Scroll untuk baca artikel
Industri

Hilton Mempercepat Pertumbuhan di Asia Tenggara

39
×

Hilton Mempercepat Pertumbuhan di Asia Tenggara

Sebarkan artikel ini
Maria Ariizumi, Vice President, Development, South East Asia, Hilton

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan perhotelan global terkemuka, Hilton  mengumumkan penandatanganan 11 properti baru di Indonesia, Thailand, dan Vietnam, termasuk debut untuk brand lifestyle unggulannya, Tapestry Collection by Hilton, di Asia Tenggara.

Penandatanganan tersebut, yang memanfaatkan momentum pertumbuhan Hilton di berbagai brand dan destinasi baru, antara lain:

  • Indonesia: Conrad Jakarta, Hilton Bandung Padalarang, Hilton Manado, Hilton Garden Inn Manado
  • Thailand: KROMO, Curio Collection by Hilton, Hilton Bangkok Grand Asoke, Hilton Garden Inn Bangkok Silom, Hilton Garden Inn Rayong
  • Vietnam: Tapestry Hoi An, Hilton Hanoi West, Hilton Garden Inn Mui Ne Beach

Hilton memiliki lebih dari 100 hotel yang sudah beroperasi dan sedang dalam tahap pengembangan di Asia Tenggara, yang memperkuat langkah ekspansi perusahaan di seluruh wilayah Asia Pasifik. Hilton berada pada jalur yang tepat untuk melebihi jumlah seribu hotel pada tahun 2025. Ini terjadi pada kuartal pertama tahun 2024, di mana Hilton melanjutkan inisiatif ekspansi terbesarnya dengan menandatangani kesepakatan dengan 892 hotel di seluruh wilayah Asia Pasifik.

“Dengan destinasi wisatanya yang indah dan perekonomian yang kuat, Asia Tenggara terus menjadi kawasan penting bagi pertumbuhan Hilton di Asia Pasifik,” ucap Maria Ariizumi, Vice President, Development, South East Asia, Hilton. “Kami menghargai kepercayaan yang terus diberikan kepada Hilton terhadap model manajemen dan franchise kami, sistem komersial yang kuat, dan pengakuan brand yang luar biasa. Semua ini telah membantu kami tumbuh di wilayah ini. Kami berharap dapat memperkenalkan lebih banyak lagi brand terkenal Hilton ke berbagai tujuan utama dan yang sedang berkembang di sini.”

Asia Tenggara terus menunjukkan potensi pertumbuhan jangka panjang bagi industri perjalanan dan perhotelan. Potensi ini didorong oleh pertumbuhan kelas menengah yang kuat, meningkatnya perjalanan domestik, dan kembalinya acara-acara MICE dan hiburan kelas dunia di wilayah ini. Optimisme ini semakin diperkuat oleh pertumbuhan konsumsi di Asia Tenggara, di mana perekonomian di kawasan ini yang bernilai USD$4 triliun diproyeksikan akan mengalami tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 4,6% hingga 4,8% hingga tahun 2029. Pemulihan yang tangguh pasca pandemi di Asia Tenggara juga mendorong peningkatan konsumsi. Hal ini menarik minat dari pemilik, pengembang, dan investor di sektor real estate perhotelan, dengan empat dari lima kota teratas di kawasan APAC untuk pengembangan di Asia Tenggara.

Membawa Beragam Pengalaman Perhotelan ke Asia Tenggara

Penandatanganan terbaru Hilton di Asia Tenggara mengikuti serangkaian pembukaan penting pada tahun lalu dan awal tahun ini. Ini termasuk pembukaan properti Curio Collection by Hilton pertama di Vietnam, La Festa Phu Quoc, Curio Collection by Hilton, serta pengenalan brand utama Hilton yang pertama kali hadir di kawasan tersebut dengan pembukaan Hilton Saigon, hotel pertama di Ho Chi Minh City.

