BISNISASIA.CO.ID, SHANGHAI – Saat ini, perkembangan pesat sektor e-commerce, jasa pesan-antar makanan (food delivery), serta industri tidak padat modal dan berbiaya murah telah mengubah struktur pasar kemasan lokal.
Sejalan dengan perubahan ini, pabrik kemasan kelak semakin dituntut untuk meningkatkan kapabilitas order secara komprehensif: produsen kemasan karton juga kini memiliki permintaan baru untuk peralatan label produk (short order) dan alat pengolahan karton lipat; di sisi lain, alat pengolahan kontainer makanan tambahan harus beradaptasi dengan perubahan di pasar food delivery dan e-commerce.
Agar pihak produsen mampu menangkap peluang permintaan pasar internasional di Asia Tenggara, RX akan menggelar WEPACK ASEAN 2024 pada 14-16 November 2024 di Malaysia International Trade and Exhibition Center (MITEC).
Mengeksplorasi ruang pasar baru di ASEAN dan menghadirkan ajang pameran untuk seluruh rantai industri
Diadakan oleh RX, WEPACK ASEAN adalah ajang pameran dagang internasional yang dirancang khusus untuk rantai industri kemasan di Asia Tenggara. Ajang ini melibatkan sumber daya rantai industri kemasan global yang telah eksis selama 30 tahun terakhir.
Lewat ajang ini, RX mendukung negara-negara di Asia Tenggara untuk memperbarui rantai industri kemasan, mulai dari bahan baku produk kemasan hingga alat-alat produksi dan teknologi aplikasi kemasan.
Dengan menyatukan produsen kemasan dan beragam praktisi industri dari 10 negara ASEAN, WEPACK ASEAN menjadi platform khusus bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di segmen alat-alat pengolahan kemasan, barang-barang habis pakai (consumable) dan berbagai layanan seperti kemasan karton, karton lipat dan kemasan fleksibel.
Di WEPACK ASEAN, perusahaan-perusahan ini dapat mengembangkan pasar di negara-negara ASEAN, memperluas bisnis, dan menjalin kerja sama. WEPACK ASEAN juga didukung penuh mitra-mitra strategis, seperti Malaysia Convention & Exhibition Bureau (MyCEB), World Packaging Organization (WPO), dan Asian Corrugated Case Association (ACCA), pada tahun ini.
Ajang pameran yang telah diperbarui secara komprehensif, menyediakan jalur baru untuk merambah pasar global
Dibandingkan edisi sebelumnya, WEPACK ASEAN 2024 memiliki konsep, skala, dan rangkaian acara yang baru, serta terus menyajikan prospek industri terkini.
Luas area pameran WEPACK ASEAN 2024 mencapai 12.000 meter persegi, menampilkan lebih dari 200 perusahaan dalam dan luar negeri yang memproduksi peralatan dan produk kemasan. Ajang ini juga akan diikuti lebih dari 5.000 pengunjung dari kalangan profesional dan agen penyalur di industri kemasan Asia Tenggara. Lebih lagi, WEPACK ASEAN 2024 telah mendapat dukungan lebih dari 50 asosiasi internasional dan media.
Tahun ini, cakupan pameran WEPACK ASEAN pun semakin luas, meliputi peralatan pengolahan kemasan makanan, produk kemasan dan kontainer, logistik internal dan pabrik otomatis, material kertas dan barang-barang habis pakai lain, pameran bahan kertas mentah, serta pameran perdagangan bahan kertas. Selain itu, sesi pengadaan barang di lokasi pameran dan sesi distribution matchmaking juga digelar WEPACK ASEAN. Dengan demikian, pengunjung memperoleh pameran yang benar-benar baru.
Menangkap peluang pasar Asia Tenggara dan memanfaatkan ruang pertumbuhan untuk mendunia
Sebagai perekonomian terbesar keenam di dunia, basis konsumen di ASEAN tengah berkembang pesat. Pertumbuhan e-commerce di Asia Tenggara, lokasi ASEAN, mendorong lonjakan permintaan kemasan barang konsumen seperti kemasan logistik dan kemasan karton lipat. Setelah semakin menyadari isu-isu lingkungan hidup, pemerintah di beragam negara pun kian membutuhkan produk-produk berkelanjutan sehingga pabrik kemasan harus mempertimbangkan solusi tersebut.
Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah di beragam negara ASEAN gencar membangun kawasan industri dan pengembangan ekonomi, serta melansir kebijakan penurunan dan insentif pajak. Didukung dividen demografi dan pembangunan pabrik berbiaya rendah, jumlah perusahaan yang mendirikan pabrik dan berinvestasi di ASEAN semakin bertambah banyak. Tren ini juga mendorong kenaikan permintaan di industri kemasan.
Empat kegiatan bertema khusus menyajikan analisis multidimensi
1. “Southeast Asia Packaging Industry Summit”
Southeast Asian Packaging Industry Summit adalah ajang berbagi pengalaman industri pada tingkat regional. Ajang ini memfasilitasi pertukaran informasi, eksplorasi teknologi, dan prediksi tren. Lebih lagi, ajang ini menghubungkan industri hulu dan hilir, serta menjadi ajang industri yang membahas karakteristik industri kemasan dan percetakan di Asia Tenggara, melibatkan hampir 200 peserta.
2. Lima area khusus untuk menjamu perusahaan-perusahaan kemasan terkemuka
Pameran ini menggelar area khusus untuk menjamu perusahaan-perusahaan kemasan terkemuka. Di area-area ini, produsen kertas, pabrik kemasan, dan perusahaan terminal dapat menjamu klien dan jaringannya.
3. 800 sesi trade match-making dengan 500+ pihak pembeli asing
Pihak penyelenggara kegiatan akan menggelar area eksklusif untuk 800 sesi trade match-making di lokasi pameran. Menurut rencana, pihak penyelenggara akan mengundang lebih dari 500 pihak pembeli asing dalam sesi TAP match-making, serta menyediakan layanan khusus bagi pihak ekshibitor dan pembeli asing yang berniat untuk melakukan pembelian. Maka, ekshibitor dapat terus memperluas pengaruh internasional dan pangsa pasar selama ajang ini berlangsung.
4. “A-Thousand-Person Annual Dinner of Malaysian Corrugated Carton Manufacturers’ Association” (MACCMA)
Gala Tahunan MACCMA akan digelar bertepatan dengan pameran tersebut. Produsen kemasan karton di Malaysia dan asosiasi lokal di Asia Tenggara dapat berkumpul di Kuala Lumpur untuk mengikuti gala tahunan sekaligus pameran. Pihak penyelenggara acara juga akan menerapkan kuota jumlah peserta di gala tahunan ini. Ekshibitor bisa menemui KOL industri dan perusahaan di Asia Tenggara di sesi tersebut.