Scroll untuk baca artikel
Industri

SMESCO Dukung JakCloth Ramadan 2024, Perkuat Ekosistem Brand Lokal

48
×

SMESCO Dukung JakCloth Ramadan 2024, Perkuat Ekosistem Brand Lokal

Sebarkan artikel ini
UMKM peserta JakCloth Ramadan 2024. (Foto: kemenkopukm.go.id)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) melalui SMESCO Indonesia memberikan apresiasi terhadap JakCloth Ramadan 2024, sebuah ajang yang akan berlangsung selama 10 hari dari tanggal 29 Maret hingga 7 April 2024 di Jakarta Convention Center. Event ini akan melibatkan 93 brand fesyen lokal yang akan turut memeriahkan acara tersebut.

Fiki Satari, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, menekankan pentingnya memanfaatkan momentum Ramadan bagi brand-brand lokal untuk meningkatkan penjualan produk dengan pendekatan yang lebih kreatif dan proaktif.

“Kami di KemenKopUKM terus berupaya untuk melindungi eksistensi brand lokal dari produk impor yang dapat membahayakan UMKM. Salah satu langkah konkret yang kami ambil adalah dengan berkolaborasi dan mendukung JakCloth Ramadan 2024,” ujar Fiki Satari di Jakarta pada hari Selasa (19/03).

Baca Juga :   SMESCO Adakan Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM Unggulan

Wientor Rah Mada, Direktur Bisnis dan Pemasaran SMESCO Indonesia, juga menyatakan dukungan penuh terhadap JakCloth Ramadan 2024 sebagai upaya nyata untuk memperkuat ekosistem brand lokal di Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi JakCloth Ramadan 2024 karena merupakan langkah konkret dalam mendukung pertumbuhan brand-brand fesyen lokal di tanah air. Saat ini, SMESCO telah menjadi markas besar bagi produk lokal dan berperan sebagai offtaker bagi produk-produk tersebut,” ujar Wientor.

Lebih lanjut, Wientor juga menambahkan harapannya agar melalui kerjasama dengan JakCloth, paviliun provinsi yang ada di SMESCO juga dapat terlibat dalam jaringan ritel offline.

“Saat ini SMESCO sedang memperluas cakupan bagi banyak brand produk lokal. Di dalamnya terdapat paviliun provinsi yang menawarkan berbagai produk lokal dari 34 provinsi di Indonesia. Kami berharap kerjasama dengan JakCloth juga dapat membantu produk-produk lokal untuk masuk ke segmen pasar ritel offline,” ujar Wientor di Jakarta pada hari Selasa (19/03).

Baca Juga :   Badan Pangan Nasional Memastikan Keseimbangan Komoditas Daging Sapi Sesuai Regulasi

CEO JakCloth, Ruddy Lasut, menyambut baik kehadiran SMESCO Indonesia yang diharapkan akan membawa dimensi inklusi sosial dan ekonomi yang lebih luas.

“Kolaborasi dengan SMESCO Indonesia akan memberikan dimensi baru bagi kami dan juga memperkuat ekosistem brand lokal dalam industri fesyen Indonesia,” kata Ruddy.

Menurut Ruddy, kolaborasi antara SMESCO dan JakCloth ini juga bertujuan untuk mengembalikan semangat produsen pakaian lokal yang mungkin sempat meredup akibat dampak pandemi.

“Pasca pandemi, banyak brand lokal yang mengalami kesulitan dalam mencapai pasar. Dengan adanya event JakCloth ini, diharapkan akan memberikan celah bagi UMKM untuk kembali bergairah, menghabiskan stok produk mereka, dan setelah Ramadan, UMKM dapat memproduksi produk-produk baru untuk menyambut tahun 2024 serta kelanjutan usaha,” ujar Ruddy.

Baca Juga :   Layanan Penumpang Prioritas, Petugas KCIC Siap Dampingi Sampai Stasiun Tujuan

JakCloth Ramadan 2024 tidak hanya akan menampilkan bazar pakaian lokal, tetapi juga akan menghadirkan booth kecantikan seperti kosmetik, produk perawatan kulit, tubuh, dan wajah.

“Jadi, para pengunjung JakCloth bisa pulang dengan penampilan yang keren dan paripurna menjelang Hari Raya,” tambah Ruddy.

Selain itu, berbagai penawaran menarik termasuk diskon juga akan tersedia bagi pengunjung. Ruddy menambahkan bahwa Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi pengunjung untuk mendapatkan diskon terbaik dari brand-brand lokal.

“Fans-fans JakCloth akan mendapatkan berbagai keuntungan, tidak hanya produk dengan harga terjangkau, namun juga voucher belanja senilai Rp100 ribu dari lembaga pembiayaan yang akan membantu mereka berbelanja dengan lebih leluasa,” tutup Ruddy. (saf)