Dengan meningkatnya permintaan akan perjalanan mewah di kawasan ini, Hilton juga memperluas jajaran brand dan properti mewahnya. Pada tahun lalu, Hilton meluncurkan Umana Bali, LXR Hotels & Resorts, yang merupakan hotel pertama brand tersebut di Asia Tenggara, dan juga membuka Conrad Singapore Orchard, yang merupakan hotel kedua dari brand Conrad Hotels & Resorts di Singapura. Selain itu, Hilton juga berencana untuk membawa brand ikonik Waldorf Astoria Hotels & Resorts ke Indonesia, Malaysia, dan Vietnam dengan membuka Waldorf Astoria Jakarta, Waldorf Astoria Kuala Lumpur, dan Waldorf Astoria Hanoi dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga :   BlueScope dan UMN Bersinergi Pangkas Emisi melalui Konstruksi Hijau

“Penandatanganan dan pembukaan hotel Hilton terbaru ini tidak hanya menegaskan peluang pertumbuhan jangka panjang di wilayah yang dinamis ini, tetapi juga meningkatkan komitmen kami untuk memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para tamu dan anggota tim kami,” ujar Alexandra Murray, Vice President and Regional Head of South East Asia. “Di Asia Tenggara, kami bangga diakui di delapan dari sembilan negara tempat kami beroperasi atas budaya kerja kami yang luar biasa melalui Great Place to Work® dan kami akan terus berupaya menjadi tempat kerja yang paling ramah bagi semua orang, seiring dengan perluasan kami di wilayah ini.”

Hingga 31 Maret 2024, Hilton telah merencanakan pengembangan sekitar 3.380 hotel dengan total sekitar 472.300 kamar di 119 negara dan wilayah. Ini termasuk ekspansi ke 31 negara dan wilayah di mana Hilton belum memiliki kehadiran. Sekitar 60% dari proyek-proyek pengembangan ini berada di luar Amerika Serikat.

Detail Penandatanganan

Indonesia

  • Hilton Bandung Padalarang (Dibuka pada 2026)
    • Sebagai bagian integral dari pengembangan serba guna yang mencakup fasilitas rekreasi, pendidikan, dan kesehatan di Kota Baru Parahyangan, hotel baru ini akan berlokasi di kota berkembang di Kabupaten Bandung Barat, Indonesia. Hotel dengan 200 kamar ini akan menampilkan tiga gerai makan berbeda, serta ruang pertemuan dan acara.
  • Hilton Garden Inn Manado dan Hilton Manado (Dibuka pada 2028)
    • Terletak di Manado, yang merupakan destinasi MICE dan pusat ekonomi yang sedang berkembang di Sulawesi Utara, Hilton Garden Inn Manado dengan 250 kamar dan Hilton Manado dengan 150 kamar akan menjadi bagian dari properti ber-brand ganda dalam pengembangan serba guna, menikmati akses mudah ke ruang konvensi, mal, dan kawasan jalan-jalan di tepi laut.
  • Conrad Jakarta (Dibuka pada 2029)
    • Direncanakan untuk mewakili debut Conrad Hotels & Resorts di DKI Jakarta yang dinamis, hotel dengan 280 kamar yang terletak di sepanjang Jalan Rasuna Said, salah satu jalan raya utama kota ini akan menikmati konektivitas strategis ke kawasan bisnis dan hiburan utama.

