfield switches, dan intelligent instruments.

Arsitektur Nyx yang minimalis memangkas biaya secara luar biasa, termasuk menghemat ruang hingga 90%, mengurangi pemakaian kabel tembaga hingga 80%, serta mempersingkat durasi proyek hingga 50%.

Integrasi AI: Mewujudkan Potensi tanpa Batas dalam Aplikasi Industri

Aplikasi Nyx di industri menjanjikan manfaat masif untuk industri proses. Dalam uji coba yang dilakukan SUPCON, Nyx terbukti mampu mengintegrasikan AI dan mengandalkan GPU powered control engine sehingga menawarkan fitur-fitur seperti automated configuration generation dan AI-PID. Hal tersebut juga menghadirkan prediksi data dan sistem kendali adaptif. Dengan demikian, efisiensi operasional pun meningkat. Di sisi lain, Nyx menyambut era AI baru dalam sistem kendali guna meningkatkan produktivitas.

Baca Juga :   OYO Luncurkan Program Skema Swadana Diskon VALUESTAY 15%

Mendukung teknologi pintar di industri, menyambut peluang tanpa batas. Dalam beberapa tahun terakhir, SUPCON aktif mengeksplorasi integrasi dan aplikasi AI serta teknologi mutakhir lain di industri proses. Maka, peluncuran Nyx tak hanya menjadi lompatan penting bagi SUPCON pada segmen intelligent control, namun juga mendorong transformasi industri. Di tengah pesatnya pembaruan teknologi dan industri, SUPCON mengajak mitra-mitra ekosistem agar bergabung dalam revolusi tersebut. Dengan berkolaborasi, kita akan mengusung industri menuju masa depan yang lebih pintar, efisien, dan ramah lingkungan.