Scroll untuk baca artikel
Otomotif

MMKSI Optimis Hadapi Tantangan Pasar Otomotif Indonesia Tahun 2025

31
×

MMKSI Optimis Hadapi Tantangan Pasar Otomotif Indonesia Tahun 2025

Sebarkan artikel ini
Budi Dermawan – Head of Sales Group PT MMKSI memberikan pemaparan mengenai peforma MMKSI pada FY2024 pada acara MMKSI Media Annual Media Gathering 2025

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Tahun 2024 merupakan tahun yang penuh tantangan dan kompetisi bagi industri otomotif nasional, termasuk merek Mitsubishi Motors di Indonesia.

Ini dibuktikan dengan data retail capaian penjualan mobil sepanjang 2024 yang tercatat 889.680 unit, atau turun 10,9% dibandingkan dengan periode sebelumnya tahun 2023.

Terlepas dari hal tersebut PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada tahun fiskal 2024 berhasil mencatat penjualan 71.451 unit pada periode April 2024 – Maret 2025, dan menjaga posisi pangsa pasar positif di tiap segmen pasar otomotif Indonesia sebesar 8,2%.

Capaian tersebut terdiri dari penjualan kendaraan penumpang sebanyak 49.559 unit, dan kendaraan niaga ringan sebanyak 21.892 unit dengan rincian sebagai berikut:

Kategori Model FY2024 (April 2024 – Maret 2025)
Unit Pangsa Pasar Segmen
Kendaraan Penumpang (PC) Xpander 18.853 23% Small MPV/ Low SUV
Xpander Cross 11.495
Xforce 7.108 14% Small SUV
Pajero Sport 12.100 40% Medium SUV
Total PC 49.559 7,6%  
Kendaraan Niaga Ringan (LCV) Triton 4×4 9.568 40% Small Pick-Up 4×4
  L300 12.123 47% Small Pick-Up 4×2
  Model Lainnya 201 BEV, mini car, lainnya
Total LCV 21.892 15%  
Total PC + LCV 71.451 8.2%  
Baca Juga :   Produsen Taksi LEVC Pamerkan Interior MPV Mewah Delapan Kursi, Dilengkapi Panoramic Sunroof

 

Sisi purnajual MMKSI juga meraih capaian positif, di mana pada tahun 2024 total kendaraan datang ke diler resmi untuk melakukan servis dan perawatan – naik sebesar 3%.

Selain itu, pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris dan genuine part naik sebesar 2% dibandingkan dengan tahun fiskal 2023.

Dari sisi skor indeks kepuasan konsumen / Customer Satisfaction Index (CSI), MMKSI menerima peningkatan sebesar 13 poin dari sebelumnya di tahun 2023.

Baca Juga :   Hino Handover Bus Ke Pengusaha Transportasi Sulawesi Tengah untuk Melayani Jalur Palu – Ampana

Lalu berkat penerapan “Passion to Care’” melalui layanan secara menyeluruh di tahun 2024, Net Promotor Score (NPS) MMKSI naik 22,7 poin dibanding tahun sebelumnya, dengan skor akhir 66,7 poin. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.

Dari hasil survey internal yang dilakukan oleh MMKSI pada akhir 2024 terkait persepsi masyarakat terhadap brand Mitsubishi Motors, diketahui bahwa Mitsubishi Motors menjadi salah satu brand yang berada di posisi tiga besar merek teratas yang dipikirkan konsumen Indonesia.

Sedangkan dari sisi model kendaraan, semua model Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia berada di posisi tiga besar teratas tiap segmennya, mulai dari segmen small-MPV, small-SUV, Mid–SUV, hingga model-model kendaraan niaga ringan.

Baca Juga :   Penampakan Chery QQ Kembali Hadir dengan Wajah Baru

Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI mengatakan, tahun  2025 menjadi tahun yang menandai kehadiran Mitsubishi Motors ke-55 tahun, tumbuh berkembang dan berkontribusi kepada masyarakat Indonesia.

Pada tahun ini, kami juga akan memperkenalkan model baru yang akan menjadi salah satu unggulan kami di pasar Indonesia.

“Sekaligus pada event ini kami meluncurkan penyegaran model New Xpander dan New Xpander Cross agar tetap aktual dalam mengakomodasi preferensi konsumen,” katanya.

Dengan semangat perayaan ‘Celebrate Every Journey with Mitsubishi Motors’ serta bekal pengalaman panjang dan reputasi sebagai merek yang dapat diandalkan dan dipercaya kami bertekad untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang khas namun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat, dapat menemani serta mendukung beragam aktivitas pengguna dalam mengejar cita dan tujuan dalam hidup.