Scroll untuk baca artikel
Finansial

Asuransi Sinar Mas Antisipasi Serangan Siber dengan Simas Cyber Enterprise

23
×

Asuransi Sinar Mas Antisipasi Serangan Siber dengan Simas Cyber Enterprise

Sebarkan artikel ini
PT Asuransi Sinar Mas

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Di era digital, data menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Kasus kebocoran data, ransomware, dan serangan siber lainnya yang marak terjadi telah mengajarkan pentingnya keamanan data. Tanpa perlindungan yang memadai, operasional perusahaan dapat terganggu, pendapatan bisa menurun, pelanggan dirugikan, dan reputasi perusahaan bisa tercemar. Oleh karena itu, memiliki sistem keamanan siber yang ketat menjadi sangat penting, terutama dengan adanya UU Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi yang mengharuskan perusahaan untuk memastikan keamanan data, dengan ancaman denda administrasi hingga 2% dari pendapatan tahunan jika tidak mematuhi.

Keamanan siber diibaratkan seperti pagar yang melindungi rumah dari pencuri. Namun, meskipun pagar sudah tinggi, tidak ada jaminan bahwa pencuri tidak akan masuk. Hacker selalu bisa menemukan celah. Oleh karena itu, diperlukan jaring pengaman tambahan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

PT Asuransi Sinar Mas memahami risiko kejahatan siber yang dapat merugikan berbagai lembaga bisnis di Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut, Asuransi Sinar Mas telah meluncurkan produk asuransi tanggung gugat, yaitu Simas Cyber Enterprise.

Direktur sekaligus Corporate Secretary PT Asuransi Sinar Mas, Dumasi M. Samosir, mengatakan, “Keamanan siber telah menjadi tantangan terbesar di era digital. Perlindungan data nasabah sangat krusial. Oleh karena itu, Asuransi Sinar Mas menghadirkan Simas Cyber Enterprise sebagai proteksi terhadap risiko ini. Kami berharap dengan produk ini, sektor bisnis di Indonesia dapat terlindungi dari serangan siber.”

Baca Juga :   HUT ke-67, BCA Beri Beragam Promo, Diskon 67%, hingga Layanan Kesehatan Gratis

Simas Cyber Enterprise memberikan jaminan atas biaya restorasi data elektronik yang terdampak serangan siber, kompensasi gangguan bisnis, jasa IT forensik untuk investigasi serangan siber, ancaman pemerasan oleh hacker, dan jaminan lainnya.

“Salah satu keunggulan Simas Cyber Enterprise kami adalah proses akseptasi yang cepat dan penyelesaian klaim yang efektif,” jelas Dumasi.

Simas Cyber Enterprise dapat digunakan oleh perusahaan yang khawatir tentang keamanan data, seperti lembaga keuangan, bank, marketplace, dan rumah sakit. Selain untuk korporasi, Asuransi Sinar Mas juga sedang mengembangkan produk Asuransi Siber untuk segmen individu.

Baca Juga :   Kepuasan terhadap Paylater Meningkat, Transaksi Offline Tumbuh 169% di 2023

Untuk mendukung layanan produk ini, Asuransi Sinar Mas menyiapkan layanan konsultasi produk Simas Cyber Enterprise yang dapat diakses melalui link: https://www.sinarmas.co.id/simascyber. Selain itu Asuransi Sinar Mas juga berkomitmen untuk melakukan edukasi sehingga masyarakat memiliki pemahaman mengenai keamanan sistem teknologi informasi, serangan siber serta hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko. Edukasi akan dilakukan melalui sosial media maupun website www.sinarmas.co.id.(saf)