Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Inovasi dan Performa, Jejak Hyundai N Brand dalam Industri Otomotif

65
×

Inovasi dan Performa, Jejak Hyundai N Brand dalam Industri Otomotif

Sebarkan artikel ini
IONIQ 5 N

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Hyundai Motor Company melalui divisi Hyundai N Brand berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi di ranah mobil high-performance yang menonjolkan performa luar biasa dan sensasi berkendara yang tak terlupakan. Dengan mengusung prinsip “More Than Just Driving”, Hyundai N Brand berupaya membuktikan bahwa setiap mobil harus mampu menyuguhkan kegembiraan dan kepuasan tersendiri bagi pengendara.

Hyundai N Brand telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan pecinta otomotif akan pengalaman berkendara yang memikat, dengan mobil high-performance yang memiliki karakter kuat dan handling yang presisi. Tak hanya sebagai produk, model-model ini juga menjadi lambang dari komitmen Hyundai dalam menciptakan solusi mobilitas masa depan, sejalan dengan misi globalnya, Progress for Humanity.

Kelahiran dan Filosofi Hyundai N Brand

Hyundai N Brand lahir dari dua kota yang menjadi sumber inspirasinya. Kota pertama adalah Namyang, sebuah distrik penelitian dan pengembangan Hyundai di Korea Selatan yang menjadi pusat penciptaan teknologi canggih dan kendaraan inovatif. Kota berikutnya adalah Nürburgring, sebuah sirkuit balap terkenal di Jerman yang telah menjadi panggung uji coba bagi performa, penanganan, dan keamanan dari model-model kendaraan Hyundai N Brand. Kini, Hyundai N Brand telah memiliki basis penggemar setianya di berbagai belahan dunia.

Pengembangan Hyundai N Brand berakar dari tekad kuat Hyundai untuk menciptakan high-performance car yang menjadi gebrakan baru di pasar. Inisiatif ini dimulai pada 2012 ketika Hyundai mengumumkan keterlibatannya kembali dalam WRC (World Rally Championship), seraya memperkenalkan mobil konsep terbaru, yakni i20 WRC di Paris Motor Show pada bulan September. Tiga bulan setelah pengumuman tersebut, Hyundai Motorsport resmi dibentuk di Alzenau, Jerman, sebagai strategi Hyundai untuk mempercepat persiapannya kembali ke WRC.

Baca Juga :   Penantang Tesla Bangun Pabrik Senilai 2 Miliar Dolar di North Carolina

Pada Maret 2013, Hyundai memperkenalkan mobil konsep i20 WRC dengan peningkatan terbaru di ajang Geneva Motor Show. Komitmen Hyundai untuk menciptakan high-performance car pun semakin dipertegas dengan peresmian Hyundai Motor Technical Center di Nürburgring. Hyundai menutup tahun 2013 dengan memperkenalkan N Logo untuk pertama kalinya, diiringi peluncuran kendaraan untuk WRC 2014 pada bulan Desember.

Upaya Hyundai dalam mengembangkan high-performance car berujung pada hasil yang memuaskan, terutama dengan kemenangan (Maiden Victory) mereka di Reli Jerman pada 2014. Kala itu, i20 WRC besutan Hyundai Motorsport berhasil meraih empat podium dan finish di posisi ke-4 klasemen pabrikan di ajang WRC 2014.

Kesuksesan i20 di WRC berlanjut di tahun 2015 dengan kembali merengkuh empat podium dan berhasil bercokol di tiga besar klasemen akhir. Tahun 2015 juga jadi momen bersejarah bagi Hyundai dengan diperkenalkannya Hyundai High-Performance N Lineup di ajang Frankfurt Motor Show 2015 di Jerman. Selain memamerkan RM15 Concept Cars, Frankfurt Motor Show juga menjadi panggung bagi Hyundai untuk memperkenalkan N 2025 Vision Gran Turismo yang saat itu digadang-gadang sebagai teknologi high-performance car dari Hyundai.

Sejak resmi diluncurkan, Hyundai N Brand juga telah sukses menorehkan prestasi gemilang di berbagai ajang balap, seperti WRC, WTCR, dan TCR World Tour. Selain itu, berbagai model Hyundai N Brand berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi, seperti IONIQ 5 N yang dinobatkan sebagai TopGear Car of the Year 2023. Lalu, i30 N juga sukses mendapat penghargaan Sport Auto Award selama tiga tahun berturut-turut.

