Scroll untuk baca artikel
Headline

Menparekraf Luncurkan “Road to World Islamic Entrepreneurship Summit 2025”

31
×

Menparekraf Luncurkan “Road to World Islamic Entrepreneurship Summit 2025”

Sebarkan artikel ini
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri sekaligus meluncurkan "Road to WIES (World Islamic Entrepreneurship Summit) 2025" di Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi (Masjid Raya Sumatra Barat), (7/7/2024).

BISNISASIA.CO.ID, PADANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri dan meluncurkan “Road to WIES (World Islamic Entrepreneurship Summit) 2025” yang diadakan di Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi (Masjid Raya Sumatra Barat).

“Saya ingin mengucapkan selamat atas peluncuran WIES 2025. Ini adalah acara yang kita adakan di Sumatra Barat sebagai destinasi kuliner halal, dan WIES ini akan terus kita kembangkan ke depan,” ujar Menparekraf Sandiaga pada Minggu (7/7/2024).

Langkah awal persiapan WIES 2025 ditandai dengan diskusi bertema “Masjid Sebagai Pusat Pemberdayaan Wirausaha dan Inovasi”. WIES 2025 diharapkan menjadi momentum untuk mengembangkan wirausaha halal di Indonesia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga :   Menparekraf Tekankan Pentingnya Kreativitas Lokal dalam Strategi Branding dan Promosi Bisnis

WIES pertama kali dilaksanakan pada tahun 2023, menjadi wadah bagi para pengusaha Muslim dari 24 negara untuk bertukar informasi, membuka peluang usaha, serta menciptakan lapangan kerja baru.

Selain itu, acara ini juga memperkuat citra Sumatra Barat sebagai pusat pengembangan ekosistem wirausaha halal dunia.

“Kenapa Kota Padang dan Sumatra Barat? Karena kita melihat bagaimana Sumatra Barat, khususnya Kota Padang, menjadi acuan bagi para pengusaha Muslim dunia. Banyak saudagar dari Sumatra Barat yang telah menguasai berbagai bidang usaha,” kata Menparekraf Sandiaga.

Pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia saat ini terus menunjukkan peningkatan. Dalam pemeringkatan TTDI oleh World Economic Forum, Indonesia menempati peringkat 22 dunia, mengungguli negara-negara seperti Belgia, Selandia Baru, dan Turki.

Baca Juga :   Menparekraf Jajaki Potensi Kerja Sama dengan Northeastern University Boston

Selain itu, Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai Top Muslim Friendly Destination of the Year 2023 dalam Mastercard Crescentrating Global Muslim Travel Index (GMTI).

“Kami akan memanfaatkan momentum ini untuk mempromosikan WIES 2025 di kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah,” ujar Sandiaga.

Menparekraf berharap WIES 2025 yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun depan dapat mencapai target yang lebih tinggi.

“Saya akan terus mendukung WIES 2025 untuk memberikan kepemimpinan dalam kewirausahaan Islam di dunia. Kami berharap kehadiran WIES 2025 akan mencapai peningkatan lima kali lipat dengan 50 ribu pengunjung dan lebih banyak negara yang berpartisipasi,” kata Sandiaga.

Baca Juga :   Kerja Sama Indonesia-Inggris: Pencapaian dan Prospek Masa Depan

Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah, berharap WIES dapat menjadi semangat kebangkitan bagi pelaku UMKM di Sumatra Barat, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Sumatra Barat memiliki banyak wirausaha. Dengan adanya acara ini, kita berharap dapat meningkatkan tekad untuk berinovasi dan menghadapi tantangan ke depan dengan semangat yang lebih baik,” ujar Mahyeldi.

Ia menambahkan bahwa Provinsi Sumatra Barat termasuk kategori provinsi dengan kemampuan fiskal sedang di Indonesia. Dengan perhatian besar pada pariwisata, Sumatra Barat diharapkan dapat naik ke kategori provinsi dengan kemampuan fiskal tinggi.

“Perhatian yang tinggi pada pariwisata juga akan memberikan dampak positif pada peningkatan UMKM,” kata Mahyeldi. (saf)