Scroll untuk baca artikel
Headline

Kementerian Investasi/BKPM Pastikan Layanan OSS Tetap Normal

20
×

Kementerian Investasi/BKPM Pastikan Layanan OSS Tetap Normal

Sebarkan artikel ini
Staf Khusus Kementerian Investasi/BKPM Tina Talisa saat memberikan keterangan pers. (Foto: Kementerian Investasi/BKPM)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Layanan perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS) dan Contact Center tetap berjalan lancar meskipun Pusat Data Nasional (PDN) mengalami serangan beberapa waktu lalu.

Staf Khusus Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Tina Talisa, menyampaikan, “Kami di Kementerian Investasi terus melakukan pengawasan dan pengecekan secara rutin untuk memastikan bahwa proses perizinan dan layanan kepada pelaku usaha tetap optimal. Meski demikian, kami tetap waspada terhadap kemungkinan gangguan pada sistem.”

Tina menegaskan bahwa layanan publik di Kementerian Investasi/BKPM, khususnya OSS yang berhubungan langsung dengan pelaku usaha, akan terus terjaga dengan evaluasi berkala untuk mengantisipasi gangguan yang mungkin terjadi.

Sejak serangan pada PDN beberapa waktu lalu, proses penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem OSS berjalan normal. Hingga saat ini, Contact Center Kementerian Investasi/BKPM tidak menerima keluhan dari pelaku usaha terkait proses perizinan di sistem OSS.

Baca Juga :   Casio Perkenalkan G-SHOCK dengan Fitur "Workout Log" yang Lebih Nyaman Digunakan

“Layanan OSS masih berjalan normal dari minggu lalu hingga sekarang. Namun, tim tetap siaga untuk memastikan tidak ada gangguan di kemudian hari,” ujar Tina, Senin (1/7/2024).

Berdasarkan data dari Kementerian Investasi/BKPM, dari 1 Januari hingga 30 Juni 2024, total NIB yang diterbitkan melalui sistem OSS sebanyak 2.404.297, dengan rata-rata penerbitan harian sebanyak 13.210 NIB.

Baca Juga :   BNI Bagikan Dividen 50%, Optimis Kinerja Semakin Positif di 2024

Adapun rata-rata penerbitan per bulan adalah sebagai berikut: Januari sebanyak 8.263 NIB, Februari 11.802 NIB, Maret 19.924 NIB, April 16.375 NIB, Mei 13.683 NIB, dan Juni 9.094 NIB. (saf/infopublik.id)