Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Jet Tempur Kawal Scandinavian Airlines Menuju Bandara Manchester, Ada Apa? 

29
×

Jet Tempur Kawal Scandinavian Airlines Menuju Bandara Manchester, Ada Apa? 

Sebarkan artikel ini
SAS Airbus A320 neo

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) mengerahkan dua jet tempur Eurofighter Typhoon untuk mengawal pesawat Airbus A320neo milik SAS Scandinavian Airlines yang sedang melakukan penerbangan dari Oslo, Norwegia. Pesawat mendarat di tempat tujuan.

SAS Airbus A320neo, yang terdaftar sebagai EI-SIU dan dioperasikan oleh SAS Connect yang terdaftar di Irlandia, sedang mengoperasikan penerbangan SK4609 antara Bandara Oslo Gardermoen (OSL) dan Bandara Manchester (MAN) ketika kehilangan kontak radio saat terbang di atas Laut Utara.

Seorang juru bicara maskapai mengatakan kepada BBC bahwa pesawat A320neo tersebut terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah sempat kehilangan komunikasi, dan menegaskan bahwa tidak ada bahaya yang mengancam para penumpangnya.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris menambahkan bahwa pesawat Quick Reaction Alert Typhoon berangkat dari RAF Coningsby untuk mencegat pesawat tersebut.

Baca Juga :   Ciptakan Foto Epic ala Jepretan Fotografer dengan Fitur Galaxy AI

Komunikasi kembali terjalin setelah Eurofighter Typhoon bertemu dengan A320neo di atas Laut Utara. Namun, pesawat-pesawat tempur tersebut mengawal A320neo sampai ke bandara sebelum terbang kembali ke pangkalan.

Penerbangan tersebut tidak pernah mengeluarkan kode 7700 atau 7600, dengan kode yang pertama adalah kode umum untuk keadaan darurat di dalam pesawat.

Kode yang terakhir digunakan ketika pesawat kehilangan komunikasi kontrol lalu lintas udara (ATC), yang dapat mendorong pengendali untuk mencari pesawat militer.

Baca Juga :   Rencana Rilis PlayStation 6 Berpotensi Terungkap, Berkat Microsoft

Meski sempat tertunda, SAS Airbus A320neo telah meninggalkan MAN untuk kembali ke OSL. Awalnya dijadwalkan berangkat pada pukul 12:50 waktu setempat (UTC +0), jet ini berangkat ke ibu kota Norwegia pada pukul 14:50 dan diperkirakan tiba di tempat tujuan pada pukul 17:25 waktu setempat. (simpleflying)