Scroll untuk baca artikel
FinansialHeadline

Strategi Warren Buffett Sulap Uang 1.000 Dolar AS tahun 1965 Jadi 42,5 Juta Dolar Saat Ini

40
×

Strategi Warren Buffett Sulap Uang 1.000 Dolar AS tahun 1965 Jadi 42,5 Juta Dolar Saat Ini

Sebarkan artikel ini
Warren Buffett telah memimpin perusahaan investasi Berkshire Hathaway (NYSE: BRK.A)(NYSE: BRK.B) sejak tahun 1965. Selama 59 tahun kepemimpinannya, saham Berkshire Hathaway telah menghasilkan laba tahunan gabungan sebesar 19,8%, yang cukup untuk mengubah investasi sebesar $1.000 saat itu menjadi lebih dari 42,5 juta dolar saat ini.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Warren Buffett telah memimpin perusahaan investasi Berkshire Hathaway (NYSE: BRK.A)(NYSE: BRK.B) sejak tahun 1965. Selama 59 tahun kepemimpinannya, saham Berkshire Hathaway telah menghasilkan laba tahunan gabungan sebesar 19,8%, yang cukup untuk mengubah investasi sebesar $1.000 saat itu menjadi lebih dari 42,5 juta dolar saat ini.

Strategi investasi Buffett sederhana. Ia mencari perusahaan yang sedang berkembang dengan profitabilitas yang kuat dan tim manajemen yang tangguh, dan ia terutama menyukai perusahaan dengan program yang menguntungkan pemegang saham seperti pembayaran dividen dan rencana pembelian kembali saham.

Satu hal yang tidak menjadi fokus Buffett adalah tren pasar saham terbaru, jadi Anda tidak akan menemukannya menumpuk uang ke saham kecerdasan buatan (AI) saat ini.

Namun, dua saham yang sudah dimiliki Berkshire menjadi pemain penting dalam industri AI, dan keduanya mencakup sekitar 29,5% dari total nilai portofolio saham dan sekuritas yang diperdagangkan secara publik senilai $305,7 miliar milik konglomerat tersebut.

1. Apple: 28,9% dari portofolio Berkshire Hathaway

Apple (NASDAQ: AAPL) adalah perusahaan terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar $3,3 triliun, tetapi nilainya hanya sebagian kecil dari itu ketika Buffett mulai membeli saham tersebut pada tahun 2016.

Baca Juga :   Pemerintah Terapkan Tiga Strategi Intervensi untuk Menstabilkan Harga Beras

Antara saat itu dan tahun 2023, Berkshire menghabiskan sekitar $38 miliar untuk membangun sahamnya di Apple, dan berkat pengembalian yang mengejutkan, posisi tersebut memiliki nilai lebih dari $170 miliar awal tahun ini.

Namun, Berkshire telah menjual lebih dari setengah sahamnya di perusahaan pembuat iPhone tersebut selama beberapa bulan terakhir.

Posisi yang tersisa masih bernilai $88,3 miliar, jadi masih menjadi kepemilikan terbesar dalam portofolio konglomerat tersebut, dan saya pikir penjualan baru-baru ini mencerminkan pandangan Buffett yang hati-hati terhadap pasar yang lebih luas dibandingkan dengan Apple sendiri.

Bagaimanapun, S&P 500 diperdagangkan pada rasio harga terhadap laba (P/E) sebesar 27,6 saat ini, yang jauh lebih mahal daripada rata-ratanya sebesar 18,1 sejak tahun 1950-an.

Selain itu, Apple sedang mempersiapkan salah satu periode terpenting dalam sejarahnya. Dengan lebih dari 2,2 miliar perangkat aktif secara global — termasuk iPhone, iPad, dan komputer Mac — Apple dapat menjadi distributor AI terbesar di dunia bagi konsumen.

Perusahaan tersebut meluncurkan Apple Intelligence awal tahun ini, yang dikembangkannya melalui kemitraan dengan kreator ChatGPT OpenAI.

Fitur ini tertanam dalam sistem operasi iOS 18 yang baru, dan hanya akan tersedia pada iPhone 16 terbaru dan model iPhone 15 Pro sebelumnya karena keduanya dilengkapi dengan chip generasi berikutnya yang dirancang untuk memproses beban kerja AI.

Baca Juga :   Tawarkan Promo Menarik KKB BRI untuk Para Golfer

Mengingat Apple Intelligence akan mengubah banyak aplikasi perangkat lunak perusahaan yang sudah ada, hal ini dapat mendorong siklus pemutakhiran yang besar untuk iPhone.

Aplikasi seperti Notes, Mail, dan iMessage akan menampilkan alat tulis baru yang mampu meringkas dan membuat konten teks secara instan sesuai perintah. Ditambah lagi, asisten suara Siri milik Apple yang sudah ada akan disempurnakan oleh ChatGPT, yang akan memperkuat basis pengetahuan dan kemampuannya.

Meskipun pertumbuhan pendapatan Apple lamban dalam beberapa kuartal terakhir, perusahaan tersebut masih memenuhi hampir semua kriteria Buffett. Perusahaan ini sangat menguntungkan, memiliki tim manajemen yang luar biasa yang dipimpin oleh Chief Executive Officer Tim Cook, dan mengembalikan banyak uang kepada pemegang saham melalui dividen dan pembelian kembali — faktanya, Apple baru-baru ini meluncurkan program pembelian kembali saham senilai $110 miliar, yang merupakan yang terbesar dalam sejarah perusahaan Amerika.

Tidak ada jaminan Berkshire telah selesai menjual saham Apple, tetapi kebangkitan AI kemungkinan akan mendorong fase pertumbuhan baru bagi perusahaan, jadi itu alasan yang bagus untuk tetap optimis tidak peduli apa yang dilakukan Buffett selanjutnya.

Baca Juga :   Ajaib Dibanjiri Respon Positif atas Fitur Bonus Pindah Portofolio Saham

2. Amazon: 0,6% dari portofolio Berkshire Hathaway

Berkshire membeli saham yang relatif kecil di Amazon (NASDAQ: AMZN) pada tahun 2019, yang saat ini bernilai $1,7 miliar dan hanya mewakili 0,6% dari portofolio konglomerat tersebut.

Namun, Buffett sering kali menyatakan penyesalannya karena tidak mengenali peluang itu lebih awal, karena Amazon telah berkembang melampaui akarnya sebagai perusahaan e-commerce dan sekarang memiliki kehadiran yang dominan dalam streaming, periklanan digital, dan komputasi awan.

Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud bisnis-ke-bisnis terbesar di dunia, yang menawarkan ratusan solusi yang dirancang untuk membantu organisasi beroperasi di era digital. Namun, AWS juga ingin menjadi penyedia solusi AI utama bagi bisnis, yang dapat menjadi peluang finansial terbesarnya.

AWS mengembangkan chip pusat datanya sendiri seperti Trainium, yang dapat menawarkan penghematan biaya hingga 50% dibandingkan dengan perangkat keras pesaing dari pemasok seperti Nvidia.

Selain itu, penyedia cloud tersebut juga membangun keluarga model bahasa besar (LLM) yang disebut Titan, yang dapat digunakan oleh pengembang jika mereka tidak ingin membuatnya sendiri.