Scroll untuk baca artikel
Market

Sinarmas AM Luncurkan Produk Reksadana Terbaru Melalui Bank Sinarmas

47
×

Sinarmas AM Luncurkan Produk Reksadana Terbaru Melalui Bank Sinarmas

Sebarkan artikel ini
Frenky Tirtowijoyo (Dirut PT Bank Sinarmas), Miko Andidjaja (Direktur PT Bank Sinarmas), Alex Setyawan WK (Dirut PT Sinarmas Asset Management) dan Genta Wira Anjalu ( CIO PT Sinarmas Asset Management)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Pasar reksadana indeks semakin diminati oleh investor ritel yang baru terjun ke dunia investasi saham. Reksadana indeks memungkinkan investor untuk menginvestasikan dana dalam berbagai saham sesuai konstituen indeks, dengan risiko investasi yang lebih rendah dan kemampuan untuk memantau kinerja sesuai indeks tersebut. Selain itu, banyak investor kini mencari investasi yang tidak hanya menguntungkan, tetapi juga berdampak positif bagi kelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial.

Melihat peluang ini, PT Bank Sinarmas Tbk (Bank Sinarmas) meluncurkan reksadana Indeks Simas Sri Kehati pada Selasa (11/6). Reksadana ini, dikelola oleh PT Sinarmas Asset Management, telah ada sejak 04 Mei 2018 untuk mendukung kebutuhan investasi sekaligus menjaga kelestarian hayati. Setelah peluncuran ini, nasabah dapat membeli produk tersebut langsung di cabang Bank Sinarmas terdekat, dan untuk transaksi selanjutnya dapat dilakukan melalui aplikasi SimobiPlus.

Direktur Utama PT Sinarmas Asset Management, Alex Setyawan WK, menyatakan bahwa pihaknya hadir untuk investor yang memperhatikan aspek keberlanjutan. “Indeks ini terdiri dari 25 perusahaan yang terdaftar di BEI dan menerapkan prinsip-prinsip Sustainable and Responsible Investment (SRI) serta Environmental, Social & Governance (ESG). Kami mempersembahkan Indeks Simas Sri Kehati untuk investor yang mencari alternatif investasi yang tidak hanya menguntungkan, tetapi juga membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Ini sejalan dengan komitmen kami untuk pengembangan bisnis jangka panjang.”

Frenky Tirtowijoyo, Direktur Utama Bank Sinarmas, mengatakan bahwa peluncuran ini merupakan bagian dari upaya memfasilitasi nasabah yang memiliki minat tinggi untuk berinvestasi sambil turut serta dalam pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial di Indonesia. “Kami ingin mengajak masyarakat untuk mempersiapkan masa depan melalui investasi. Kami juga menghargai masyarakat yang telah memahami pentingnya investasi, terutama kalangan muda yang kini semakin bersemangat menyuarakan pentingnya berinvestasi.”

Baca Juga :   Ajaib Kripto: Bitcoin Mendekat ke Level $63.000, Naik Menjelang Rilis Data Ekonomi Minggu Ini

Indeks Simas Sri-Kehati adalah Reksadana Indeks dengan kelas aset saham, yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari Nilai Aktiva Bersih pada efek bersifat ekuitas dalam indeks yang menjadi acuan. Produk ini menawarkan manfaat seperti potensi pertumbuhan nilai investasi yang menarik sambil memperkenalkan prinsip Sustainable and Responsible Investment (SRI). Indeks Simas Sri-Kehati ETF Indeks, Kelas Aset 10 Milyar – 100 Milyar – 1 Tahun baru saja meraih penghargaan di ajang Best Mutual Fund Awards 2024 yang diberikan oleh Investortrust.id bekerja sama dengan Infovesta Utama.

Baca Juga :   Ajaib Kripto: Dinamika Harga BTC Menjelang Bitcoin Halving Keempat

Indeks Simas Sri-Kehati adalah bukti upaya menciptakan mutualisme antara dunia konservasi lingkungan dan sektor bisnis yang tidak hanya berorientasi pada profit, tetapi juga pada keberlanjutan. Dukungan dari regulator dalam penerapan keuangan berkelanjutan dan sistem pelaporan bagi emiten juga dapat meningkatkan kepercayaan investor dalam jangka panjang. Kepercayaan investor tercermin dari kinerja indeks berbasis ESG, yaitu Sri Kehati, yang dalam kurun 3 tahun terakhir (2020-2023) naik sebesar 18%, unggul dibandingkan dengan LQ45 yang naik sebesar 3.8% dan IDX30 yang turun sebesar -1.4%. (saf)