Scroll untuk baca artikel
HeadlineTeknologi

Inovasi Google Lens Permudah Pencarian dan Penerjemahan

18
×

Inovasi Google Lens Permudah Pencarian dan Penerjemahan

Sebarkan artikel ini
Google Chrome meningkatkan aksesibilitas untuk Penelusuran dengan alat bantu seperti Lens dan opsi pencarian gambar terbalik.

BISNISASIA.CO.ID –  Google Chrome telah meningkatkan aksesibilitas untuk Penelusuran dengan alat bantu seperti Lens dan opsi pencarian gambar terbalik.

Integrasi Lens yang lebih dalam ke dalam Chrome untuk desktop akan meningkatkan pengalaman pengguna dengan pencarian gambar dan teks.

Implementasi Lens yang baru dapat menampilkan alat pengeditan gambar dan bahkan dapat menjadi dasar untuk Circle to Search di desktop.

Selain itu, Google Lens telah membuat pencarian, pekerjaan rumah, dan penerjemahan menjadi sangat mudah dengan hanya mengarahkan ponsel ke suatu objek.

Namun, versi desktop Chrome saat ini hanya memiliki akses terbatas ke fitur Lens, seperti opsi pencarian gambar terbalik.

Baca Juga :   Ekonomi Indonesia Menunjukkan Resiliensi

Namun, pengembangan baru oleh Google menunjukkan bahwa dalam versi mendatang, Chrome akan memiliki alur pengguna baru yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar layar penuh dan menggunakannya untuk melakukan pencarian dan mungkin juga fitur pengeditan gambar.

Google Lens membuat pencarian, pekerjaan rumah, dan penerjemahan menjadi sangat mudah karena Anda hanya perlu mengarahkan ponsel ke suatu objek untuk melihat hasilnya.

Secara fisik tidak memungkinkan untuk mengarahkan webcam komputer Anda ke berbagai hal, jadi Lens menggantikan opsi pencarian gambar terbalik yang dapat diakses di menu klik kanan di Chrome untuk desktop pada tahun 2002.

Baca Juga :   Dukung Pengembangan Start-up Pertanian, Kemenkop UKM Gandeng Universitas dan Inkubator Kewirausahaan Belanda

Pada versi stabil peramban saat ini, Anda dapat mengklik kanan pada gambar apa pun dan memilih Cari gambar dengan Google pada menu tarik-turun untuk membuka bilah sisi tempat Lens melakukan pekerjaan berat.

Meskipun Anda mendapatkan akses ke kemampuan lengkap alat ini di sini, termasuk kemampuan untuk mencari hanya sebagian dari gambar, namun kemampuan lanjutan seperti Multisearch dan Multisearch near me masih belum tersedia.

Pengamat fitur terkemuka dan pembaca Android Police @Leopeva64 di X (sebelumnya Twitter) mencatat bahwa ini bisa berubah menjadi lebih baik di versi mendatang.

Baca Juga :   Buat Tahun Baru Imlek Jadi Lebih Semarak dengan AI Google

Google ternyata sedang mengembangkan alur pengguna baru di mana memilih opsi Cari gambar dengan Google akan mengambil tangkapan layar layar Anda dan membukanya dalam UI web layar penuh.

Fungsionalitasnya masih dalam proses, tetapi tombol Lens Overlay Close yang terlihat dalam pengujian Leopeva memperjelas bahwa UI baru ini akan melepaskan Lens dari bilah sisi.

Leopeva mengatakan bahwa implementasi baru ini juga akan memungkinkan permintaan pencarian teks, yang terdengar sangat mirip dengan Multisearch. (AndroidPolice)