Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Empat Bawahan Elon Musk Mengundurkan Diri Jelang Peluncuran Robotaxi, Ada Apa?

52
×

Empat Bawahan Elon Musk Mengundurkan Diri Jelang Peluncuran Robotaxi, Ada Apa?

Sebarkan artikel ini
Elon Musk

BISNISASIA.CO,ID, AMERIKA SERIKAT – Jelang peluncuran Robotaxi, dengan empat dari bawahan langsung Elon Musk mengumumkan pengunduran diri.

Kepala Informasi Tesla, Nagesh Saldi akan meninggalkan perusahaan setelah hampir 12 tahun bekerja di sana.

Tiga karyawan yang tidak ingin disebutkan namanya membagikan informasi ini kepada Business Insider.

Bloomberg menjadi media pertama yang melaporkan kepergian Saldi.

Direktur kebijakan publik dan pengembangan bisnis Tesla, Jos Dings, mengumumkan pada 1 Oktober melalui LinkedIn bahwa ia akan meninggalkan perusahaan.

Pada hari Minggu, pemimpin kebijakan otomasi kendaraan global dan keselamatan, Marc Van Impe, juga mengumumkan di LinkedIn bahwa ia telah keluar dari Tesla.

Baik Dings maupun Van Impe sebelumnya melapor kepada wakil presiden kebijakan publik dan pengembangan bisnis Tesla, Rohan Patel, sebelum Patel keluar pada bulan April.

Setelah kepergiannya, mereka langsung melapor kepada Musk.

Dings mengatakan di LinkedIn bahwa dia akan mengambil jeda karier, sementara Van Impe menyatakan bahwa dia akan pindah ke peran penasihat di SpaceX.

Baca Juga :   Suzuki akan Menutup Pabrik Mobil di Thailand Tahun 2025

Pada hari Jumat, mantan manajer program Model S dan Model X Tesla, David Zhang, juga mengumumkan di LinkedIn bahwa ia telah keluar dari perusahaan.

Profil LinkedIn Zhang yang diperbarui menunjukkan bahwa ia meninggalkan Tesla pada bulan Juli, meskipun ia sebelumnya belum memberikan komentar publik tentang kepergiannya.

Mantan kepala program kendaraan Tesla, Daniel Ho juga secara resmi mengumumkan di LinkedIn pada 29 September bahwa ia telah keluar dari Tesla dan bergabung dengan Waymo sebagai direktur program barunya.

Musk sebelumnya telah mengumumkan kepergian Ho pada bulan April.

Ia adalah salah satu dari beberapa eksekutif yang meninggalkan Tesla setelah Musk mengumumkan bahwa perusahaan akan mengurangi jumlah karyawan lebih dari 10%.

Wakil presiden senior powertrain dan teknik listrik Tesla, Drew Baglino, serta Rebecca Tinucci, direktur senior Supercharging, juga keluar pada bulan April.

Musk telah kehilangan delapan bawahan langsungnya di Tesla dalam setahun terakhir.

Baca Juga :   Chevy Equinox 2025 Dijual Mulai Rp487 Jutaan

CEO Tesla ini mengawasi lebih dari 30 bawahan langsung.

Juru bicara Tesla tidak memberikan komentar mengenai hal ini, begitu pula dengan empat eksekutif yang baru-baru ini keluar.

Beberapa mantan karyawan mengatakan bahwa secara umum, pergantian karyawan di Tesla mungkin disebabkan oleh gaya kepemimpinan Musk.

“Setiap beberapa tahun, Elon datang dan memotong jumlah karyawan, atau ada reorganisasi, dan rasanya seperti harus membangun segalanya dari awal lagi,” ujar seorang mantan manajer kepada Business Insider.

Mantan karyawan tingkat atas lainnya mengatakan bahwa semakin banyak karyawan di dalam perusahaan yang tidak lagi percaya pada visi Musk terutama setelah miliarder itu fokus pada akuisisi Twitter pada tahun 2022.

“Banyak orang di Tesla yang lelah dengan segala keributan,” kata mereka.

Seorang mantan manajer yang memilih untuk mengundurkan diri awal tahun ini mengatakan bahwa PHK Tesla pada bulan April membuat banyak karyawan tingkat tinggi mempertimbangkan untuk keluar.

Baca Juga :   Langkah Memperpanjang Usia Kendaraan dengan Pemilihan Oli Yang Tepat

“Kami terus berjuang untuk mempertahankan tim kami,” tambah mereka, “dan itu sangat menguras tenaga.”

Tujuh karyawan mengatakan kepada Business Insider bahwa secara internal, hampir tidak ada pembicaraan mengenai kepergian para eksekutif tersebut.

“Saya rasa banyak fokus perusahaan saat ini tertuju pada acara Robotaxi,” kata seorang karyawan Tesla.

Tesla akan mengadakan demo pertama teknologi mengemudi otonomnya selama acara Robotaxi Day pada hari Kamis.

Selama bertahun-tahun, Musk berulang kali menekankan pentingnya teknologi mengemudi otonom Tesla untuk masa depan perusahaan.

Acara tersebut akan diadakan di Warner Bros Studio di Burbank, California, dan diperkirakan akan disiarkan langsung di platform X.

Saham Tesla mengalami volatilitas signifikan tahun ini, mencapai titik terendah intraday sebesar $138,80 pada 22 April dan tertinggi intraday sebesar $271 pada 11 Juli.

Harga saham Tesla ditutup pada $244,50 pada hari Selasa, turun 1,5% sejak awal tahun 2024. (Business Insider)