BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengambil langkah penting untuk memastikan terciptanya lingkungan yang ramah bagi penyandang disabilitas dalam layanan operasi penerbangan di Indonesia.
Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Cecep Kurniawan, mengajak semua pihak terkait di sektor penerbangan untuk meningkatkan standar pelayanan dan pemahaman terhadap penumpang dengan kebutuhan khusus.
“Dalam upaya menuju standar pelayanan yang lebih baik untuk penumpang berkebutuhan khusus, penting bagi kita untuk memastikan ketersediaan fasilitas yang sesuai serta meningkatkan pemahaman bagi petugas di lapangan. Hal ini akan memastikan bahwa penumpang berkebutuhan khusus dapat merasa mandiri dan memiliki akses yang sama dengan penumpang lainnya dalam menggunakan transportasi udara,” jelas Cecep dalam pernyataannya pada Jumat (22/3/2024).
Lebih lanjut, Cecep juga mengimbau kepada Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU) dan Penyelenggara Bandar Udara untuk menyediakan fasilitas yang memadai, serta melatih dan meningkatkan kesiapan petugas lapangan dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada para penumpang dengan kebutuhan khusus.
Dengan kolaborasi yang kuat serta sinergi antarpihak terkait, diharapkan akan terwujud pelayanan yang ramah dan inklusif bagi semua pengguna jasa penerbangan, termasuk bagi mereka yang memiliki disabilitas.
“Direktorat Jenderal Perhubungan Udara berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan bagi penumpang berkebutuhan khusus dalam layanan transportasi udara. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan yang inklusif, mandiri, dan setara bagi semua penumpang,” tambahnya. (saf/infopublik.id)