Scroll untuk baca artikel
Finansial

Laba Bersih INPP Tumbuh 166 Persen Sepanjang 2023

19
×

Laba Bersih INPP Tumbuh 166 Persen Sepanjang 2023

Sebarkan artikel ini
PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP:IJ) meraih prestasi gemilang dalam kinerja tahun 2023 di sektor Komersial, Perhotelan, dan Penjualan Properti.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP:IJ) meraih prestasi gemilang dalam kinerja tahun 2023 di sektor Komersial, Perhotelan, dan Penjualan Properti.

Dengan pertumbuhan laba bersih mencapai 166% YoY, perusahaan berhasil mencatatkan total laba bersih sebesar  Rp  184,90 miliar.

Pencapaian ini didorong oleh pendapatan INPP yang mencapai Rp 1,10 trilliun, meningkat sebesar 16% YoY. Laba kotor juga bertumbuh sebesar 26% YoY mencapai Rp 725,70 miliar di 2023. Sehingga INPP mampu mencetak net profit margin sebesar 17%.

Segmen perhotelan adalah kontributor terbesar dengan 43%, disusul segmen komersial dengan kontribusi terhadap 42% pendapatan 2023.

Baca Juga :   Microsoft meluncurkan AI chatbot ke aplikasi Bing di iPhone dan Android

Sementara untuk segmen penjualan properti, diperkirakan penjualan      meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun 2022. Salah satu faktor pendorongnya adalah      Antasari Place yang baru saja menyelesaikan     topping-off pembangunan tower pertamanya pada Mei 2023 lalu, dengan perkiraan jadwal handover di akhir 2024.

“Segmen-segmen kami yaitu Hospitality, Commercial, dan Property Sales semuanya mencatatkan kinerja yang baik tahun 2023”, jelas Presiden Direktur & CEO Indonesian Paradise Property Anthony P Susilo dalam keterangannya, Selasa (2/4/2024).

“Recurring income yang kami hasilkan dari segmen Perhotelan dan Komersial berkontribusi sebesar 85%.”

Recurring income atau pendapatan berulang memang sangat membantu INPP dari segi profitabilitas, bahkan boleh dibilang INPP adalah salah satu emiten properti dengan arus kas yang paling stabil berkat tingginya pendapatan berulang jika dibandingkan dengan total pendapatan.

Baca Juga :   BNI Sabet Penghargaan Marketeers OMNI Brand of The Year 2024

Recurring income INPP turut menyumbangkan pendapatan sebesar Rp 934,91 miliar, mencatat pertumbuhan sebesar 31% YoY pada tahun buku 2023.

Tahun 2024, INPP memprediksi bahwa sektor properti siap untuk tumbuh berdasarkan beberapa indikator positif. Antara lain dari perkiraan Bank Indonesia tentang pertumbuhan ekonomi yang kuat dalam kisaran 4,7-5,5% menjadi pertanda baik bagi pasar real estat, karena peningkatan aktivitas ekonomi sering kali diterjemahkan ke dalam permintaan yang lebih tinggi untuk properti.

Baca Juga :   Bitcoin Rebound di Atas 70.000 Dolar AS, Bersiap Tutup Bulan Maret dengan Positif

Indikator lainnya adalah angka kunjungan ke Indonesia yang tumbuh 20,17% secara YoY*. Khusus pada bulan Desember 2023 tercatat sebanyak 1.14 juta kunjungan dimana 481 ribunya menuju ke Bali.

Hal ini tentu akan mempengaruhi segmen komersial khususnya hospitality, dimana Perseroan memiliki banyak hotel di lokasi-lokasi strategis di kota pariwisata tersebut. Memanfaatkan sentimen ini, INPP telah menyiapkan beberapa strategi, salah satunya dengan mendorong property sales yang ditargetkan bisa mengambil porsi yang cukup besar di tahun ini.