Scroll untuk baca artikel
Industri

Populix Ungkap 94 Persen Penumpang Merasa Puas Menggunakan Kereta Cepat Whoosh

25
×

Populix Ungkap 94 Persen Penumpang Merasa Puas Menggunakan Kereta Cepat Whoosh

Sebarkan artikel ini
Penumpang Kereta Cepat Whoosh. (Foto: Istimewa)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA  – Satu tahun sejak beroperasi secara komersial pada tanggal 17 Oktober 2023 Kereta Cepat Whoosh telah melayani mobilitas 5,8 juta penumpang Jakarta-Bandung.

Kehadiran Kereta Cepat Whoosh telah membantu efisiensi moda transportasi, sehingga mewujudkan mobilitas yang lebih terintegrasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di Jakarta, Bandung, serta wilayah sekitarnya.

Laporan Populix yang berjudul “Kepuasan Penumpang Kereta Cepat Whoosh dan Potensi di Masa Mendatang” menunjukkan bahwa lebih dari 90% responden yang pernah menggunakan Kereta Cepat Whoosh merasa puas dengan moda transportasi ini serta layanannya.

“Kereta Cepat Whoosh sukses menciptakan pengalaman perjalanan yang tidak hanya efisien tetapi juga menyenangkan, memenuhi ekspektasi pelanggan yang mengutamakan kenyamanan dan ketepatan waktu. Laporan kami menyoroti bahwa aspek-aspek ini memainkan peran penting dalam membangun kepuasan dan loyalitas pelanggan. Di sisi lain, tingginya ekspektasi calon penumpang terhadap inovasi, serta kemudahan akses dari-dan-menuju stasiun menunjukkan adanya peluang pertumbuhan yang signifikan di masa depan. Untuk itu, promosi berkelanjutan dan rekomendasi positif akan menjadi kunci dalam memaksimalkan potensi ini,” ujar Indah Tanip, VP of Research Populix.

Baca Juga :   American Standard dan GROHE Dukung Asia Pacific International Property & Hotel Awards 2024-25

Tingkat Kepuasan Penumpang yang Tinggi

Laporan kami menunjukkan bahwa penumpang merasa puas terhadap keseluruhan pengalaman penggunaan Kereta Cepat Whoosh mulai dari fasilitas di stasiun, keamanan dan kenyamanan di dalam kereta, hingga layanan pelanggannya.

Sebanyak 94% penumpang menyatakan kepuasan mereka terhadap fasilitas di stasiun Kereta Cepat Whoosh, yang memberikan pengalaman menunggu yang nyaman dan menyenangkan. Selain itu, kenyamanan kursi dan keamanan di dalam kereta turut memberikan kesan positif bagi perjalanan mereka. Sebanyak 93% responden juga menilai layanan pelanggan yang disediakan oleh Kereta Cepat Whoosh sangat responsif.

Menariknya pada riset ini terlihat bahwa Kereta Cepat Whoosh mendapatkan skor Net Promoter Score (NPS) yang sangat tinggi, terutama dari penumpang yang sering menggunakan layanan ini untuk kedua tujuan, yaitu bisnis dan rekreasi.

Baca Juga :   Yogyakarta Dinobatkan sebagai Destinasi Wisata Paling Murah di Indonesia

Temuan ini menunjukkan bahwa semakin sering seseorang menggunakan Kereta Cepat Whoosh, semakin mereka merasa puas dan cenderung merekomendasikannya kepada orang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa pengalaman positif yang dirasakan penumpang akan terus meningkat seiring dengan frekuensi penggunaan.

Para responden sepakat bahwa Kereta Cepat Whoosh merupakan pilihan moda transportasi yang efisien, dengan waktu tempuh yang cepat, dan ketepatan jadwal yang konsisten, menjadikannya moda transportasi yang dapat diandalkan.

Harapan Penumpang dan Calon Penumpang Kereta Cepat Whoosh

Mayoritas (87%) responden yang telah menggunakan Kereta Cepat Whoosh memanfaatkan promo, seperti diskon pada harga tiket, dan berharap program promosi ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.

Sementara itu, bagi responden yang belum pernah menggunakan Kereta Cepat Whoosh, mereka memiliki harapan tinggi terhadap pengalaman yang ditawarkan. Mereka menginginkan adanya inovasi teknologi terbaru, perjalanan yang singkat, serta akses mudah ke transportasi penghubung dari dan ke stasiun Kereta Cepat Whoosh. Potensi mereka untuk mencoba layanan ini akan meningkat jika mendapatkan rekomendasi positif dari orang lain.

Baca Juga :   XCMG Excavator Luncurkan Produk G-Series Terbaru untuk Pasar Global

Laporan “Kepuasan Penumpang Kereta Cepat Whoosh dan Potensi di Masa Mendatang” memberikan gambaran yang jelas mengenai bagaimana Kereta Cepat Whoosh telah memikat hati masyarakat dan menunjukkan potensi besar untuk terus berkembang di masa depan, terutama jika kebutuhan dan harapan calon penumpang dapat terpenuhi.

Metodologi Penelitian:

Penelitian dilakukan pada tanggal 26-29 Juli 2024.

Survei dilakukan secara online terhadap total 1.088 responden, laki-laki dan perempuan berusia 17-55 tahun di Indonesia.

Durasi pengerjaan survei sekitar 15 menit.

Pertanyaan survei dikemas dalam bentuk kuesioner dengan format pilihan ganda tunggal, pilihan ganda kompleks, dan skala likert.