Scroll untuk baca artikel
Headline

Europa Clipper Milik NASA Diluncurkan untuk Mengetahui Apakah Bulan Dingin di Jupiter Bisa Dukung Kehidupan 

17
×

Europa Clipper Milik NASA Diluncurkan untuk Mengetahui Apakah Bulan Dingin di Jupiter Bisa Dukung Kehidupan 

Sebarkan artikel ini
Teknisi menguji satu set array surya besar yang berukuran sekitar 46,5 kaki (14,2 meter) dan tinggi sekitar 13,5 kaki (4,1 meter) untuk pesawat ruang angkasa Europa Clipper NASA di dalam Fasilitas Servis Muatan Berbahaya NASA di Pusat Antariksa Kennedy, Florida, pada 7 Agustus. Kredit: NASA/Kim Shiflett

BISNISASIA.CO.ID, AMERIKA SERIKAT – NASA dan SpaceX akan meluncurkan Europa Clipper milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA)  yang akan membantu para ilmuwan untuk menentukan apakah salah satu bulan dingin di Jupiter dapat mendukung kehidupan.

Misi ini akan diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon Heavy dari Kompleks Peluncuran 39A di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida, Kamis, 10 Oktober 2024.

Europa Clipper akan membawa sembilan instrumen dan eksperimen sains gravitasi ke dalam pesawat untuk mengumpulkan pengukuran rinci saat mengorbit Jupiter dan melakukan beberapa kali terbang lintas dekat dengan bulannya, Europa.

Penelitian menunjukkan adanya lautan dengan volume dua kali lipat volume lautan di Bumi di bawah kerak es Europa.

Tujuan utama dari misi Clipper adalah untuk menentukan apakah ada tempat di bawah permukaan Europa yang dapat mendukung kehidupan.

Baca Juga :   VinFast Jadikan Timur Tengah sebagai Pasar Utama Kendaraan Listrik

Tiga tujuan sains utama misi ini adalah untuk memahami sifat cangkang es dan lautan di bawahnya, serta komposisi dan geologi bulan.

Eksplorasi Europa secara mendetail akan membantu para ilmuwan untuk lebih memahami potensi astrobiologi bagi dunia yang bisa dihuni di luar planet kita.

Dikelola oleh Caltech di Pasadena, California, Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan memimpin pengembangan misi Europa Clipper melalui kemitraan dengan Johns Hopkins Applied Physics Laboratory (APL) di Laurel, Maryland, untuk Markas Besar NASA di Washington.

Badan pesawat ruang angkasa utama dirancang oleh APL bekerja sama dengan JPL dan Pusat Penerbangan Antariksa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland.

Kantor Program Misi Planet di Pusat Penerbangan Antariksa Marshall NASA di Huntsville, Alabama, melaksanakan manajemen program misi Europa Clipper.

Baca Juga :   CLEO Optimis Raih Target Penjualan dan Laba Bersih Stabil Double Digit di Semester II-2024

Program Layanan Peluncuran NASA, yang berbasis di Kennedy, mengelola layanan peluncuran untuk pesawat ruang angkasa Europa Clipper.

Media yang tertarik untuk meliput peluncuran Europa Clipper harus mengajukan akreditasi media. Tenggat waktu untuk akreditasi adalah sebagai berikut:

Warga negara AS yang mewakili media domestik atau internasional harus mengajukan permohonan akreditasi paling lambat pukul 11:59 malam EDT, Jumat, 27 September.
Media internasional yang tidak memiliki kewarganegaraan AS harus mengajukan permohonan paling lambat pukul 11:59 malam, Jumat, 20 September.

Media yang membutuhkan pengaturan logistik khusus, seperti ruang untuk truk satelit, tenda, atau sambungan listrik, harus mengirim email ke [email protected] paling lambat Selasa, 1 Oktober.

Salinan kebijakan akreditasi media NASA tersedia secara online. Untuk pertanyaan tentang akreditasi, silakan kirim email ke: [email protected]. Untuk pertanyaan misi lainnya, silakan hubungi kantor berita NASA Kennedy di 321-867-2468.

Baca Juga :   Cole Brings, Aktor Film 1923 Ditemukan Tewas

Untuk mendapatkan informasi mengenai liputan dalam bahasa Spanyol di Centro Espacial Kennedy atau jika Anda ingin mengajukan pertanyaan dalam bahasa Spanyol, hubungi Antonia Jaramillo: 321-501-8425, atau Messod Bendayan: 256-930-1371.

Media yang terakreditasi akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam serangkaian pengarahan prapeluncuran dan wawancara dengan personel misi utama, termasuk pengarahan pada minggu 9 September. NASA akan menyampaikan rincian tambahan mengenai jadwal acara media saat tanggal peluncuran semakin dekat.

NASA juga akan memposting informasi terbaru mengenai persiapan peluncuran wahana antariksa di blog Europa Clipper milik NASA.