Adapun perkembangan pesat Hyundai N Brand tak terlepas dari konsistensinya dalam mengusung filosofi “N Feeling”, sebuah pengalaman berkendara yang unik dan memikat, dengan tiga pilar utama, yaitu:

  • Corner Rascal: Pilar yang menyoroti kemampuan kendaraan Hyundai N Brand untuk melesat di tikungan dengan lincah dan responsif. Handling yang tajam dan presisi menjadi inti dari aspek ini, memberikan pengendara sensasi mengemudi yang luar biasa.
  • Racetrack Capability: Menitikberatkan pada daya tahan dan kinerja kendaraan Hyundai N Brand yang telah teruji di trek balap. Aspek ini menjamin bahwa performa kendaraan tetap konsisten bahkan dalam kondisi berkendara ekstrem, memenuhi standar tinggi di dunia balap.
  • Everyday Sports Car: Menawarkan kombinasi unik antara kenyamanan sehari-hari dan excitement berkendara mobil sport. Hyundai N Brand berusaha menciptakan keseimbangan sempurna antara utilitas dan performa, memberikan pengalaman berkendara yang memikat setiap hari.
Baca Juga :   Tukar Tambah Mobil Jadi Lebih Mudah di Pesta Trade-in Hyundai, Begini Caranya

Dengan ketiga pilar tersebut, Hyundai N Brand tidak hanya menawarkan high-performance car andal, tetapi juga pengalaman mengemudi yang unik dengan mengutamakan preferensi pengemudi melalui berbagai pengaturan berkendara yang terpersonalisasi.

Teknologi dan Inovasi Khas

Sejak awal pembentukannya, Hyundai N Brand telah menjelma menjadi simbol high performance dalam industri otomotif. Di samping itu, model ini tampil dengan teknologi canggih dan fitur-fitur terkini yang membedakannya dari high-performance car lainnya.

Keunggulan Hyundai N Brand terletak pada pemanfaatan teknologi suspensi canggih, sistem penggerak yang dioptimalkan untuk performa berkendara, dan penggunaan bahan ringan demi meningkatkan efisiensi dan responsivitas. Tidak lupa, penggunaan teknologi, seperti N Grin Control System untuk pengalaman berkendara dengan berbagai mode, bersama dengan pengembangan sistem knalpot khusus, menjadi ciri khas Hyundai N Brand.

Lebih lanjut, setiap aspek desain, mulai dari respon pedal hingga feedback setir, dirancang untuk menghadirkan sensasi berkendara yang dinamis. Seluruh inovasi ini dihadirkan seiring dengan komitmen Hyundai N Brand dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang tak hanya efisien tetapi juga menyenangkan.

Baca Juga :   Perusahaan Rintisan Kendaraan Listrik, River Raih Pendanaan 40 Juta Dolar AS

Lineup Komprehensif Hingga Kesuksesan di Dunia Balap

Berkat lini kendaraan yang terus berkembang setiap tahunnya, Hyundai N Brand telah berhasil membuktikan diri sebagai produsen high-performance car andal. Hingga saat ini, Hyundai N Brand telah memiliki beberapa lini kendaraan yang dirilis hampir setiap tahunnya, di antaranya:

1. Hyundai i30 N pada 2017
2. Hyundai i30 Fastback N pada 2018
3. Hyundai Veloster N pada 2019
4. Hyundai i20 N pada 2020
5. Hyundai Kona N dan Hyundai Elantra N pada 2021
6. Hyundai Elantra N PE pada 2023

Keseriusan dalam mengembangkan Hyundai N Brand turut menghantarkan Hyundai di berbagai ajang kejuaraan balap, di antaranya World Rally Cup (WRC) dan World Touring Car Cup (WTCR). Model ini bahkan dipercaya menjadi official safety car dalam ajang World Superbike (WorldSBK) di Sirkuit Internasional Mandalika pada 2021 dan 2022. Keikutsertaan Hyundai N Brand dalam ajang tersebut menjadi peluang berharga untuk memperlihatkan jajaran produk berkualitas dan berperforma tinggi, seperti Hyundai i30 Fastback N dan Hyundai i30 N, kepada para penggemar otomotif.

Tidak hanya berfokus pada penciptaan kendaraan dengan internal combustion engine, Hyundai N Brand juga menunjukkan komitmennya terhadap mobilitas yang lebih bersih dengan diperkenalkannya IONIQ 5 N pada Juli 2023. Transformasi ini menjadi langkah signifikan bagi Hyundai N Brand untuk memasuki tahap baru dalam perkembangan mobilitas, dengan tetap mempertahankan karakteristik high performance sambil mengintegrasikan teknologi listrik yang canggih guna mendukung masa depan dari high-performance EV. (saf)