BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Merayakan Bulan Kebaikan Global (Global Month of Good), Starbucks Indonesia kembali hadir dengan serangkaian inisiatif yang menonjolkan semangat keberlanjutan dan pemberdayaan komunitas.
Program tahunan ini berlangsung sepanjang April 2025, dengan berbagai kegiatan yang melibatkan komunitas, pelanggan, serta partner Starbucks.
Salah satu acara puncak adalah Green Up Your Day Run, sebuah kegiatan lari yang digelar pada 13 April 2025 di Senayan Park, Jakarta.
Acara ini menargetkan lebih dari 1.000 pelari, termasuk anggota komunitas pelari vegan di Jakarta. Mengusung tema “Green Up Your Day,” acara ini bertujuan untuk mengedukasi gaya hidup sehat dan keberlanjutan, sambil mempererat hubungan dengan komunitas serta meningkatkan kesadaran tentang pilihan makanan nabati.
“Melalui tema Green Up Your Day, kami ingin menginspirasi individu untuk membuat dampak positif dari diri mereka sendiri, yang akan terasa lebih besar jika dilakukan bersama-sama,” ujar Liryawati, Chief Operating Officer PT Sari Coffee Indonesia.
Kolaborasi dengan Green Rebel: Makanan Nabati dan Pilihan Sehat
Untuk mendukung tujuan keberlanjutan dan kesadaran lingkungan, Starbucks kembali berkolaborasi dengan Green Rebel Foods, sebuah perusahaan yang berfokus pada makanan berbasis nabati. Produk baru hasil kolaborasi ini antara lain:
-
Plant-based Beev Truffle Penne
-
Plant-based Brioche Sloppy Joe
-
Vegan Blueberry Cheesecake Parfait
Selain itu, Starbucks juga terus menghadirkan pilihan susu nabati seperti soymilk, oatmilk, dan almondmilk di seluruh gerai Starbucks Indonesia, memberikan pelanggan pilihan yang lebih ramah lingkungan dan lebih sehat.
Promosi Menarik untuk Pelanggan Starbucks
Pelanggan yang menjadi anggota Starbucks Rewards dapat menikmati penawaran menarik seperti tiga minuman berukuran Tall hanya dengan Rp75.000.
Pilihan minuman tersebut termasuk green tea dengan susu nabati dan non-nabati, untuk mendukung pilihan sehat bagi para pelanggan.
Untuk lebih meningkatkan kesadaran lingkungan, Starbucks meluncurkan tumbler Chako Lab + Starbucks yang dirancang dengan desain unik. Produk ini diharapkan bisa mengajak lebih banyak pelanggan untuk menggunakan tumbler reusable, sebagai bagian dari inisiatif Starbucks untuk mengurangi sampah plastik.
Inisiatif Sosial Starbucks: Membuat Dampak Nyata di Komunitas
Selain kegiatan di gerai, Starbucks Indonesia juga fokus pada pemberdayaan komunitas melalui berbagai program sosial. Pada tahun ini, Starbucks merayakan Bulan Kebaikan Global yang ke-15 dengan melibatkan partner (karyawan) dalam kegiatan sukarela di berbagai lembaga nirlaba.
Di Indonesia, Starbucks telah melakukan proyek WASH yang memberikan akses air bersih kepada masyarakat, serta mendirikan rumah dan fasilitas sanitasi bagi komunitas di Jawa Barat.
Starbucks Indonesia juga meluncurkan program Books For The Future (BFF) pada akhir tahun 2022, yang telah berhasil mengumpulkan lebih dari 14.000 buku yang disumbangkan ke beberapa yayasan sosial.
Greener Nusantara: Inisiatif Pengurangan Sampah Plastik
Dalam rangka merayakan Bulan Kebaikan Global dan Bulan Bumi, Starbucks Indonesia juga mengedepankan program Greener Nusantara, yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik.
Sejak 2018, Starbucks Indonesia telah mengganti penggunaan plastik dengan bahan daur ulang seperti rPET (recycled poly-ethylene terephthalate) untuk gelas dan menggunakan sedotan berbahan kertas.