BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dalam upaya meningkatkan akses keuangan yang lebih baik bagi mitra driver, Gojek, penyedia layanan on-demand dari Grup GoTo (BEI: GOTO), terus memperluas manfaat program Gojek Swadaya. Kali ini, melalui Swadaya Finansial, salah satu pilar dari program tersebut, mitra driver Gojek kini dapat memanfaatkan beragam layanan keuangan seperti GoPay Pinjam dari PT Mapan Global Reksa, bagian dari GoTo Financial, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
Dirancang khusus untuk mitra driver sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan harian mereka, Gojek Swadaya menawarkan kemudahan melalui program cicilan harian pada produk GoPay Pinjam. Mitra driver dapat mengakses GoPay Pinjam dengan limit pinjaman hingga Rp 15.000.000 yang dapat dicicil setiap hari. Pemberian pinjaman ini disesuaikan dengan profil risiko dan kemampuan pembayaran masing-masing mitra driver.
Gede Manggala, Head of Regions Gojek, menyatakan, “Kesejahteraan jangka panjang mitra driver dan keluarga selalu menjadi prioritas kami dalam merancang program dan inovasi. Berdiri di bawah program Gojek Swadaya, Swadaya Finansial merupakan salah satu inisiatif kami untuk meningkatkan akses keuangan yang inklusif dan terpercaya bagi seluruh mitra kami. Melalui program ini, kami berharap mitra driver Gojek dapat terhindar dari pemberi kredit ilegal dan memanfaatkan produk ini untuk kebutuhan yang bermanfaat. Berbagai program komprehensif untuk mitra ini mencerminkan semangat Gojek dalam berjuang untuk Indonesia dengan menargetkan ‘Nol Hambatan’ demi pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia.”
Selain menyediakan layanan finansial bagi mitra driver, Gojek dan GoTo Financial juga menggelar edukasi finansial pada Juni 2024 sebagai bekal bagi mitra driver untuk memanfaatkan ragam produk finansial dalam Program Gojek Swadaya. Pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 1.000 mitra pengemudi Gojek di seluruh Indonesia secara daring. Edukasi finansial tersebut bekerja sama dengan platform literasi keuangan BigAlphaID, yang memberikan materi perencanaan keuangan kepada mitra driver, termasuk bagaimana mengelola pinjaman dengan bijak dan aman. Selain itu, Gojek rutin memberikan pelatihan tatap muka dan daring melalui fitur Tips Pintar yang telah diakses lebih dari 14 juta kali oleh hampir 1 juta mitra driver per 2023.
“Perencanaan keuangan sangat penting, terutama bagi mitra driver dengan penghasilan tidak tetap, agar tidak mengalami kesulitan keuangan. Saya sering mendapat pertanyaan tentang apakah boleh mengajukan pinjaman, jawabannya boleh, asalkan digunakan untuk membeli aset produktif, pengeluaran pokok, kebutuhan darurat, atau modal usaha. Total cicilan tidak dianjurkan melebihi 35% dari pendapatan untuk menjaga kesehatan keuangan,” jelas Farizy Yunaz, CFP, Perencana Keuangan Bersertifikat.
Untuk memberikan rasa aman kepada mitra driver dan keluarga mereka, produk GoPay Pinjam menawarkan informasi yang transparan, memberikan pinjaman berdasarkan kemampuan meminjam pengguna, serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Gojek juga bekerja sama dengan tim ahli inklusi keuangan independen dari Consultative Group to Assist the Poor (CGAP) oleh Bank Dunia sejak 2022 untuk menghadirkan sistem penilaian kelayakan kredit mitra pengemudi (Driver Credit Scoring) sehingga produk pinjaman yang diberikan bersifat non-predatory atau tidak menjebak.
Selain menghadirkan GoPay Pinjam dalam program Gojek Swadaya, di tahun ini, Gojek berkolaborasi dengan GoTo Financial untuk menghadirkan berbagai pilihan layanan keuangan seperti:
- GoPay Tabungan by Jago, produk tabungan dari Bank Jago yang dapat diakses di aplikasi GoPay, menawarkan berbagai rekening sesuai kebutuhan mulai dari rekening untuk pembayaran sehari-hari hingga rekening menabung untuk masa depan.
- GoPay Tabungan Syariah by Jago, menghadirkan rekening untuk transaksi sehari-hari dengan prinsip syariah.
- Rekening Simpanan di GoPay Tabungan by Jago, pilihan penyimpanan fleksibel mulai dari Rp1 dengan bunga yang lebih tinggi hingga 3,75 persen.
- Ragam pilihan layanan pinjaman dari GoTo Financial yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan para mitra driver Gojek.
Berdasarkan riset LPEM UI di 2023, pemanfaatan layanan keuangan mitra driver Gojek semakin meningkat tiap tahunnya. Riset yang sama bahkan menunjukkan tingkat kepemilikan tabungan, mobile banking, dan asuransi kesehatan mitra driver Gojek pada 2023 ada di atas rata-rata nasional. Gede menjelaskan bahwa akses layanan keuangan ini juga terbukti memberi manfaat kepada kesejahteraan jutaan mitra pengemudi dan keluarganya. Sepanjang 2023, Gojek Swadaya juga telah membantu meringankan beban operasional 600.000 mitra pengemudi, dengan 270.000 mitra pengemudi telah mengakses produk keuangan yang ditawarkan dalam program Swadaya Finansial.
Program Gojek Swadaya sendiri telah hadir sejak 2016 yang bertujuan untuk meringankan beban operasional mitra sehari-hari hingga memberikan akses terhadap ragam layanan keuangan seperti tabungan, asuransi, hingga layanan pinjaman yang mudah diakses dan terpercaya. Selain memberikan kemudahan akses keuangan untuk seluruh mitra, Gojek Swadaya juga memiliki penawaran menarik lain. Berbagai produk tersebut seperti beasiswa untuk anak mitra driver Gojek, hingga beragam voucher diskon untuk operasional sehari-hari seperti perawatan kendaraan dan paket data internet yang bisa diakses melalui aplikasi GoPartner milik driver. (saf)