Thailand

  • Hilton Garden Inn Bangkok Silom (Dibuka pada Desember 2023)
    • Terletak di dekat tepi sungai Chao Phraya yang terkenal di Bangkok, hotel dengan 216 kamar ini memiliki dua konsep bersantap, ruang pertemuan dan acara, serta kolam renang luar ruang, dan pusat kebugaran.
  • Hilton Bangkok Grand Asoke (Dibuka pada Desember 2023)
    • Terletak di jantung distrik Sukhumvit yang ramai di Bangkok, hotel dengan 325 kamar ini memiliki lima tempat makan yang berbeda, Executive Lounge, 15 fasilitas MICE serbaguna, serta kolam renang luar ruang, dan pusat kebugaran 24/7.
  • KROMO Bangkok, Koleksi Curio oleh Hilton (Dibuka pada 2024)
    • Menandakan debut brand Curio Collection by Hilton di Thailand, hotel dengan 306 kamar ini akan berlokasi di sepanjang kawasan perbelanjaan utama Sukhumvit dan menampilkan tiga konsep bersantap kelas dunia, termasuk restoran yang buka sepanjang hari, ruang makan sosial yang kreatif, dan kolam renang luar ruang serta pusat kebugaran.
  • Hilton Garden Inn Rayong (Dibuka pada 2024)
    • Sebagai bagian dari pengembangan serba guna yang terletak di dekat Central Rayong Shopping Mall dan berjarak 15 menit berkendara dari Pantai Saeng Chan dan pantai-pantai lain di sepanjang Teluk Thailand, hotel dengan 200 kamar ini akan menampilkan dua konsep bersantap termasuk bar rooftop, dan kolam renang rooftop, serta pusat kebugaran.
Baca Juga :   Memetakan Daya Saing, Kunci Sambut Kejayaan Ekonomi Digital Indonesia

Vietnam

  • Tapestry Hoi An (Dibuka pada 2026)
    • Menandakan debut brand Tapestry Collection by Hilton di Asia Tenggara, hotel dengan 174 kamar ini akan berlokasi di Desa Cam Thanh yang indah di Hoi An dan di sepanjang Sungai Coco yang tenang. Ini akan menampilkan empat tempat makan yang berbeda, termasuk restoran khusus dan bar kolam renang, spa, serta kolam renang luar ruang, dan pusat kebugaran.
  • Hilton Hanoi West (Dibuka pada 2027)
    • Terletak di Hanoi Barat, Kawasan Pusat Bisnis yang sedang berkembang di ibu kota dan dekat dengan landmark seperti Pusat Konvensi Nasional Vietnam dan Museum Hanoi, hotel dengan 253 kamar ini akan menampilkan empat konsep bersantap termasuk restoran khusus dan bar kolam renang, Executive Lounge, ruang pertemuan, spa, serta kolam renang luar ruang, dan pusat kebugaran.
  • Hilton Garden Inn Mui Ne Beach (Dibuka pada 2028)
    • Terletak di kota resor pesisir Mui Ne di Vietnam Selatan, yang merupakan destinasi pantai dan golf yang terkenal di kalangan wisatawan lokal, hotel dengan 214 kamar ini akan menampilkan restoran dan bar All-Day Dining, serta kolam renang luar ruang, dan pusat kebugaran.

Pembukaan yang akan datang
*Catatan untuk editor: Daftar ini belum lengkap. Silakan menghubungi kami jika diperlukan informasi lebih lanjut.

Indonesia

  • DoubleTree by Hilton Jakarta Bintaro Jaya (Dibuka pada 2024)
    • Memulai debutnya di Bintaro Jaya, kawasan ekonomi berkembang di Jabodetabek, hotel dengan 184 kamar ini akan menampilkan dua konsep bersantap termasuk restoran All-Day Dining, ruang pertemuan dan acara, serta kolam renang luar ruang, dan pusat kebugaran 24/7.
  • Waldorf Astoria Jakarta (Dibuka pada 2026)
    • Berlokasi di kota metropolitan Jakarta yang luas, hotel mewah dengan 181 kamar ini, menandai debut brand ikonik Hilton, Waldorf Astoria di Indonesia, menampilkan empat konsep kuliner kelas dunia, fasilitas kesehatan yang canggih, termasuk spa unggulan Waldorf Astoria, klub kesehatan, serta kolam renang luar ruang, dan pusat kebugaran.

