Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Tips Nikmati Konser di Luar Negeri Anti Boncos

25
×

Tips Nikmati Konser di Luar Negeri Anti Boncos

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi menonton konser.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Konser Taylor Swift baru-baru ini di Singapura serta konser Bruno Mars yang akan datang di bulan April telah membuat penonton konser dari Indonesia semakin tertarik untuk berwisata musik ke luar negeri.

Namun, kegembiraan menyaksikan konser internasional ini seringkali diiringi dengan pertimbangan biaya yang tak sedikit. Kisah seorang suami yang viral karena rela menghabiskan lebih dari Rp30 juta untuk menonton konser Taylor Swift bersama istrinya menjadi sorotan. Namun, hal ini mengundang pertanyaan: Apakah memang harus mengeluarkan sejumlah besar uang untuk menikmati konser di luar negeri?

Perencanaan anggaran yang baik dan tepat waktu adalah kunci utama untuk berhemat saat menonton konser di luar negeri. Salah satu alokasi terbesar biasanya jatuh pada tiket pesawat dan akomodasi. Mengingat cepatnya kenaikan harga tiket dan kamar hotel saat konser besar, penting untuk menyiapkan anggaran untuk perjalanan ke konser luar negeri sejak jauh-jauh hari, bahkan sebelum tiket mulai dijual. Ini akan membantu Anda untuk memesan tiket dan hotel dengan harga yang lebih terjangkau. Menggunakan alat seperti Skyscanner juga dapat membantu Anda membandingkan berbagai opsi penerbangan yang tersedia.

Baca Juga :   Jelang Valentine, Swiss-Belhotel Pondok Indah Hadirkan Promo Kasih Sayang

Namun, setelah Anda memesan tiket pesawat dan hotel, masih ada beberapa tips dari Elian Ciptono, Country Manager Wise Indonesia, untuk membantu Anda berhemat selama menikmati konser di luar negeri:

Pilih Tempat Makan yang Terjangkau: Luangkan waktu untuk mencari tempat makan dengan harga yang bersahabat. Di Singapura, Anda dapat mengunjungi hawker centers seperti Old Airport Road Food Centre, Chinatown Complex Market, dan Golden Mile Food Centre, yang menawarkan berbagai pilihan makanan, termasuk makanan halal, dengan harga mulai dari S$5 atau sekitar Rp58.000 per porsi. Dengan cara ini, Anda dapat berhemat untuk hal-hal yang lebih penting, seperti pengalaman menonton konser.

Baca Juga :   “Ireland’s Eye 2024" Hadir di Jakarta, Pameran Seni Baru dari Irlandia

Gunakan Transportasi Umum Lokal: Lebih baik menggunakan transportasi umum ketika berada di luar negeri daripada taxi. Di Singapura, sistem transportasi umum mereka sangat mudah digunakan, terutama dengan bantuan Google Maps atau aplikasi lokal seperti MyTransport.SG. Anda dapat menghemat biaya dengan menggunakan bis dan MRT, dengan harga mulai dari S$1.50.

Mintalah Bantuan Teman atau Keluarga: Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang tinggal di negara tujuan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti Wise untuk mengirim uang langsung ke rekening bank lokal mereka. Mereka dapat membantu Anda menarik uang tunai dari ATM lokal, sehingga Anda dapat menghindari biaya ATM yang tinggi, biaya transaksi valuta asing, dan nilai tukar yang tidak menguntungkan. Wise menawarkan nilai tukar yang kompetitif, sesuai dengan yang biasanya Anda temukan di Google, dengan biaya transaksi rata-rata sebesar 0,65%. Selain itu, transaksi dengan Wise dapat dilakukan dengan cepat.

Baca Juga :   Rayakan Tahun Baru Imlek dan Valentine di Oakwood Suites Kuningan Jakarta

Cari Acara Gratis Lainnya: Selain konser, cari juga acara dan kegiatan gratis di sekitar tempat konser. Banyak akun media sosial yang mempromosikan acara lokal gratis, seperti akun @DistrictSixtyfive di Singapura. Dengan menghadiri acara-acara ini, Anda dapat merasakan pengalaman lokal tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan, sambil menikmati budaya dan hiburan negara yang Anda kunjungi.

Siapkan Anggaran Darurat: Selalu bijaksana untuk menyisihkan anggaran tambahan untuk keperluan darurat selama perjalanan Anda. Dengan memiliki budget ekstra ini, Anda dapat merencanakan kejutan tak terduga yang mungkin terjadi. Dengan menyiapkan dana darurat, Anda dapat bepergian dengan lebih tenang dan sepenuhnya menikmati pengalaman konser Anda di luar negeri.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menikmati konser di luar negeri tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Jadikan pengalaman konser Anda sebagai momen yang berharga dan tak terlupakan! (saf)