Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Penampakan Honda CR-V 2024 Generasi Keenam Rilis di Malaysia, Dibanderol Mulai Rp521 Jutaan

29
×

Penampakan Honda CR-V 2024 Generasi Keenam Rilis di Malaysia, Dibanderol Mulai Rp521 Jutaan

Sebarkan artikel ini
Honda CR-V 2024 diluncurkan di Malaysia dengan SUV generasi keenam, empat varian, mesin turbo 1.5L dan hybrid 2.0L, dengan harga mulai dari 158 ribu ringgit Malaysia

BISNISASIA.CO.ID, MALAYSIA – Honda Malaysia secara resmi meluncurkan Honda CR-V 2024, dengan SUV generasi keenam.

CR-V yang dijual terdiri empat varian, tiga varian unit bensin turbo dan yang keempat, hybrid yang dijual mulai 159 ribu ringgit atau Rp521 jutaan.

Honda CR-V 1.5L Turbo S – RM159,900 Honda CR-V 1.5L Turbo E – RM169,900 Honda CR-V 1.5L Turbo V AWD – RM181,900 UPDATE: Harga CR-V 2.0L e:HEV RS adalah RM195,900 on-the-road tanpa asuransi.

Pada peluncuran, perusahaan mengumumkan bahwa untuk merayakan 20 tahun produksi CKD SUV di Malaysia, varian dasar S akan dihargai introduser RM157,900 untuk 750 unit pertama.

Untuk harga CR-V 2.0L e:HEV  hybrid baru akan diumumkan awal tahun depan.

Seperti pada generasi kelima, output mesin turbo DOHC empat silinder L15BE tetap tidak berubah, dengan 193 PS (190 hp) pada 6.000 rpm dan 243 Nm dari 1.700 hingga 5.000 rpm, tetapi putaran di mana kekuatan dan torsi mencapai telah diubah sebagai hasil dari beberapa revisi kecil untuk meningkatkan respons percepatan dan membuat unit lebih tenang.

Sebelumnya, daya maksimum datang pada 5.600 rpm, sementara torsi puncak disampaikan dari 2.000 hingga 5.000 rpm.

Mesin tetap dipasangkan dengan CVT Earth Dreams yang sudah dikenal, tetapi unit tersebut juga telah diberikan beberapa penyempurnaan untuk mengurangi kebisingan dan getaran.

Baca Juga :   Kaspersky: 1 dari 3 Pengguna di Indonesia Hadapi Ancaman Online Tahun Lalu

Dari segi kinerja, S dasar membutuhkan 9,7 detik untuk melakukan sprint 0-100 km/jam, sementara E sedikit lebih lambat pada 9,8 detik.

Sementara itu, V AWD membutuhkan 10,4 detik untuk menyelesaikan trik yang sama.

Ketiga versi bensin memiliki kecepatan maksimum yang sama, yaitu 200 km/jam.

Sementara itu, varian hybrid teratas didukung oleh sistem Pemandu Multi-Mode Cerdas (i-MMD) yang mirip dengan yang terlihat pada Civic e:HEV RS, menggabungkan kinerja motor listrik dan mesin bensin.

Yang terakhir adalah mesin empat silinder siklus Atkinson atmosfer 2.0 liter, yang bertindak terutama sebagai generator.

Mesin itu sendiri menawarkan 148 PS (146 hp) pada 6.100 rpm dan 190 Nm torsi pada 4.500 rpm, yang terakhir satu Nm lebih banyak daripada aplikasi pada Civic hybrid.

Meskipun mesin dapat memberikan drive langsung – melalui kopling pengunci – pada kecepatan yang lebih tinggi untuk efisiensi yang lebih baik, adalah motor listrik yang hampir melakukan semua pekerjaan angkut.

