Scroll untuk baca artikel
Industri

InnoTrans 2024: Transformasi Digital Transportasi Kereta oleh Huawei

15
×

InnoTrans 2024: Transformasi Digital Transportasi Kereta oleh Huawei

Sebarkan artikel ini
Huawei

BISNISASIA.CO,ID, BERLIN – InnoTrans 2024, ajang pameran terbesar di sektor transportasi kereta api, berlangsung di Berlin, Jerman, dari tanggal 24 hingga 27 September.

Dengan tema “The Future of Mobility,” pameran ini memfokuskan perhatian pada tren transformasi digital dan teknologi pintar dalam industri transportasi.

Huawei menampilkan berbagai aplikasi inovatif yang mencakup FRMCS (Future Railway Mobile Communication System), AI, komputasi awan, dan IoT.

Teknologi-teknologi ini berperan penting dalam menciptakan sistem transportasi yang lebih efisien dan aman.

Transportasi kereta adalah sistem yang kompleks dan berskala besar, di mana keselamatan merupakan prioritas utama.

Baca Juga :   Franchising & Licensing Asia 2024 Tawarkan Peluang Baru dalam Bisnis Lisensi dan Waralaba

Oleh karena itu, diperlukan landasan teknologi digital yang terintegrasi.

Selain itu, ekosistem industri yang melibatkan berbagai mitra dari domain berbeda juga penting untuk mendorong transformasi digital.

Menurut Jacky Wang, Vice President Smart Transportation BU Huawei, industri transportasi kereta sedang memasuki era baru yang didorong oleh broadband, komputasi awan, dan teknologi pintar.

Dalam rangka merespons tantangan ini, Huawei meluncurkan Solusi One Cloud One Network MultiHub.

Solusi ini memanfaatkan large models AI, big data, dan algoritma pintar untuk mendorong transformasi teknologi di berbagai domain profesional, termasuk pengoperasian kereta dan lokomotif.

Baca Juga :   Inovasi Penunjang 5G: Rumuskan Jalur Baru untuk Kesuksesan Bisnis

Tujuan utamanya adalah membantu klien membangun pusat transportasi yang aman, efisien, dan ramah lingkungan.

Jacky Wang menjelaskan bahwa FRMCS memiliki keunggulan berupa pita lebar yang besar, jangkauan luas, dan latensi rendah.

Dengan demikian, FRMCS sangat penting untuk implementasi pita lebar di seluruh sistem transportasi kereta.

Selain itu, migrasi layanan ke komputasi awan semakin populer, karena memungkinkan penggunaan TI yang lebih terpusat dan efisien.

Big data dan teknologi AI yang dirancang khusus untuk skenario tertentu dapat meningkatkan nilai tambah data, memperkuat keamanan layanan, dan mengoptimalkan manajemen produksi.

Hingga saat ini, Huawei telah melayani lebih dari 300 jalur kereta perkotaan di 70 kota dan lebih dari 180.000 km jalur kereta di seluruh dunia.

Baca Juga :   AION Siap Hadirkan Teknologi Super Canggih Baterai EV bagi Masyarakat Indonesia

Solusi-solusi yang dirancang khusus untuk berbagai skenario penggunaan tidak hanya menjawab tantangan klien, tetapi juga menghasilkan nilai tambah bagi industri kereta api secara keseluruhan.

Melalui pameran InnoTrans 2024, Huawei menunjukkan komitmennya untuk mendorong inovasi dalam transportasi kereta dengan teknologi pintar.

Dengan berbagai solusi yang telah terbukti efektif, Huawei berupaya untuk menghadirkan sistem transportasi yang lebih aman, efisien, dan berkelanjutan di masa depan.