Scroll untuk baca artikel
Finansial

Ajaib Kripto: Kripto Berbasis Artificial Intelligence Melesat di Tengah Bitcoin Sideways

11
×

Ajaib Kripto: Kripto Berbasis Artificial Intelligence Melesat di Tengah Bitcoin Sideways

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi bitcoin (Unsplash/ Ash_Ismail)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Bitcoin (BTC) cenderung bergerak sideways di kisaran $50.800 – $52.400 dalam lima hari terakhir. Senin (19/2) pagi pukul 08:00 WIB, BTC bertengger di $51.636 mengalami penurunan 0,86% dalam 24 jam terakhir, namun masih menguat sebesar 3,60% untuk periode 7 hari terakhir. Saat ini, kapitalisasi pasar Bitcoin adalah $1,011 triliun, sementara dominasi Bitcoin atas keseluruhan pasar kripto (BTC.D) di angka 53,00%

Adapun, total kapitalisasi pasar kripto global saat ini adalah $1,915 triliun, naik 0,16% dalam 24 jam terakhir dan telah melesat 85,00% dari tahun lalu.

Rangkuman Pekan Seminggu Terakhir

Pekan lalu BTC mencapai level $52.800 pada Kamis (15/2) untuk pertama kalinya sejak Desember 2021. Prospek jangka waktu mingguan menunjukkan harga BTC telah meningkat sejak awal tahun 2023. Pergerakan ke atas semakin cepat dari bulan Oktober hingga mencapai level tertinggi $49,050 pada Januari 2024 sebelum akhirnya berlanjut naik sampai saat ini, yang dipicu oleh hasil persetujuan ETF Bitcoin spot pada 10 Januari 2024.

Permintaan exchange-traded funds (ETF) Bitcoin kembali meningkat minggu lalu dengan mencapai rekor $2.4 miliar dari $2.45 miliar yang mengalir ke produk investasi aset digital. Pada perdagangan ETF minggu lalu, terdapat outflow sebesar $623 dari GBTC (Grayscale). Meski demikian, inflow sebesar $1,6 miliar mengalir ke IBIT (BlackRock) dan $648 juta ke FBTC (Fidelity), menurut data CoinShares.

Baca Juga :   Google Merilis AI Generasi Baru untuk Gmail dan Cloud Software

Pasar kripto menghadapi goncangan jangka pendek pada pekan lalu dengan rilis data ekonomi AS. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) naik 3,1% dari tahun sebelumnya pada Januari, turun dari 3,4% pada Desember. Meski melambat, angka tersebut masih di atas perkiraan pasar sebesar 2,9%. Pada Jumat (16/2), Indeks harga produsen (IHP) AS, yang mengukur harga yang dibayar oleh produsen barang dan jasa domestik, naik 0,3% pada bulan Januari, menunjukkan kenaikan terbesar sejak Agustus.

Peristiwa Penting Minggu ini 

Pasar saham di AS  tutup pada hari Senin karena libur “Hari Presiden”. Pelaku pasar akan menantikan FOMC meeting minutes yang akan berlangsung pada Rabu (22/2) untuk melihat petunjuk arah kebijakan Bank Sentral AS. Sebelumnya, Pada awal tahun, kemungkinan The Fed akan menurunkan suku bunga pada bulan Maret adalah 79%. Namun, Menurut FedWatch Tool dari CME Group, saat ini hanya terdapat peluang 8,5% penurunan suku bunga di bulan Maret dan 31,2% peluang penurunan suku bunga 25 bps di bulan Mei.

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha, menjelaskan, “Secara teknikal, Selasa (20/2) pagi pukul 08:00 WIB BTC bertengger di level $51.636. Selanjutnya, BTC berpotensi untuk kembali bergerak sideways di sekitar $51.000 – $52.400 dengan area support di $50.000 dan resistance terdekat di $52.500. Jangka pendek trader kripto diharapkan antisipasi terhadap pernyataan pada FOMC Meeting Minutes pada Rabu besok.”

Baca Juga :   Senin Kemarin, Bitcoin Naik Tipis dan Ether Turun 0,55 Persen 

Awal pekan ini sebagian besar altcoin mengalami kenaikan signifikan khususnya dari sektor Artificial Intelligence (AI) yang mengalami performa positif jika dilihat dari periode waktu 7 hari terakhir. Altcoin seperti: Worldcoin (WLD) melesat 175% mencetak all-time high hingga diperdagangkan sekitar $7,32, Singularity NET (AGIX) juga naik sebesar 64% menjadi $0,5138 dan Render Network (RNDR)  juga menguat 28,66% bertengger di $6,17.

“Kenaikan sektor AI dipicu dari OpenAI merilis Sora AI pada Jumat (16/2). Sora AI adalah generator teks ke video yang dapat membuat video berdurasi hingga 60 detik berdasarkan perintah tertulis menggunakan AI generatif. Meski demikian, investor diharapkan tidak FOMO melihat kenaikan yang fantastis, tentunya dianjurkan untuk melakukan riset kembali sebelum terjun mengoleksi token yang termasuk kategori Artificial Intelligence,” ujar Panji.

Lebih lanjut Panji menambahkan, “Selanjutnya,  pekan ini rilis pendapatan Nvidia Kuartal 4 tahun 2023 yang dijadwalkan pada Rabu ( 21/2). Laporan ini menjadi sangat penting bagi token AI seperti WLD, GRT, RNDR, dan AGIX, dll. Kinerja Nvidia dapat dilihat sebagai barometer sentimen bagi sektor AI dan hasil yang positif dapat kembali mendorong sektor AI dalam pekan ini.”

Baca Juga :   Zurich Kembali Hadirkan Kompetisi Startup Berhadiah Miliaran Rupiah

Sementara, rajanya Altcoin berdasarkan kapitalisasi pasarnya yaitu Ethereum (ETH) perlahan mulai menuju ke level $3.000 dimana level tersebut terakhir kali dicapai pada April 2022. Pagi ini, Selasa (20/2) pukul 08.00 bertengger di $2.934 naik 1,80% dalam 24 jam terakhir.

“Ethereum masih mengalami momentum positif dengan adanya acara ETH Denver 23 Feb-13 Mar 2024 dimana pertemuan penting ini kemungkinan akan memberi serangkaian pengumuman penting perihal Ethereum kedepannya. Selain itu, peningkatan Dencun pada 13 Maret, bersamaan dengan antisipasi spekulatif dari persetujuan ETF Ethereum pada bulan Mei tampaknya berpotensi akan memperjelas masa depan Ethereum dari sisi kepercayaan publik dan sisi regulasi.”

 

Disclaimer: Investasi aset kripto mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Kripto membuat informasi ini melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli aset kripto. Harga aset kripto berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.