Scroll untuk baca artikel
Finansial

Zurich Indonesia Catat Kinerja Positif, Inovasi Jadi Kunci Sukses

77
×

Zurich Indonesia Catat Kinerja Positif, Inovasi Jadi Kunci Sukses

Sebarkan artikel ini
(Ki-ka) Presiden Direktur PT Zurich Topas Life, Richard Ferryanto, bersama Country Manager Zurich Indonesia dan Presiden Direktur PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Edhi Tjahja Negara, dan Presiden Direktur PT Zurich General Takaful Indonesia, Hilman Simanjuntak, dalam kegiatan konferensi pers kinerja Zurich yang diselenggarakan di Jakarta (25/11).

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Zurich Indonesia mencatatkan kinerja positif di seluruh lini bisnisnya, baik asuransi umum konvensional, asuransi syariah, maupun asuransi jiwa, berdasarkan laporan per Oktober 2024. Pertumbuhan signifikan terlihat pada pendapatan premi bruto (gross written premium/GWP), dengan segmen Asuransi Harta Benda & Kerugian (Property & Casualty/P&C) mencatat kenaikan 17% secara year-on-year (yoy). Sementara itu, lini asuransi jiwa berhasil melampaui rata-rata industri yang berada di angka -0,3% yoy, dengan pertumbuhan GWP sebesar 3% yoy.

Menurut Edhi Tjahja Negara, Country Manager Zurich Indonesia sekaligus Presiden Direktur PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, inovasi dan kolaborasi menjadi kunci keberhasilan ini. “Kami melihat apresiasi masyarakat yang terus meningkat, tercermin dari pertumbuhan jumlah nasabah hingga 17% yoy pada kuartal ketiga tahun ini,” ujarnya.

Meski menghadapi tantangan di sektor otomotif, produk asuransi kendaraan bermotor Zurich tetap mencatat pertumbuhan dengan kenaikan GWP sebesar 4% untuk segmen konvensional dan syariah.

Di lini bisnis syariah, produk asuransi perjalanan menjadi penggerak utama dengan pertumbuhan kontribusi hingga 20% yoy, sejalan dengan peningkatan jumlah polis sebesar 38% yoy. Zurich Syariah juga mencatat pangsa pasar yang kuat, dengan lebih dari 25% jemaah umrah Indonesia memilih produk mereka pada tahun 2023.

Baca Juga :   BI: Survei Harga Properti Residensial Triwulan IV 2023 Harga Properti Residensial Naik

Zurich Travel Insurance turut mencatatkan lonjakan jumlah polis hingga 143%, dengan GWP melampaui Rp250 miliar.

Dalam segmen asuransi jiwa, Zurich Topas Life berhasil mendongkrak pertumbuhan melalui produk andalannya, seperti Zurich Plan Protector (ZPP), yang mencatat peningkatan jumlah nasabah sebesar 436% yoy dan kenaikan GWP hingga 217% yoy. Produk asuransi kesehatan seperti Zurich Optimal Health Assurance (ZOHA) dan Medicillin juga mencatatkan kinerja impresif dengan pertumbuhan GWP masing-masing sebesar 43% dan 55% yoy.

Baca Juga :   Asuransi ‘Proteksi Batal Nonton’ untuk Para Penonton Bioskop dari Igloo dan DANA

Dengan capaian ini, Zurich optimistis menghadapi tahun 2025. “Kami akan terus memperkuat inovasi dan kolaborasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang,” tutup Edhi Tjahja Negara.

Zurich Indonesia berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya masyarakat Indonesia dalam membangun masa depan yang lebih cerah dan terlindungi. (saf)