Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Ini Keunggulan Chipset Kelas Premium Dimensity 8300-Ultra, Debut Global di POCO X6 Pro 5G

60
×

Ini Keunggulan Chipset Kelas Premium Dimensity 8300-Ultra, Debut Global di POCO X6 Pro 5G

Sebarkan artikel ini
MediaTek Dimensity 8300-Ultra

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – POCO secara resmi meluncurkan POCO X6 Pro 5G di pasar global. Smartphone ini menjadi yang pertama mengusung MediaTek Dimensity 8300-Ultra, chipset yang menawarkan performa ekstrem dan efisiensi tinggi. Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia, menyatakan kebanggaannya dengan kinerja chipset ini yang berhasil memaksimalkan performa POCO X6 Pro 5G.

Thomas Chen, Product Marketing Manager of Smartphone Business Unit MediaTek, yang turut hadir dalam workshop media secara daring, menekankan bahwa Dimensity 8300 membawa kinerja tak tertandingi, hiburan hyper-realistik, dan konektivitas tanpa hambatan tanpa mengorbankan efisiensi. MediaTek juga memanfaatkan program Dimensity Open Resource Architecture untuk menyatukan kemampuan perangkat keras yang tangguh.

Apa saja keunggulan Dimensity 8300-Ultra di balik ekstremnya performa POCO X6 Pro 5G?

Performa dengan efisiensi daya yang luar biasa

Dibangun di atas proses manufaktur 4nm generasi ke-2 TSMC, Dimensity 8300-Ultra memiliki CPU octa-core, terdiri atas empat core Arm Cortex-A715 dan empat core Cortex-A510 yang memanfaatkan arsitektur CPU v9 terbaru Arm. Konfigurasi ini bikin Dimensity 8300-Ultra ngasih kinerja CPU 20% lebih cepat dan lebih hemat daya hingga 30% dibanding generasi sebelumnya.

Baca Juga :   Rencana Rilis PlayStation 6 Berpotensi Terungkap, Berkat Microsoft

Ditambah, kinerja GPU Mali-G615 MC6 pada Dimensity 8300-Ultra meningkat hingga 60% dan efisiensi daya hingga 55% lebih baik.

Generative AI

MediaTek Dimensity 8300-Ultra adalah chipset Dimensity seri 8000 pertama yang hadir dengan dukungan AI generatif penuh, berkat prosesor AI APU 780 yang terintegrasi di dalamnya. Ini memungkinkan Dimensity 8300-Ultra mendukung pengembang teknologi buat membangun aplikasi inovatif yang memanfaatkan model bahasa besar (Large Language Models/LLM) hingga 10B, serta difusi yang stabil.

APU 780 punya arsitektur yang sama dengan SoC Dimensity 9300, sehingga sanggup menghasilkan peningkatan dua kali pada komputasi INT dan FP16, serta peningkatan kinerja AI sebesar 3,3 kali ketimbang Dimensity 8200.

Baca Juga :   BRIN Kembangkan Gatotkaca untuk Riset Dinamika Atmosfer dan Hidrometeorologi di Indonesia

Kamera magis

Kemampuan AI dipadukan dengan teknologi kamera MediaTek Imagiq 980, yang mengusung HDR-ISP 14-bit, menghadirkan fotografi ponsel premium dan perekaman video ke level tinggi yang baru. Pengguna bakal bisa merekam video lebih tajam dan jernih pada 4K60 HDR, serta merekam lebih lama berkat desain Dimensity 8300-Ultra yang sangat hemat daya.

Mereduksi konsumsi daya di kecepatan maksimum

Teknologi game adaptif HyperEngine generasi berikutnya menawarkan penghematan daya ke tingkat lebih lanjut. Dengan prediksi performa berbasis AI, Dimensity 8300-Ultra secara cerdas mereduksi konsumsi daya rata-rata pada kecepatan maksimum. Dan dengan memanfaatkan algoritma performa eksklusif yang memonitor suhu perangkat, memungkinkan hape tetap dingin. Hasilnya, kita bisa menikmati FPS secara penuh, lag rendah, rendering yang mulus, dan baterai yang lebih tahan lama.

Display yang paham adegan

Hadir dengan MediaTek MiraVision 880, Dimensity 8300-Ultra dibekali MediaTek AI-PQ untuk smartphone, yang bekerja dengan cara menganalisa adegan dalam streaming video secara real-time. Kemudian mengaplikasikan setting sesuai kebutuhan adegan untuk menghasilkan kualitas gambar maksimal.

Baca Juga :   Twitter Memiliki Saingan baru yaitu sebuah Platform yang dibuat oleh Meta

Dan AI Region PQ yang baru kini dapat membedakan area-area (regions) dalam tiap adegan, guna menyesuaikan contrast, sharpness, dan color tones melalui AI-Segmentation.

Konektivitas ultra-cepat dengan jangkauan lebih jauh

Dimensity 8300-Ultra memiliki modem 5G standar 3GPP Release-16 terintegrasi, yang memanfaatkan optimalisasi spesifik guna memberikan konektivitas yang lebih baik, di lingkungan dengan koneksi yang lebih lemah.

Optimalisasi tersebut memperkuat kinerja dan jangkauan sub-6GHz demi pengalaman konektivitas yang lebih andal. Modem ini mendukung agregasi operator 3CC, dengan kecepatan downlink hingga 5,17Gbps.

“Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, rasanya nggak mengherankan kalau POCO X6 Pro 5G jadi salah satu smartphone favorit di kelasnya saat ini,” pungkas Bung Andi.(saf)