Scroll untuk baca artikel
Headline

Mouser Electronics Bahas Inovasi Jaringan Listrik Pintar dan Berkelanjutan dalam Episode Terbaru EIT

29
×

Mouser Electronics Bahas Inovasi Jaringan Listrik Pintar dan Berkelanjutan dalam Episode Terbaru EIT

Sebarkan artikel ini
Mouser Electronics, Inc., distributor resmi berskala global yang menawarkan komponen elektronik dan produk otomatisasi industri terbaru, meluncurkan episode terkini dari program Empowering Innovation Together (EIT) yang membahas topik seputar teknologi. Episode ini membahas manfaat energi terbarukan yang tersedia pada teknologi jaringan listrik pintar (smart grid), serta peran AI dan 5G dalam mewujudkan pengelolaan jaringan listrik berkelanjutan. (PRNewsfoto/Mouser Electronics)

BISNISASIA.CO.ID, SHANGHAI – Mouser Electronics, Inc, distributor resmi berskala global yang menawarkan komponen elektronik dan produk otomatisasi industri terbaru, meluncurkan episode terkini dari program Empowering Innovation Together (EIT) yang membahas topik seputar teknologi.

Episode ini membahas manfaat energi terbarukan yang tersedia pada teknologi jaringan listrik pintar (smart grid), serta peran AI dan 5G dalam mewujudkan pengelolaan jaringan listrik berkelanjutan.

Sistem jaringan listrik pintar meningkatkan presisi pemantauan penggunaan listrik dan distribusi energi. Apalagi, sistem ini menghasilkan komunikasi dua arah antara sistem dan pengguna.

Pendekatan desentralisasi ini menghadirkan kembali listrik dari berbagai jenis sumber, serta mendaur ulang energi terbarukan pada jaringan listrik pintar.

Baca Juga :   Strategi Warren Buffett Sulap Uang 1.000 Dolar AS tahun 1965 Jadi 42,5 Juta Dolar Saat Ini

Menurut perkiraan, inovasi tersebut akan mendukung infrastruktur pengisian daya baterai bagi 50% penumpang kendaraan, bahkan memenuhi kebutuhan listrik penduduk dunia yang jumlahnya terus bertambah banyak.

Maka, inovasi ini mempercepat masa depan yang lebih tanggung dan lestari. Dalam EIT ini, ahli teknik akan mengeksplorasi manfaat dan tantangan yang dihadapi dalam transisi menuju sistem jaringan listrik pintar, begitu pula dengan perangkat keras yang digunakan, serta potensi pasar teknologi tersebut.

Dalam episode baru siniar (podcast) The Tech Between Us, Raymond Yin, Mouser Director, Technical Content, berbicara dengan Chris Irwin, Program Manager, Office of Electricity, Kementerian Energi Amerika Serikat. Keduanya pun berdiskusi tentang integrasi IoT yang berkaitan dengan jaringan listrik pintar, serta hal-hal yang harus dilakukan guna memastikan reliabilitas dan daya tahannya. Del Stephens, Principal Technical Delivery Lead, Distributed Energy Resources (DERs), Summit Human Capital, turut bergabung dengan Mouser untuk mengevaluasi peran kendaraan listrik (EV) pada jaringan listrik, serta cara mengantisipasi dan menstabilkan konsumsi energi.

Baca Juga :   Bayer Luncurkan Siaran Langsung Edukasi Kesehatan Mandiri Pertama Menggunakan Bahasa Isyarat Indonesia

“Jaringan listrik pintar bukan hanya terobosan teknologi; namun juga, revolusi dalam manajemen energi,” ujar Yin. “Dengan mengandalkan AI, 5G, dan sumber terbarukan, ahli teknik masa kini berupaya menemukan solusi yang mentransformasi daya listrik. Teknologi di balik jaringan listrik pintar memiliki potensi besar–maka, kami gembira berbagi perspektif seputar topik ini.”

Baca Juga :   Cadangan Devisa Tetap Tinggi pada April 2024

Episode ini menyediakan sumber informasi lengkap bagi ahli teknik, termasuk artikel teknis, studi kasus, infografis, video, serta konten khusus pelanggan. Pertama kali dilansir pada 2015, program Mouser Empowering Innovation Together merupakan salah satu program terkenal yang membahas komponen elektronik.