Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Forum Ekonomi Kreatif AS-Indonesia Dorong Kerja Sama Dagang dan Inovasi Digital

2
×

Forum Ekonomi Kreatif AS-Indonesia Dorong Kerja Sama Dagang dan Inovasi Digital

Sebarkan artikel ini
Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menyelenggarakan U.S. Business for Indonesia: Creative Economy Forum guna mempererat hubungan dagang antara Amerika Serikat dan Indonesia

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menyelenggarakan U.S. Business for Indonesia: Creative Economy Forum guna mempererat hubungan dagang antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Forum ini mempertemukan perusahaan-perusahaan AS seperti Netflix, Universal Pictures, Google, LinkedIn, Scholastic, dan Roblox dengan pejabat pemerintah dan pemangku kepentingan ekonomi kreatif lokal.

Forum ini menjadi bagian dari upaya memperluas keterlibatan sektor komersial AS dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia, yang merupakan salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Baca Juga :   Netflix Uji Coba Fitur Pencarian Berbasis OpenAI di Australia dan Selandia Baru

“Forum ini menunjukkan bagaimana perusahaan-perusahaan Amerika dapat bekerja sama dengan Indonesia untuk memperluas perdagangan, menciptakan lapangan kerja, dan memperdalam kemitraan komersial,” ujar Jason P. Rebholz, Minister Counselor for Public Diplomacy, Kedutaan Besar AS di Jakarta.

Dukungan Perusahaan Global terhadap Ekonomi Kreatif Indonesia

Beberapa pernyataan penting dari perusahaan peserta forum: Netflix menegaskan komitmennya untuk mendukung kreator lokal melalui investasi konten dan pengembangan keterampilan industri film;  Universal Pictures menyoroti Indonesia sebagai pasar media dan hiburan yang dinamis.

Kemudian YouTube (Google) menekankan pentingnya platform digital dalam membuka peluang bisnis dan menyebarkan cerita lokal ke dunia; LinkedIn menyoroti pemberdayaan profesional kreatif melalui pelatihan, teknologi AI, dan jaringan komunitas;  Scholastic fokus pada kemitraan literasi dan pendidikan untuk mendukung generasi muda Indonesia dan Roblox menyampaikan dukungannya bagi pengembang lokal dalam membangun ekonomi digital dan komunitas imersif.

Baca Juga :   Qiscus Resmi Integrasikan TikTok Messaging Ads, Permudah Bisnis Kelola Interaksi Pelanggan

Fokus Panel Diskusi

Forum ini menghadirkan empat panel tematik: film, Streaming, dan Produksi Konten fokus pada distribusi konten dan kebijakan ekspor kreatif;  Platform Digital dan Infrastruktur
Membahas dampak platform AS pada kewirausahaan, edukasi, dan lapangan kerja; Penerbitan dan Desain yakni Peluang kemitraan penerbitan lintas negara untuk sektor pendidikan dan Gim dan Media Interaktif: Potensi kolaborasi di sektor gim Indonesia yang terus tumbuh.

Baca Juga :   1.000 Peserta Berpartisipasi dalam Baparekraf Developer Day 2024 di Bandung

Selain diskusi, forum juga menghadirkan sesi matchmaking bisnis yang difasilitasi oleh Layanan Komersial AS untuk menjajaki kesepakatan dagang, proyek investasi, dan kolaborasi nyata antara sektor publik dan swasta.

Forum ini merupakan bagian dari Rencana Kerja Kemitraan Strategis Komprehensif AS–Indonesia, menegaskan komitmen jangka panjang dalam mendukung pertumbuhan sektor ekonomi kreatif, inovasi digital, serta perdagangan bilateral yang inklusif dan berkelanjutan.