Scroll untuk baca artikel
Nasional

WINGS for UNICEF dan SoKlin Bersinergi Wujudkan Generasi Bersih Sehat

41
×

WINGS for UNICEF dan SoKlin Bersinergi Wujudkan Generasi Bersih Sehat

Sebarkan artikel ini
WINGS Group Indonesia melalui program WINGS for UNICEF, meluncurkan kampanye _Generasi Bersih Sehat_ untuk mendukung layanan air, sanitasi dan kebersihan (WASH) memadai di sekolah.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – WINGS Group Indonesia melalui program WINGS for UNICEF meluncurkan kampanye “Generasi Bersih Sehat” untuk mendukung layanan air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) yang memadai di sekolah-sekolah. Inisiatif ini sejalan dengan target pemerintah untuk memastikan layanan WASH 100% bagi seluruh anak pada tahun 2030 dan mendukung visi Indonesia Emas 2045. Kampanye jilid pertama ini dilaksanakan bersama SoKlin, merek kebersihan rumah tangga, dengan fokus pada akses WASH dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah, untuk menciptakan lingkungan belajar yang bersih dan sehat bagi anak-anak.

Berdasarkan data Profil Sanitasi Sekolah 2022 yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), 71% satuan pendidikan di Indonesia atau sekitar 27 juta anak hanya memiliki layanan WASH terbatas, dan hanya 28% yang memiliki layanan WASH dasar. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah telah memperbarui kebijakan, meningkatkan kapasitas kepala sekolah dan guru, serta mengalokasikan anggaran untuk fasilitas sanitasi. Selain itu, pemerintah telah mengintegrasikan Sehat Lingkungan dalam lima fokus Gerakan Sekolah Sehat (Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan) untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan berkualitas.

Sehat lingkungan sangat erat kaitannya dengan kesehatan anak dan mempengaruhi pencapaian belajar mereka. Fokus Sehat Lingkungan adalah meningkatkan kondisi sekolah agar anak-anak dapat menerapkan PHBS dan berkembang secara optimal serta mencapai hasil pembelajaran yang baik. Muhammad Zainal, WASH (Water, Sanitation, and Hygiene) Specialist UNICEF Indonesia, menekankan pentingnya merealisasikan Sehat Lingkungan dengan menyediakan sanitasi yang memadai di sekolah. “Sanitasi sekolah adalah langkah awal dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan aman, yang berhubungan erat dengan kesehatan anak. Perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah terbukti mengurangi ketidakhadiran hingga 50%. Oleh karena itu, sarana dan layanan sanitasi di sekolah harus memenuhi standar teknis infrastruktur, terjaga kebersihannya, memberikan privasi bagi siswa, dan didukung oleh PHBS di sekolah,” jelasnya.

WINGS for UNICEF dan SoKlin percaya bahwa kebersihan adalah tanggung jawab bersama. Anak-anak, orang tua, dan guru semuanya memiliki peran dalam mewujudkan Generasi Bersih Sehat. Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager SoKlin, menyatakan, “Fokus kami adalah menyuarakan pentingnya memulai segala sesuatu dengan bersih. Dengan ‘Berawal dari Bersih’, anak-anak dapat meraih aspirasi mereka dan menjadi Generasi Bersih Sehat, generasi pemenang yang melaju tanpa batas.”

Baca Juga :   Rukita Ajak Rukees Berolahraga Bersama dalam Acara Komunitas "Pound The Beat"

Kampanye ini akan menyoroti pentingnya PHBS dengan menerapkan Langkah B3ST: Bersih Pakaian, Bersih Tangan, Bersih Tubuh, Sehat Terlindungi. Kegiatan akan dikemas menarik dengan mengoptimalkan peran dokter cilik di sekolah, unjuk kemampuan murid, dan berbagai acara edukatif menarik lainnya yang melibatkan guru dan orang tua. Aceh dan Sulawesi Selatan dipilih sebagai lokasi pertama yang akan dikunjungi. WINGS for UNICEF dan SoKlin berharap sekolah-sekolah yang terpilih dapat menjadi contoh dan menginspirasi daerah lain untuk menerapkan PHBS dengan Langkah B3ST di mana pun berada.

Selain itu, WINGS for UNICEF menunjuk Dion Wiyoko, public figure kebanggaan Tanah Air, sebagai Campaign Ambassador untuk menyukseskan program ini. Dion Wiyoko, contoh figur ayah muda yang peduli terhadap isu-isu sosial, termasuk kebiasaan hidup bersih dan sehat, menyatakan, “Senang sekali bisa dipercaya SoKlin dan WINGS for UNICEF untuk mengedukasi anak-anak dan orang tua di Aceh, Sulawesi Selatan, dan daerah lainnya. Dalam menyuarakan kampanye ini, saya akan didampingi oleh tiga Bestie saya, Soni, Novi, dan Hepi, untuk mengajak masyarakat membiasakan langkah B3ST di mana pun berada, terutama menjaga pakaian dan lingkungan sehat terlindungi berkat SoKlin.”

Baca Juga :   Kementan Dorong Agripreneur untuk Manfaatkan Peluang Hilirisasi

Selanjutnya, WINGS for UNICEF dan SoKlin akan terus mengampanyekan pentingnya “Berawal dari Bersih” untuk Generasi Bersih Sehat melalui berbagai kanal, baik kegiatan langsung maupun aktivasi digital. Hal ini sejalan dengan filosofi WINGS Group Indonesia, “The good things in life should be accessible for all,” di mana program WINGS for UNICEF dan SoKlin memungkinkan setiap anak dan seluruh masyarakat memiliki akses sanitasi yang memadai setiap harinya. (hdi)