Dari segi output, motor listrik mengembangkan 184 PS (181 hp, atau 135 kW) pada 5.000 hingga 8.000 rpm dan 335 Nm dari nol hingga 2.000 rpm, yang terakhir 20 Nm lebih banyak daripada pada Civic. Seperti halnya dengan rentang Civic, e:HEV adalah yang tercepat ke 100 km/jam dari posisi berhenti, membutuhkan 9,0 detik untuk melakukan jalanan tersebut.

Baca Juga :   Meta Umumkan Perubahan Tampilan Gambar AI di Facebook dan Instagram

Namun, memiliki kecepatan maksimum yang lebih rendah yaitu 187 km/jam.

Di Thailand, CR-V hybrid tersedia dalam versi penggerak dua roda dan empat roda, tetapi untuk pasar kami, CR-V e:HEV hanya ditawarkan dalam konfigurasi penggerak dua roda, dengan tenaga dikirim ke roda depan melalui transmisi variabel kontinu listrik (e-CVT).

Selain itu, spesifikasi RS untuk model Malaysia unik, tidak hanya karena ini pertama kali versi itu ditemukan pada model tetapi juga karena tingkat trim RS hanya untuk AWD di Thailand, dengan versi 2WD untuk pasar itu menjadi versi ES.

Dari segi ukuran, CR-V baru ini memiliki panjang 4.691 mm, lebar 1.866 mm, dan tinggi 1.681 mm, menjadikannya 68 mm lebih panjang, 11 mm lebih lebar, dan dua mm lebih tinggi dari pendahulunya (4.623 mm panjang, 1.855 mm lebar, dan 1.679 mm tinggi pada facelift) dalam spesifikasi Malaysia. Wheelbase SUV juga telah bertambah 40 mm menjadi 2.700 mm.

Dimensi yang lebih besar tidak terlihat secara visual pada pandangan pertama saat Anda membandingkan kedua model lama dan baru secara langsung, mengingat bahwa generasi kelima memiliki volume yang lebih dirasakan dalam bentuknya, terutama dari depan dan belakang. Lihat lebih dekat, dan itu ada, dengan hal-hal yang dipimpin oleh garis bonnet yang diperpanjang.

Baca Juga :   OPPO Reno11 F 5G Perkenalkan Inovasi Desain Magnetic Particle Pertama di Industri dan Jadi Trendsetter

Ini menyajikan mobil baru dengan hidung yang terlihat lebih datar seperti HR-V, sementara garis bahu yang kuat benar-benar mengencangkan profil sampingnya.

Perangkat lampu yang lebih sempit di depan dan belakang membantu memproyeksikan ketegangan tersebut, dan dengan gambaran garis yang lebih bersih, hasil bersihnya adalah SUV yang terlihat agak kontinental dalam gambarannya.

Seperti di Thailand, Honda Sensing menjadi standar di seluruh jajaran model di Malaysia.

Daftar fitur tetap sama, tetapi ada perbaikan pada rangkaian sistem keselamatan dan bantuan pengemudi, termasuk pengenalan kamera sudut pandang 90 derajat baru dan radar gelombang milimeter sudut pandang 120 derajat serta peningkatan respons terhadap sistem kontrol kecepatan adaptif dan asisten pencegahan penjagaan jalur.

Sistem kamera samping LaneWatch dari pabrikan terus ditampilkan sebagai pengganti monitor titik buta, meskipun varian dasar S tidak dilengkapi dengan fitur ini. Yang mencolok adalah inklusi telematika Honda Connect dengan aplikasi telepon pada semua varian CR-V.

Adapun pilihan warna eksterior, terdapat lima warna untuk CR-V, dengan Canyon River Blue Metallic menjadi warna baru.

Keempat warna lainnya adalah Ignite Red Metallic, Platinum White Pearl (opsi dengan biaya tambahan RM600), Lunar Silver Metallic, dan Crystal Black Pearl. Paket bodykit Modulo juga tersedia untuk SUV ini, begitu juga beberapa paket aksesori lainnya. (Paultan)