Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Sedan Listrik Jiyue 07 Bertenaga Baidu Apollo Diklaim Berfitur Mengemudi Otonom

40
×

Sedan Listrik Jiyue 07 Bertenaga Baidu Apollo Diklaim Berfitur Mengemudi Otonom

Sebarkan artikel ini
Model kedua, sedan 07, dari perusahaan patungan Baidu Geely, Jiyue, resmi diluncurkan pada 10 September.

BISNISASIA.CO.ID, TIONGKOK – Model kedua, sedan 07, dari perusahaan patungan Baidu Geely, Jiyue, resmi diluncurkan pada 10 September.

Peluncuran ini dilakukan hanya dalam waktu yang relatif singkat sejak prapenjualan Jiyue 07 dimulai pada akhir bulan lalu.

Kini, kita tahu bahwa ada tiga versi mobil tersebut dan harga termurahnya lebih rendah dari prapenjualan dengan kisaran harga 209.900-299.900 yuan (29.500 – 42.150 USD). Versi-versinya adalah sebagai berikut:
Versi standar 660 km seharga 209.900 yuan (29.500 USD)
Versi jarak jauh 880 km seharga 229.900 yuan (32.350 USD)
Versi performa 770 km seharga 299.900 yuan (42.150 USD)

Yang paling menonjol dari sedan listrik berukuran sedang hingga besar ini adalah sistem pengemudian cerdas Apollo 2.0 yang canggih, yang mengklaim bahwa mobil ini mampu mencapai pengemudian otonom L4, yang pertama untuk mobil yang diproduksi secara massal.

Perlu dicatat bahwa Apollo 2.0 adalah sistem berbasis persepsi. Pada acara peluncuran, kunci diserahkan kepada pemilik pertama Jiyue 07, yang kebetulan adalah Robin Zeng, ketua dan CEO perusahaan baterai raksasa CATL.

Diposisikan sebagai sedan listrik murni kelas C, merek tersebut menyebut Jiyue 07 sebagai “mobil pintar era AI.” Lebih jauh, perusahaan tersebut telah bersusah payah mempromosikan bahwa mobil tersebut merupakan desain asli Tiongkok dan memiliki estetika AI.

Baca Juga :   CATL dan Beijing Hyundai Kerja Sama Pengembangan Baterai EV

Tersedia dalam enam pilihan warna, Jiyue 07 di bagian depan memiliki gril depan tertutup. Bilah lampu kontinu di sekitar bagian bawah kap membuat mobil tersebut cukup khas, saat diterangi, dan terdapat dua kelompok lampu depan di ujungnya.

Di bagian bawah spatbor terdapat saluran masuk udara berbentuk trapesium.

Secara keseluruhan, desain Jiyue 07 mengambil pendekatan futuristik, dan ini dapat dilihat dengan jelas saat menyangkut bukaan pintu, yang dilakukan melalui tombol yang dipasang pada pilar B dan C. Ini memiliki bonus tambahan yaitu membuat mobil terlihat sangat ramping.

Kesederhanaan itu didukung oleh angka koefisien penggerak dunia nyata sebesar Cd 0,198. Garis atap jatuh dengan stabil di bagian belakang dengan desain tipe fastback. Sayap belakang elektrik otomatis terangkat saat mobil melaju di atas 95 km/jam.

Di bagian belakang, terdapat lampu belakang tembus pandang. Dimensi Jiyue 07 (lihat spesifikasi) adalah 4953, 1989, dan 1475 mm (p/l/t), dengan jarak sumbu roda 3013 mm.

Baca Juga :   Tata Motors Diskon Harga Mobil Listriknya di India,

Di dalam Jiyue 07, layar sentuh 35,6 inci mendominasi dasbor. Layar ini dapat beroperasi sebagai satu unit tunggal atau dibagi secara virtual menjadi tiga segmen. Fitur khas lainnya adalah roda kemudi bergaya kuk. Sistem navigasi diatur untuk memiliki pemetaan tingkat lajur, dan mobil ini juga dilengkapi pencahayaan sekitar.

Model persepsi menyeluruh dengan kemampuan yang ditingkatkan untuk deteksi, pelacakan, pemetaan, dan pemahaman pemandangan akan segera hadir. Saat model ini ditingkatkan, fungsi lain dari kokpit cerdas juga akan ditingkatkan, termasuk asisten suara SIMO, yang akan hadir dalam versi 2.0.

Hal ini tampaknya akan membawa fungsi asisten suara jauh melampaui skenario tanya-jawab tradisional untuk menghasilkan interaksi yang lebih alami. Sistem ini ditenagai oleh Chipset Qualcomm Snapdragon 8295P dengan daya komputasi 60 TOPS.

Sebagai standar, terdapat zona iklim independen untuk pengemudi, penumpang, dan kursi belakang. Di bagian belakang konsol tengah, penumpang belakang dapat menggunakan layar 7 inci untuk mengontrol AC, navigasi, dan media. Ruang bagasi adalah 581 liter, dan ini meningkat menjadi 1.573 liter dengan kursi belakang dilipat.

Baca Juga :   Gara-gara Ukuran Huruf, Tesla Bakal Tarik 2 Juta Lebih Kendaraan di AS

Kedua versi motor tunggal Jiyue 07 menggunakan arsitektur 400V, sedangkan motor ganda beralih ke 800 Volt. Versi motor tunggal menggunakan motor listrik 200 kW yang dipasang pada as roda belakang yang memiliki torsi puncak 343 Nm.

Semuanya berubah dengan versi motor ganda, yang juga memiliki motor belakang yang lebih bertenaga sebesar 300 kW dan 373 Nm bersama dengan motor listrik 230 kW pada as roda depan yang dapat menghasilkan torsi hingga 280 Nm.

Model dasar menggunakan paket baterai lithium besi fosfat 71,44 kWh, sedangkan versi jarak jauh menukarnya dengan paket baterai NCM 100 kWh.

Yang mengejutkan, versi performa memiliki baterai NCM berkapasitas sedikit lebih rendah, yaitu 93,4 kWh. Baterai ini memberikan jarak tempuh mobil masing-masing 660, 880, dan 770 km, menggunakan siklus pengukuran CLTC. Versi performa memiliki waktu akselerasi 0-100 km/jam selama 3,5 detik.

Mungkin aspek yang paling menarik dari Jiyue 07 adalah sistem penggerak cerdas kelas atas Apollo, yang akan dibuka secara nasional pada akhir tahun 2024.