Scroll untuk baca artikel
Finansial

Allianz Syariah Luncurkan AlliSya LegacyMax, Solusi Mudah Generasi Muda Siapkan Warisan Sejak Dini

32
×

Allianz Syariah Luncurkan AlliSya LegacyMax, Solusi Mudah Generasi Muda Siapkan Warisan Sejak Dini

Sebarkan artikel ini
Allianz Syariah secara resmi mengenalkan produk terbaru AlliSya LegacyMax.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Allianz Syariah secara resmi mengenalkan produk terbaru AlliSya LegacyMax sebagai solusi mudah untuk generasi muda mempersiapkan warisan sejak dini. Hal ini dilakukan karena generasi muda di Indonesia, khususnya keluarga muda, yang dalam hal ini masuk ke dalam generasi milenial, sudah memiliki kesadaran lebih tinggi akan pentingnya perencanaan keuangan seiring dengan tantangan finansial yang mereka hadapi.

Berdasarkan Indonesia Millenial Report 2024 yang dikeluarkan oleh IDN Research Institute, sebanyak 38 persen milenial sudah mulai rutin menyusun anggaran bulanan dan disiplin terkait penggunaannya dan 50 persen milenial ini masuk pada kategori “sandwich generation“, yang bertanggung jawab pada kebutuhan keluarga kecilnya dan juga orang tuanya. Riset ini juga menunjukkan pendapatan yang diterima oleh generasi muda sebagian besar dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga 45 persen milenial dalam survei tersebut hanya dapat mengalokasikan kurang dari 10 persen dari total alokasi pengeluaran untuk asuransi dan kesehatan. Meski milenial cukup memahami risiko di masa depan, terdapat halangan bagi mereka untuk mempersiapkan keuangan di masa mendatang melihat dari tidak seimbangnya pendapatan dengan tuntutan hidup saat ini.

Melihat tantangan yang dimiliki oleh generasi muda dalam mencapai kestabilitasan secara finansial khususnya di masa depan, PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) berkomitmen untuk menghadirkan solusi keuangan yang dapat dijangkau generasi muda serta dapat membantu mereka dalam meraih masa depan yang terjamin. Untuk itu, Allianz Syariah menghadirkan AlliSya LegacyMax – solusi persiapan finansial dalam bentuk warisan yang mampu memberikan ketenangan pikiran bagi keluarga yang ditinggalkan. Dengan memiliki persiapan warisan sedini mungkin, perlindungan dan manfaat yang diterima di masa depan akan semakin maksimal untuk didapatkan dan perencanaan semakin terjamin untuk diraih.

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana menyampaikan bahwa Allianz Life Syariah memberikan inovasi layanan dan produk proteksi kelas dunia yang disesuaikan dengan kebutuhan, berangkat dari tantangan yang dihadapi, khususnya para keluarga muda. “Sesuai dengan semangat kami ‘Berbagi Kebaikan yang Menguatkan‘, kami menjangkau setiap orang untuk mendapatkan pilihan perlindungan yang menyeluruh sekaligus meneruskan nilai berbagi kebaikan tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga bagi keluarga dan sesama umat untuk hidup berdampingan, saling tolong menolong, dan saling melindungi. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai utama yang kami junjung: Universal, Trustworthy, Security, Fairness, dan Collaborative,“ jelas Permana.

Baca Juga :   TRIS Catat Peningkatan Laba Bersih Sebesar 6 Persen Tahun 2023

Meningkatnya kesadaran generasi muda atas perencanaan keuangan khususnya untuk masa depan turut menjadi perhatian Allianz Syariah. Untuk itu Head of Product Marketing & Development Allianz Life Syariah Indonesia Rina Triana mengatakan guna mendukung kebutuhan tersebut, Allianz Syariah menyiapkan AlliSya LegacyMax yang dapat dicicil dari muda hingga ketika masa tua nanti dapat memberikan santunan asuransi sebagai warisan bagi keluarga yang ditinggalkan. Terlebih lagi, pada produk ini terdapat manfaat hidup yang nilainya dapat digunakan peserta di saat masih hidup untuk berbagai kebutuhan untuk mencapai rencana serta impian keluarga di masa depan.

Perencanaan finansial di kalangan generasi muda ini salah satunya juga disampaikan oleh Haykal Kamil, seorang public figure, pebisnis, dan juga seorang ayah muda yang menjadi gambaran dalam tren di generasinya. Sebagai kepala keluarga, Haykal selalu memberikan yang terbaik untuk memenuhi kehidupan keluarga kecilnya dengan mengutamakan prinsip gaya hidup halal, tidak terlepas pada perencanaan keuangan yang telah dirancangnya saat ini.

