Scroll untuk baca artikel
Finansial

Perkuat Pembiayaan Otomotif, PT BCA Finance dan PT BCA Multi Finance Akan Melakukan Merger

27
×

Perkuat Pembiayaan Otomotif, PT BCA Finance dan PT BCA Multi Finance Akan Melakukan Merger

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dua anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA), yaitu PT BCA Finance (BCA Finance/BCAF) dan PT BCA Multi Finance (BCA Multi Finance/BCAMF), berencana untuk bergabung guna memperkuat bisnis pembiayaan otomotif. Setelah merger, BCA Finance akan menjadi entitas penerima penggabungan (surviving entity).

Proses merger BCA Multi Finance ke dalam BCA Finance telah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tahap selanjutnya, BCA Finance dan BCA Multi Finance akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham masing-masing. Setelah penggabungan ini berlaku efektif, seluruh hak dan kewajiban BCA Multi Finance akan dialihkan sepenuhnya kepada BCA Finance.

Kedua perusahaan ini bergerak di industri multifinance, namun BCA Finance saat ini lebih fokus pada pembiayaan roda empat, sedangkan BCA Multi Finance mengutamakan pembiayaan roda dua. Rencana merger ini akan menyatukan keduanya dalam satu entitas yang lebih kuat.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, menyatakan, “Grup BCA melihat peluang pertumbuhan jangka panjang yang menjanjikan di pasar pembiayaan otomotif. Penggabungan ini akan menyatukan potensi terbaik layanan pembiayaan BCA, yang diharapkan dapat menghasilkan entitas baru yang lebih kokoh, unggul, efisien, dan efektif. Lini bisnis pembiayaan sepeda motor dari BCA Multi Finance akan tetap ada dan menjadi bagian dari BCA Finance.”

Baca Juga :   Dukung Transisi Energi Hijau, BNI Danai Akuisisi PLTB Sidrap oleh Barito Group

Merger kedua entitas ini sejalan dengan komitmen Grup BCA untuk melayani konsumen di berbagai segmen pembiayaan otomotif. Penggabungan ini diharapkan dapat meningkatkan performa layanan serta kualitas pembiayaan kepada konsumen.

BCA Finance akan melakukan integrasi menyeluruh dengan memperhatikan seluruh pemangku kepentingan, termasuk konsumen, kreditor, mitra bisnis, karyawan, dan pemegang saham. Sebagai bagian dari ekosistem Grup BCA, baik BCA Finance maupun BCA Multi Finance akan memastikan bahwa hak-hak karyawan dipenuhi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hubungan kerja karyawan BCA Multi Finance akan beralih ke BCA Finance.

Setelah merger efektif, seluruh konsumen BCA Multi Finance akan menjadi konsumen BCA Finance. Konsumen eks BCA Multi Finance akan mendapatkan fasilitas, manfaat, dan seluruh fitur produk BCA Finance. Tidak ada perubahan layanan atau manfaat pasca merger. Seluruh konsumen BCA Multi Finance tetap dapat melakukan pembayaran angsuran dan pengambilan dokumen di kantor cabang BCA Multi Finance, yang akan berubah nama menjadi BCA Finance.

Baca Juga :   BCA Bawa Gedung Wisma BCA BSB Raih Sertifikat Green Building

Saat ini, konsumen BCA Multi Finance tetap dapat menghubungi kantor BCA Multi Finance seperti biasa. Namun, setelah merger efektif, konsumen BCA Multi Finance yang ingin mendapatkan informasi terkait kredit kendaraan bermotor, pembayaran angsuran, pengambilan dokumen barang jaminan, dan/atau layanan/fasilitas pembiayaan lainnya dapat mengakses informasi resmi melalui website BCA Finance. (saf)