Scroll untuk baca artikel
HeadlineTeknologi

4 Tips Lindungi Perangkat Android

15
×

4 Tips Lindungi Perangkat Android

Sebarkan artikel ini
Tiga varian malware Android baru yang berbahaya telah dianalisis oleh peneliti Kaspersky.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Tiga varian malware Android baru yang berbahaya telah dianalisis oleh peneliti Kaspersky.

Program berbahaya Tambir, Dwphon, dan Gigabud menunjukkan beragam fitur, mulai dari mengunduh program asing dan pencurian kredensial hingga melewati otentikasi dua faktor (2FA) dan perekaman layar, sehingga membahayakan privasi dan keamanan pengguna.

Pada tahun 2023, solusi Kaspersky memblokir hampir 33,8 juta serangan terhadap perangkat seluler yang berasal dari malware, adware, dan riskware, yang menunjukkan peningkatan serangan serupa sebesar 50% dibandingkan angka tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Webinar UNITY: Bangun Komunitas Esports Kampus yang Aktif dan Berkembang

Untuk melindungi perangkat Android Anda, ikuti rekomendasi berikut:

  • Lebih aman mengunduh aplikasi Anda hanya dari toko resmi seperti Google Play. Aplikasi dari pasar ini tidak 100 % aman, namun setidaknya aplikasi tersebut diperiksa oleh perwakilan toko dan terdapat sistem penyaringan tertentu — tidak semua aplikasi memenuhi syarat untuk dicantumkan di toko ini
  • Periksa izin aplikasi yang Anda gunakan dan pikirkan baik-baik sebelum memberikannya, terutama jika izin tersebut berisiko tinggi seperti izin yang terkait dengan Layanan Aksesibilitas. Misalnya, satu-satunya izin yang dibutuhkan aplikasi senter adalah akses ke senter (yang bahkan tidak melibatkan akses kamera).
  • Solusi keamanan yang andal membantu Anda mendeteksi aplikasi dan adware berbahaya sebelum aplikasi tersebut mulai berperilaku buruk di perangkat Anda. Mudahnya, Anda bisa mendapatkan perlindungan, seperti Kaspersky Premium, langsung dari operator seluler.
  • Saran terbaik adalah memperbarui sistem operasi dan aplikasi penting Anda saat pembaruan tersedia. Banyak masalah keamanan yang dapat diselesaikan dengan menginstal perangkat lunak versi terbaru.