Scroll untuk baca artikel
Headline

Tahap Kelima Dimulai: Pembangunan Fasilitas Perbankan dan Pendidikan Segera Dibangun di IKN

34
×

Tahap Kelima Dimulai: Pembangunan Fasilitas Perbankan dan Pendidikan Segera Dibangun di IKN

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi mengunjungi area Sumbu Kebangsaan, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu (20/12/2023). (Foto: BPMI Setpres)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersiap untuk melangsungkan groundbreaking tahap kelima dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, dengan rencana pembangunan sejumlah fasilitas perbankan dan pendidikan.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono, mengungkapkan bahwa peletakan batu pertama untuk tahap kelima di IKN dijadwalkan akan dilakukan dalam waktu dekat. Pembangunan fasilitas perbankan dan pendidikan akan menjadi fokus utama pada tahap ini.

“Presiden Joko Widodo diharapkan akan memimpin acara groundbreaking tahap kelima di IKN dalam 2-3 minggu mendatang,” ungkap Bambang dalam seminar “Masa Depan Jakarta Pasca IKN” yang diselenggarakan secara daring pada Selasa (20/2/2024).

Bambang menjelaskan bahwa sektor perbankan dan beberapa fasilitas pendidikan akan menjadi bagian dari tahap ini. “Di antaranya, Jakarta International School yang akan berubah nama menjadi Nusantara International School (NIS),” tambahnya.

Baca Juga :   Bank DKI berhasil Catat Kinerja Baik di Q4 2023 dengan Laba Bersih Tembus Rp1 Triliun

Total investasi, baik dari sektor publik maupun swasta, yang telah masuk ke IKN hingga Januari 2024 mencapai Rp47,5 triliun. Investasi swasta sendiri mencapai sekitar Rp35,9 triliun. Beberapa investor swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah memulai pembangunan hotel bintang lima, kawasan pergudangan dan logistik, serta Nusantara Warehouse dan Nusantara Logistic Hub.

Baca Juga :   Menghitung Cuan Hilirisasi Industri Sawit yang Berlangsung Sejak 2007

Menurut Bambang, investasi ini dapat dianggap sebagai bukti kepercayaan pasar terhadap rencana pemerintah. “Investasi ini dari pemerintah dapat menjadi pemicu bagi sektor swasta lainnya untuk turut serta, dan seiring waktu, akan ada berbagai macam investasi yang masuk,” jelasnya.(saf/infopublik.id)