“Keluarga tentunya akan selalu menjadi prioritas utama bagi saya untuk memberikan dan mempersiapkan yang terbaik. Sebagai seorang ayah, saya sudah mulai memperhatikan bagaimana putri kecil saya telah memiliki impiannya di masa depan. Untuk itu, keinginan dalam menjaga dan mewujudkan impiannya itu menjadi bagian penting bagi saya untuk mempersiapkan persiapan finansial yang matang, khususnya dengan mengandalkan instrumen keuangan yang mengedepankan nilai syariah,“ ucap Haykal saat menghadiri peluncuran AlliSya LegacyMax, 30 April 2024.

Baca Juga :   RUPS Krom Bank (BBSI) Tunjuk Anton Hermawan sebagai Presiden Direktur

AlliSya LegacyMax merupakan komitmen Allianz Syariah untuk terus memaksimalkan persiapan finansial yang dapat mendukung tercapainya impian di masa depan. Rina Triana turut menambahkan bahwa produk yang dihadirkan ini memiliki nilai lebih lewat fitur-fitur yang menguntungkan dan berdasar pada tiga prinsip kebaikan dalam menjalankan amanah, yaitu dengan kontribusi lewat dana tabarru‘, dana tanahud, dan Wakaf.

Dari segi persiapan finansial keluarga, AlliSya LegacyMax memberikan perlindungan finansial hingga pihak yang diasuransikan mencapai usia 120 tahun. Dengan AlliSya LegacyMax, peserta mampu memperoleh ekstra perlindungan dengan total manfaat santunan hingga 150%.

Dengan beragam fitur yang terdapat dalam AlliSya LegacyMax, maka produk ini dapat menjadi solusi perlindungan yang menambah ketenangan seseorang tanpa perlu khawatir akan berkurangnya nilai warisan yang dimiliki keluarga seiring dengan berkembangnya inflasi di tengah pertumbuhan keluarga.

Selain dapat memproteksi keadaan finansial dari risiko meninggal dunia, AlliSya LegacyMax yang berdasar pada prinsip syariah juga memiliki keunggulan dengan nilai kebaikan yang tujuannya adalah untuk memaksimalkan wujud kebaikan setiap orang semasa hidupnya dalam menjalankan amanah berbagi kebaikan kepada saudara sesama hingga akhir hayatnya. Hal ini diwujudkan lewat pembagian porsi kontribusi yang dibayarkan melalui dana tabarru‘.

Tabarru‘ merupakan kumpulan dana atau hibah yang telah dilakukan oleh peserta asuransi syariah dengan tujuan saling menolong satu sama lain. Hasil dari dana tabarru‘ yang telah dikumpulkan oleh banyak peserta nantinya akan digunakan ketika salah satu peserta yang terkena risiko.

Selain itu, peserta juga bisa mendapatkan manfaat hidup yang mulai bisa ditarik dananya dari akhir tahun polis ke-15 atau ke-25, bergantung pada usia pihak yang diasuransikan pada tanggal polis mulai berlaku. Manfaat hidup sendiri merupakan penerapan dari konsep Dana tanahud, yang fatwanya baru dikeluarkan oleh DSN MUI pada akhir 2023. Allianz Syariah berinovasi secara cepat untuk mendukung penerapan fatwa ini untuk memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca Juga :   PT Bank IBK Indonesia Tbk Perkenalkan Direktur Utama Baru

Manfaat hidup ini bisa digunakan oleh peserta selagi masih ada untuk berbagai kebutuhan pribadi maupun keluarga, seperti tambahan untuk biaya ibadah (umroh/haji), tambahan untuk biaya pensiun, atau juga tambahan untuk biaya lain terkait anak seperti pendidikan atau menikah. Peserta juga bisa menggunakannya untuk berbagi kebaikan bagi sesama melalui donasi atau sumbangan.

Prinsip berbagi kebaikan yang lebih luas juga diwujudkan dengan tersedianya fitur wakaf dalam produk AlliSya LegacyMax. Ini merupakan bagian dari upaya Allianz Syariah untuk memberikan sarana yang mendukung peserta asuransinya dalam berbagi kebaikan hingga akhir hayat kepada masyarakat yang lebih luas. Untuk kian memudahkan peserta mewujudkan semua nilai kebaikan dalam AlliSya LegacyMax, tersedia pilihan masa pembayaran kontribusi yang fleksibel dan dapat dipilih sesuai kebutuhan peserta. Mulai dari pilihan pembayaran kontribusi secara tunggal hingga berkala selama 5, 10, atau 15 tahun. Dengan adanya pilihan fitur yang tersedia, Allianz Syariah menyediakan kemudahan bagi peserta untuk berbagi semangat kebaikan yang menguatkan bagi sesamanya.

“Allianz Syariah kerap berinovasi agar produk asuransi yang kami hadirkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat secara relevan dengan tidak hanya mendukung persiapan finansial, namun mendukung upaya peserta asuransi dalam menjalankan amanah yang membawa manfaat kebaikan di sepanjang hidupnya. Kami berharap agar AlliSya LegacyMax menjadi wadah yang tepat untuk mewujudkan semangat kami yang sesuai dengan nilai-nilai kebaikan demi mendukung kehidupan satu sama lain antarpeserta,“ tutup Permana. (saf)