BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil menyabet dua penghargaan HR Asia Award 2024. Salah satu kategori dimenangkan oleh BCA adalah “HR Asia Best Companies to Work for in Asia”. Kategori ini telah dimenangkan oleh BCA untuk enam tahun berturut-turut. Konsistensi BCA untuk menerapkan best practice pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) serta keterlibatan karyawan, menjadi faktor utama yang mengantarkan BCA untuk kembali meraih penghargaan ini.
Kategori lain yang dimenangkan oleh BCA adalah “HR Asia Most Caring Companies Award”, seiring dengan implementasi praktik dan kebijakan BCA yang mengutamakan kesejahteraan karyawan. Tidak hanya itu, BCA juga mengutamakan lingkungan dan budaya kerja yang baik bagi seluruh karyawannya.
HR Asia Award 2024 merupakan penghargaan berskala internasional yang diberikan oleh “Business Media International”. Lembaga itu merupakan perusahaan media dan event berbasis business-to-business (B2B). “Business Media International” juga menawarkan layanan business intelligence bagi kalangan pemilik bisnis, serta pemimpin perusahaan di wilayah Asia.
Direktur BCA Lianawaty Suwono menyampaikan, “Lingkungan kerja yang baik harus menjadi sebuah aspek yang dihadirkan oleh perusahaan, dalam rangka mendukung produktivitas dan juga kenyamanan karyawan. Kami bangga bahwa komitmen dan konsistensi dalam menyediakan lingkungan kerja tersebut mendapatkan apresiasi selama enam tahun berturut-turut. Kami selalu menanamkan semangat kerja ‘ONE BCA’ yang menerapkan semangat ‘One Goal, One Soul, One Joy’ untuk menumbuhkan produktivitas karyawan dalam rasa kekeluargaan erat.”
Pencapaian yang telah dilakukan oleh BCA bagi seluruh karyawannya, dinilai di atas rata-rata perusahaan lainnya. Hal ini berdasarkan penilaian penghargaan HR Asia Award 2024 yang memasukkan sejumlah parameter penilaian. Parameter itu terdiri dari tiga aspek yakni CORE (Collective Organisation for Real Engagement), SELF (Heart, Mind, Soul) dan GROUP (Think, Feel, Do).
BCA menyadari bahwa SDM yang berkualitas merupakan aset berharga yang harus dijaga dan dikembangkan secara terus menerus. Lingkungan kerja yang positif akan memberikan dampak positif bagi kepuasan karyawan. Untuk mencapai tujuan tersebut, BCA memiliki Employer Value Proposition yaitu Friendly Environment (lingkungan yang ramah) dan Continuous Improvement (perkembangan terus menerus).
BCA turut menyediakan fasilitas pelatihan secara langsung dan daring, yang mendukung karyawan untuk dapat mengasah kemampuan-kemampuan baru yang dapat mendukung produktivitas insan BCA. Berbagai kegiatan internal yang dapat mendorong nilai–nilai transformasi digital juga dilaksanakan, seperti BCA Innovation Award, Kaizen Championship, dan beberapa kompetisi lainnya. Tak hanya itu, BCA juga mengembangkan berbagai program ataupun fasilitas yang mampu mendukung wellbeing para pekerja.
“BCA akan terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas SDM perseroan. Kami harapkan upaya ini dapat memberikan dampak positif bagi terciptanya pelayanan berkualitas bagi segenap nasabah tercinta, serta mendukung pertumbuhan perekonomian nasional, ” tutup Liana.