Scroll untuk baca artikel
Industri

Bukaan Gerai ke-50 Mitra10 di Depok, SCG Genjot Penetrasi Pasar Ritel Modern Bahan Bangunan di Indonesia

24
×

Bukaan Gerai ke-50 Mitra10 di Depok, SCG Genjot Penetrasi Pasar Ritel Modern Bahan Bangunan di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Gerai ke-50 Mitra10.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – SCG, konglomerat terkemuka di Asia Tenggara, bersama salah satu afiliasinya, Mitra10 di bawah PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), hari ini (13/06) meresmikan pembukaan gerai ke-50 Mitra10. Toko ritel modern terbesar untuk bahan bangunan dan perbaikan rumah ini, kini hadir di Shila Sawangan, Depok. Melalui SCG Retail Holding Company Limited (SCGRH), SCG memiliki 30,89% saham di CSAP. Pembukaan gerai ke-50 ini menjadi tonggak penting bagi SCG dan CSAP dalam upaya mencapai target 100 gerai Mitra10 pada tahun 2030, memimpin bisnis ritel modern bahan bangunan di Indonesia.

Wiroat Rattanachaisit, President – SCG Distribution and Retail Business, menyatakan, “Sektor perdagangan modern di Indonesia terus berkembang pesat karena perubahan perilaku konsumen yang mengutamakan pengalaman belanja yang lengkap, terjangkau, nyaman, dan aman (one-stop shopping experience), termasuk dalam bisnis bahan bangunan. SCG secara agresif meningkatkan investasi kami melalui ekspansi jaringan ritel modern bahan bangunan di Asia Tenggara, salah satunya dengan Mitra10, raksasa ritel andalan masyarakat Indonesia untuk segala kebutuhan rumah, dengan target jangka menengah pembukaan 100 gerai Mitra10 di seluruh Indonesia pada tahun 2030.”

Sejak didirikan pada tahun 1997, Mitra10 telah menjadi pemain utama dalam bisnis ritel modern bahan bangunan di Indonesia. Hingga saat ini, Mitra10 telah memiliki 50 gerai yang tersebar di berbagai wilayah seperti Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sumatra, Batam, Kalimantan, dan Sulawesi. Toko-toko ini mencakup area penjualan seluas 180.000 meter persegi dan menawarkan 65.000 SKU (Stock Keeping Unit) dari 12 kategori produk home and living, termasuk produk-produk SCG seperti Semen SCG, peralatan sanitasi COTTO, pipa PVC SCG, ubin keramik, dan beton ringan SCG. Mitra10 menarik lebih dari 1 juta pengunjung setiap bulannya.

Baca Juga :   OPPO Smailing Tour Travel Fair Tawarkan Pengalaman Traveling Eksklusif dengan Diskon Hingga 65%

Pada tahun 2023, SCG mengumumkan investasi baru senilai Rp265 miliar dalam bentuk pembelian hak memesan efek terlebih dahulu (rights issue) dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP). Investasi ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan gerai Mitra10 dan memperkuat posisinya sebagai merek yang diingat pertama kali untuk renovasi rumah di Indonesia. Hal ini menegaskan komitmen SCG untuk terus menjadi solusi terdepan bagi kebutuhan pelanggan di Asia Tenggara di berbagai lini.

Baca Juga :   Memetakan Daya Saing, Kunci Sambut Kejayaan Ekonomi Digital Indonesia

Bisnis SCG di seluruh area operasi mengalami peningkatan signifikan pada kuartal pertama 2024 dengan Pendapatan dari Penjualan sebesar Rp54,3 triliun (USD 3,5 miliar), meningkat 3% q-o-q, dan EBITDA mencapai Rp5,5 triliun (USD 354 juta), naik 16% q-o-q. Laba Bersih Periode mencapai Rp1 triliun (USD 68 juta), meningkat Rp1,5 triliun (USD 100 juta) q-o-q. (saf)