Thailand

  • Hilton Garden Inn Bangkok Riverside (Dibuka pada 2024)
    • Menawarkan akses langsung ke pusat perbelanjaan mewah ICONSIAM di distrik Charoen Nakhon, hotel dengan 241 kamar ini akan menampilkan dua konsep bersantap termasuk restoran All-Day Dining, ruang pertemuan dan acara, serta kolam renang luar ruangan, dan pusat kebugaran 24/7.
  • Hilton Garden Inn Bangkok Ram Intra (Dibuka pada 2026)
    • Terletak di lingkungan Ram-Intra – Khan Na Yao di Bangkok dan dekat dengan kawasan pusat bisnis yang sedang berkembang di Rama 9 dan tempat-tempat wisata populer, hotel dengan 224 kamar ini akan menjadi bagian dari pengembangan serba guna.
Baca Juga :   Thermo Fisher Scientific Ekspansi Bisnis di Indonesia

Vietnam

  • Hilton Hai Phong (Dibuka pada 2026)
    • Berjarak 3 menit berjalan kaki dari kawasan pejalan kaki utama Kota Hai Phong dan dekat dengan landmark seperti Opera House dan Central Square, hotel dengan 319 kamar ini juga berjarak sekitar 20 menit berkendara dari Bandara Internasional Hai Phong Cat Bi kota.
  • Waldorf Astoria Hanoi (Dibuka pada 2027)
    • Terletak di pusat kota bersejarah Hanoi yang dikelilingi oleh tempat-tempat wisata utama seperti Old Quarter dan Danau Hoam Kiem, hotel mewah dengan 187 kamar ini mewakili debut brand ikonik Hilton, yakni Waldorf Astoria di Vietnam yang akan menampilkan empat konsep kuliner kelas dunia termasuk lounge di rooftop dan dua restoran berbeda lainnya, ruang-ruang indah untuk perhelatan yang megah, serta spa Waldorf Astoria yang memenangkan penghargaan.

Malaysia

  • Waldorf Astoria Kuala Lumpur (Dibuka pada 2025)
    • Terletak di jantung kawasan Bukit Bintang yang terkenal di Kuala Lumpur, hotel mewah dengan 279 suite ini akan menampilkan lima restoran yang khas, ruang pertemuan berukuran besar, dan pusat kebugaran yang mutakhir.
  • The Nautilus Resort, Curio Collection by Hilton (Dibuka pada 2025)
    • Sebagai properti Curio Collection by Hilton pertama di Malaysia dan properti pertama Hilton di Langkawi, yang membanggakan UNESCO Geopark pertama di Asia Tenggara, resor dengan 250 kamar ini akan menampilkan tiga gerai makan berbeda termasuk restoran khusus dan bar rooftop, Kids’ Club, ruang pertemuan dan ruang acara, serta kolam renang luar ruang, dan pusat kebugaran.
  • Hilton Burau Bay Resort Langkawi (Dibuka pada 2025)
    • Terletak di Teluk Burau di sepanjang garis pantai barat Langkawi, resor dengan 251 kamar ini akan menampilkan empat konsep bersantap termasuk dua restoran khusus, Executive Lounge, spa unggulan Waldorf Astoria, lapangan tenis, serta dua kolam renang luar ruang, Kids’ Club, dan pusat kebugaran.
  • Conrad Kuala Lumpur (Dibuka pada 2026)
    • Melambangkan masuknya Conrad Hotels & Resorts ke Malaysia, hotel dengan 488 kamar, yang terletak di Distrik Segitiga Emas utama Kuala Lumpur, akan menampilkan empat konsep bersantap termasuk dua restoran khusus dan sebuah bar, spa, serta kolam renang dan pusat kebugaran.

Laos

  • DoubleTree by Hilton Vientiane (Dibuka pada 2024)
    • Menandai kedatangan Hilton di Laos dan akan memulai debutnya di jantung ibu kota bersejarah negara tersebut, hotel dengan 188 kamar ini akan menampilkan dua gerai makan termasuk restoran All-Day Dining, ruang pertemuan dan acara, serta kolam renang rooftop, dan pusat kebugaran 24/7.

Timor Leste

  • Hilton Dili Palm Springs (Dibuka pada 2024)
    • Siap menjadi hotel internasional pertama di Timor Leste dan terletak di kedutaan dan kawasan bisnis Dili, hotel dengan 150 kamar ini akan menampilkan empat tempat makan, ruang pertemuan dan acara yang berbeda, Executive Lounge, serta kolam renang luar ruang, pusat kebugaran, dan studio Pilates.