Scroll untuk baca artikel
Industri

Apresiasi Mitra Bisnis, Sharp Gelar Dealer Convention 2024 di Labuan Bajo

59
×

Apresiasi Mitra Bisnis, Sharp Gelar Dealer Convention 2024 di Labuan Bajo

Sebarkan artikel ini
Sharp Dealer Mengunjungi salah Satu Booth UMKM Labuan Bajo.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Keberhasilan Sharp Indonesia dalam mempertahankan eksistensinya selama lebih dari lima dekade tidak lepas dari dukungan dan loyalitas para dealernya di seluruh Indonesia. Sebagai bentuk penghargaan atas usaha dan kerja keras mitra-mitranya, Sharp Indonesia menyelenggarakan acara tahunan Sharp Dealer Convention 2024 pada tanggal 15-17 Mei 2024. Mengusung tema “A Wonderful Journey”, Sharp mengajak para dealer untuk mengenang perjalanan Sharp Indonesia selama 54 tahun di Indonesia.

Bertahan selama lebih dari lima puluh tahun bukanlah hal yang mudah. Untuk meningkatkan performa bisnis di tahun 2024, dalam sambutannya, Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, memaparkan beberapa kebijakan yang akan dijalankan. Pertama, tetap mengedepankan kualitas produk, kedua, melengkapi jajaran produk dengan fitur local-fit, dan ketiga, meningkatkan layanan purna jual sehingga Sharp dapat mempertahankan posisinya sebagai merek elektronik pilihan masyarakat Indonesia. “Dengan menerapkan kebijakan ini, kami yakin Sharp akan memiliki positioning yang kuat di pasar elektronik yang tentunya juga akan memberikan dampak positif bagi peningkatan usaha mitra dealer kami,” ujar Teraoka.

Saat ini, Sharp memiliki 34 kantor perwakilan dengan lebih dari 600 titik layanan purna jual di seluruh Indonesia. Jaringan distribusi yang luas membuat Sharp menjadi pemimpin pasar untuk beberapa kategori produknya, seperti lemari es (32,3%), AC (22,5%), mesin cuci (24,2%), air purifier (37%), microwave (50%), water dispenser (23%), vacuum cleaner (42%), dan TV (13,3%). “Kami akan terus mempertahankan posisi puncak dan berusaha meningkatkan pangsa pasar kami di beberapa kategori produk dengan menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan masyarakat Indonesia,” ungkap Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Dalam acara ini, Sharp Indonesia juga memperkenalkan beberapa produk terbaru dari kategori Home Appliances dan Audio Video, seperti AC, mesin cuci, lemari es, LED TV, speaker aktif, air purifier, smartphone, dan produk-produk small home appliances. Para undangan dapat melihat dan merasakan langsung kecanggihan teknologi dan fitur yang disematkan pada produk-produk tersebut. Para tamu undangan pun terkesan dengan demo masak oleh chef Gunawan dari Plataran Komodo yang menggunakan air fryer untuk memasak Sei Sapi, makanan khas Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :   SCG Umumkan Hasil Operasi Tahun Fiskal 2023

Andry menjelaskan dalam sesi talkshow bahwa Sharp Indonesia telah menyiapkan beberapa strategi pemasaran, di antaranya adalah dengan memegang teguh prinsip merek Jepang yang selalu hadir dengan inovasi produk berkualitas terbaik dan teknologi terkini, serta menghadirkan berbagai kampanye penjualan yang menarik dan menguntungkan bagi konsumen setianya. Sharp Indonesia juga menjalankan program Corporate Social Responsibility sebagai tanggung jawab kepada stakeholder dengan melaksanakan berbagai program yang berfokus pada pelestarian dan pendidikan lingkungan, sosial, dan kesehatan masyarakat. “Kami optimis dengan strategi pemasaran yang telah kami siapkan, kami dapat mencapai target penjualan sebesar 110% di tahun 2024 ini. Sebagai informasi, pada tahun 2023 lalu kami berhasil mencapai angka penjualan 102%,” ujar Andry.

Memilih lokasi di Labuan Bajo, Sharp bertujuan untuk memperkenalkan keindahan alam dan budaya Indonesia kepada lebih dari 200 dealer dari seluruh Indonesia. “Ini adalah salah satu bentuk rasa terima kasih kami kepada Indonesia, dengan turut mempromosikan wisata, budaya, dan kuliner suatu daerah di setiap acara Dealer Convention Sharp,” ujar Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.

Baca Juga :   Telkom Catat Pendapatan Konsolidasi Rp37,4 Triliun di Kuartal Pertama 2024

Pada acara dealer convention kali ini, Sharp Indonesia juga menggelar night market yang melibatkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Labuan Bajo serta mendonasikan 20 unit tong sampah untuk ditempatkan di sekitar wilayah waterfront Marina Labuan Bajo. Program ini sejalan dengan visi misi Sharp Indonesia yang berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan. “Kami berharap dengan kegiatan ini, Sharp Indonesia dapat membantu para pelaku UMKM memperkenalkan produk dan memajukan usaha mereka,” ucap Teraoka.

Selain dibekali informasi dan menikmati beragam hiburan, para dealer juga diajak menikmati keindahan alam Labuan Bajo dengan mengunjungi Pulau Komodo, Pink Beach, dan Pulau Kenawa, serta menikmati keragaman budaya dan kuliner di Kampung Melo, Manggarai Barat. Di kampung budaya ini, seluruh dealer diajak untuk mengikuti upacara adat dan menari tarian khas suku Manggarai. (saf)