Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Geespace Memperluas Jangkauan Global dengan Konstelasi Satelit Orbit Rendah

558
×

Geespace Memperluas Jangkauan Global dengan Konstelasi Satelit Orbit Rendah

Sebarkan artikel ini
Geespace

BISNISASIA.CO.ID, SHANGHAI – Konstelasi internet berkecepatan tinggi Starlink dari SpaceX kini telah menghubungkan lebih dari tiga juta pengguna di hampir 100 negara, wilayah, dan pasar lainnya.

Konstelasi satelit orbit rendah (Low Earth Orbit/LEO) menyediakan layanan jaringan real-time untuk penduduk di daerah ekstrem dan wilayah dengan infrastruktur yang masih berkembang. Dengan semakin banyaknya penggunaan satelit LEO di seluruh dunia, perusahaan penerbangan luar angkasa komersial kini menjadi pemain utama di sektor ini.

Di Tiongkok, Geespace, anak perusahaan dari Geely, sedang mengembangkan dan mengoperasikan Geely Future Mobility Constellation. Konstelasi ini telah meluncurkan dua satelit orbital dan akan meluncurkan satelit ketiga pada semester kedua tahun ini untuk memulai layanan aplikasi global Geespace. Selain itu, satelit keempat Geespace akan membawa sarana komunikasi satelit direct-to-cell untuk melayani banyak ponsel yang sudah ada saat ini. Geespace berencana menyelesaikan fase pertama dari konstelasi ini dengan 72 satelit dalam dua tahun, menyediakan layanan komunikasi data real-time berskala global.

Baca Juga :   Konten Ngabuburit Makin Epic dengan Galaxy S24 Series

Iridium meraih pendapatan total sebesar $203,9 juta dan laba bersih $19,7 juta pada Triwulan-I 2024. Dalam perkembangannya, Iridium menghadapi dua tantangan besar di industri satelit LEO: mengurangi biaya konstruksi dan menemukan model bisnis yang sukses.

Baca Juga :   Bikin Konten Traveling Jadi Lebih Praktis dan Menarik dengan Samsung Galaxy S24 Series

Geespace menjawab tantangan tersebut lewat tiga langkah:

  1. Memproduksi Satelit: Geespace mengandalkan teknologi perakitan otomatis dan model manajemen produksi massal Geely untuk mengembangkan lini produksi satelit yang pintar dan fleksibel. Langkah ini mempersingkat proses perakitan satelit, siklus integrasi dan pengetesan (AIT), serta menghemat biaya produksi hingga 45% dengan kapasitas produksi tahunan sebanyak 500 satelit.
  2. Aplikasi Satelit: Geespace mencapai aplikasi berskala besar pada segmen komunikasi satelit dan high-precision positioning berbasiskan satelit pada 2023. Beberapa model mobil buatan Geely, termasuk Zeekr dan Geely Galaxy, kini dilengkapi fitur-fitur komunikasi satelit dua arah Geespace.
  3. Model Bisnis: Layanan komersial berskala global kini marak menjadi tren bagi kalangan perusahaan seperti SpaceX, Iridium, dan Geespace.
Baca Juga :   Google Hentikan Aplikasi Google Pay di Amerika Serikat

Di Asia Tenggara, Geespace menjalin kerja sama dengan operator telekomunikasi Malaysia Altel untuk mempercepat pengembangan solusi smart port dan smart agriculture. Di Timur Tengah, Geespace berkolaborasi dengan perusahaan komunikasi satelit Oman, Azyan Telecom, untuk mempromosikan layanan Geely Future Mobility Constellation, termasuk direct-to-cell, untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika.

Mengikuti kesuksesan sejumlah perusahaan seperti Iridium dan SpaceX, ekspansi global Geespace tak hanya bersifat strategis, namun juga memiliki nilai komersial yang signifikan. (saf)