Scroll untuk baca artikel
Industri

Pendopo dan Torajamelo Ajak Generasi Muda Melestarikan Budaya Lokal

10
×

Pendopo dan Torajamelo Ajak Generasi Muda Melestarikan Budaya Lokal

Sebarkan artikel ini
Berdaya lewat kreativitas, peserta diajak mengikuti workshop membuat aksesori unik dari limbah tekstil sambil meningkatkan kesadaran akan fesyen berkelanjutan

BISNISASIA.CO.ID, TANGERANG – Memperkuat pelestarian budaya dan mendorong generasi muda untuk berperan aktif, Pendopo, merek usaha Kawan Lama Group di bawah naungan PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, sukses berkolaborasi dengan Torajamelo, menyelenggarakan acara bertajuk “Weaving Culture into Modernity and Getting Youth Involved,” di Pendopo Mall Living World Alam Sutera.

Acara ini menjadi perayaan budaya Indonesia yang memadukan tradisi tenun dengan gaya modern, sekaligus menginspirasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap budaya dan warisan lokal, serta fesyen yang berkelanjutan.

Lebih dari 50 peserta hadir untuk menikmati berbagai program seperti, diskusi inspiratif, styling showcase, workshop dan pameran eksklusif yang menghadirkan kekayaan budaya Indonesia dalam pendekatan yang relevan dan inovatif.

Baca Juga :   Program Hoops+Health Sun Life and Beyond Sport Bantu Lebih 14 Ribu Orang di Asia

Kolaborasi antara Pendopo dan Torajamelo dimulai dengan sesi talk show bertema “The Role of Youth & Community in Culture and Sustainable Fashion,” menghadirkan sederet pembicara ternama, seperti Dinny Jusuf, Founder of Torajamelo, Joshua Matulessy atau yang akrab dipanggil JFlow selaku Advisor of TORAJAMELO, dan Putu Laura, Head of Pendopo.

Para pembicara berbagai pandangan tentang bagaimana generasi muda dapat menjadi motor pelestarian budaya, menggali bagaimana kolaborasi antara industri kreatif dan sektor fesyen dapat menciptakan peluang baru yang mendukung keberlanjutan.

Sebagai ekosistem yang mendukung pengembangan produk lokal dan pelestarian budaya Indonesia, Putu Laura, Head of Pendopo mengatakan, dirinya memahami pentingnya menjaga relevansi budaya tradisional di tengah dinamika gaya hidup modern.

Baca Juga :   GeoMap™ Asia Ungkap Potensi Energi Panas Bumi yang Belum Dimanfaatkan

Dengan menjadi rumah bagi lebih dari 300 UMKM di Nusantara, Pendopo meyakini bahwa melalui pendekatan yang tepat, warisan budaya Indonesia dapat diterima dan diapresiasi oleh generasi penerus bangsa.

Kolaborasi dengan Torajamelo wujud komitmen kami untuk menjadi jembatan antara tradisi dan kehidupan masa kini, dengan memastikan nilai-nilai lokal tetap hidup dan relevan, sekaligus meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap budaya lokal, serta mendorong peran aktif mereka dalam mendukung keberlanjutan industri fesyen tanah air.”

Aparna Bhatnagar Saxena, CEO of Torajamelo, juga menambahkan, sebagai brand yang berfokus pada fesyen berkelanjutan, kami berkomitmen untuk mengangkat nilai-nilai budaya lokal yang memberikan dampak positif bagi komunitas adat di Indonesia.

Baca Juga :   Pendopo Tampilkan Pencak Warna Betawi di Indonesia Fashion Week 2024

Kolaborasi ini menjadi momentum bagi kami untuk menunjukkan bahwa fesyen bukan hanya soal gaya, tetapi juga tentang menghargai dan melestarikan tradisi yang telah ada.

Dengan mengenalkan budaya tenun kepada generasi muda, kami berharap dapat menginspirasi mereka untuk lebih peduli dan berinovasi dalam menjaga kelestarian warisan budaya, serta memahami pentingnya keberlanjutan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam dunia fesyen.”

Untuk informasi selengkapnya, terlampir siaran pers dan foto dokumentasi yang dapat digunakan sebagai referensi. Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut, rekan media dapat menghubungi kami.