BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – TopOn Mediation telah menyelesaikan sertifikasi “IAB Tech Lab Open Measurement Software Development Kit” (OM SDK) sehingga kini menjadi platform mediasi iklan (ad mediation) yang menyediakan layanan pengukuran performa iklan seluler yang lengkap dan terstandardisasi.
Sertifikasi ini membuktikan kelengkapan ekosistem teknis TopOn sebagai sistem penilaian valuasi iklan (ad value) yang transparan dan terpercaya bagi pengembang aplikasi dan pengiklan.
Manfaat Sertifikasi IAB Tech Lab OM SDK
Dikembangkan IAB Tech Lab, sertifikasi OM SDK menyederhanakan pengumpulan dan analisis data performa periklanan pihak ketiga melalui standar teknis tunggal. Standar ini mencakup sejumlah metrik penting, seperti visibilitas iklan (viewability) dan pencegahan aksi penipuan. Dengan merampungkan sertifikasi OM SDK, TopOn membuktikan komitmen dalam menyediakan layanan pengukuran performa iklan yang akurat, serta memenuhi prinsip-prinsip utama OM SDK berikut:
1. Kewenangan Data (Data Authority)
Mematuhi standar ketat MRC (Media Rating Council), mengatasi diskrepansi data pada perangkat pengukuran performa iklan pihak ketiga (data yang diverifikasi IAB Tech Lab) sehingga menjaga autentisitas metrik-metrik penting seperti penayangan iklan (ad impression) dan visibilitas iklan.
2. Aspek Teknis yang Berlaku Umum
Sangat kompatibel dengan iOS, Android, CTV, dan platform-platform lain sehingga menyatukan standar pengukuran performa iklan lintasplatform.
3. Kepercayaan Bisnis
Secara otomatis kompatibel dengan pemimpin industri global seperti IAS DoubleVerify, dan banyak vendor pengukuran performa iklan lain.
Sejumlah Manfaat Utama dari Sertifikasi OM SDK TopOn
Untuk Pihak Penerbit:
1. Efisiensi Operasional yang Lebih Baik: Mempermudah integrasi dan pemeliharaan dengan satu arsitektur SDK.
2. Kinerja Aplikasi yang Lebih Optimal: Frekuensi eror (crash rate) akibat konflik dari penggunaan lebih dari satu SDK menjadi berkurang.
3. Realisasi Nilai Bisnis: Standardisasi data inventori periklanan menjadi transparan sehingga meningkatkan CTR.
Bagi Pengiklan:
1. Akurasi Data: Standar MRC menghapus deviasi data SDK pihak ketiga.
2. Pengambilan Keputusan yang Lebih Cerdas: Data lintasplatform lebih mudah dibandingkan agar alokasi anggaran iklan semakin optimal.
3. Transparansi Ekosistem: Tingkat verifikasi kualitas inventori iklan yang lebih baik sehingga meningkatkan potensi monetisasi arus pengguna aplikasi (traffic).
Fitur-Fitur Canggih:
Layanan SDK seluler TopOn yang bersifat white-label (versi yang telah disertifikasi OM SDK) mendukung:
1. Melacak interaksi pengguna (user behavior event)
2. Mengumpulkan data pihak pertama yang sesuai dengan regulasi (dengan izin pengguna)
3. Modul perangkat analisis yang mudah diatur
Mendukung Berbagai Mitra Membangun Ekosistem Monetisasi yang Berkembang dengan Baik
TopOn melayani lebih dari 15.000 klien global pada 45.000+ aplikasi, menangani lebih dari 40 miliar permintaan penayangan iklan setiap hari.
Setelah menuntaskan sertifikasi IAB Tech Lab OM SDK, TopOn akan memperluas kolaborasi dengan platform periklanan global. Dengan demikian, semakin banyak solusi monetisasi yang lebih transparan dan efisien tersedia untuk pihak pengembang aplikasi
Semua pihak yang saat ini telah menjadi mitra TopOn secara otomatis memperoleh dukungan pemutakhiran OM SDK. Klien-klien baru juga dapat mengajukan permohonan untuk layanan konsultasi teknis gratis–Anda bisa menghubungi manajer akun TopOn terkait atau mengunjungi [http://www.topon.com].