Scroll untuk baca artikel
Teknologi

WeRide Robosweeper Menjejak Singapura, Fasilitasi “Smart Sanitation” di “Kota Taman” Tersebut

586
×

WeRide Robosweeper Menjejak Singapura, Fasilitasi “Smart Sanitation” di “Kota Taman” Tersebut

Sebarkan artikel ini
Pengujian WeRide Robosweepers di Singapura.

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – WeRide telah menjalin kerja sama dengan Chye Thiam Maintenance (CTM), perusahaan sanitasi terkemuka di Singapura. Melalui kolaborasi ini, WeRide Robosweepers mulai memasuki tahap penggunaan komersial di Singapura. Fase pertama WeRide Robosweepers telah tiba di negara tersebut dan sedang menjalani pengujian aspek keselamatan kerja. Tahap penggunaan resmi dijadwalkan akan dimulai pada akhir 2024.

Singapura telah mencapai pencapaian luar biasa dalam bidang sanitasi perkotaan. Jalan-jalan di Singapura dihiasi oleh pepohonan dan berbagai taman indah, membuat kota ini mendapatkan julukan “Kota Taman”. Kolaborasi antara WeRide dan CTM akan membawa teknologi canggih dan layanan sanitasi tanpa awak berkualitas tinggi untuk menjaga kebersihan Singapura.

CTM adalah salah satu perusahaan sanitasi dan pengelolaan sampah terbesar di Singapura, telah lama bekerja sama dengan pemerintah serta industri hiburan dan pariwisata setempat. CTM merupakan pionir dalam bidang sanitasi di Singapura.

Sementara itu, WeRide adalah pemimpin global dalam teknologi swakemudi (autonomous driving), yang melakukan penelitian, pengembangan, pengujian produk, dan operasional di 30 kota di tujuh negara. Dengan menawarkan lini produk yang telah berkembang dan diproduksi massal, WeRide memiliki pengalaman luas di segmen smart sanitation, smart logistics, dan smart mobility, menjadikannya pemimpin industri swakemudi.

Baca Juga :   Lebih dari 90.000 Perusahaan Sudah Mengadopsi Model Qwen Alibaba Cloud dalam Setahun

Sejak September 2022, layanan smart sanitation WeRide telah hadir di berbagai kota, termasuk Guangzhou, Shenzhen, dan Beijing. Implementasi layanan ini mendukung proyek-proyek percontohan dalam pengembangan smart city, meningkatkan daya tarik dan sektor pariwisata perkotaan.

WeRide Robosweeper S6 dilengkapi berbagai sensor dan algoritma AI yang sangat akurat. Dengan sensor dan algoritma ini, Robosweeper S6 mampu melakukan berbagai tugas sanitasi perkotaan, seperti menyapu jalan, menyemprot air, dan disinfeksi. Robosweeper juga secara otomatis mendeteksi kondisi jalan, menghindari pejalan kaki dan rintangan di jalan, menjamin keamanan, reliabilitas, dan efisiensi dalam membersihkan jalan.

Selain itu, WeRide Robosweeper menggunakan sistem motor listrik yang mengurangi emisi karbon dioksida hingga hampir 10.000 kilogram per bulan secara rata-rata. Dengan sistem ini, Robosweeper memiliki jejak karbon rendah dan berkontribusi signifikan terhadap transformasi ramah lingkungan di sektor sanitasi Singapura.

Baca Juga :   Microsoft meluncurkan AI chatbot ke aplikasi Bing di iPhone dan Android

Peluncuran Robosweeper di Singapura menandai ekspansi bisnis smart sanitation WeRide ke pasar internasional, mencerminkan potensi besar Robosweeper. WeRide melihat Singapura sebagai pusat strategis dan berencana berkolaborasi dengan mitra lokal untuk memperluas pasar sanitasi di Asia Tenggara. Dengan demikian, WeRide akan menghadirkan layanan sanitasi tanpa awak yang efisien dan berkualitas tinggi ke berbagai negara dan kota. (saf)