Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Rekomendasi Bridgestone Indonesia untuk Pengecekan Ban Setelah Mudik

37
×

Rekomendasi Bridgestone Indonesia untuk Pengecekan Ban Setelah Mudik

Sebarkan artikel ini
Teknisi TOMO sedang melakukan pengecekan ban.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Tradisi mudik atau pulang kampung saat Lebaran telah menjadi kebiasaan bagi banyak masyarakat Indonesia. Data dari PT Jasa Marga (Persero) menunjukkan bahwa jumlah kendaraan pribadi yang meninggalkan Jabodetabek selama arus mudik hingga H-2 Lebaran mencapai 1.136.051 kendaraan. Daerah-daerah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi tujuan utama pemudik. Namun, setelah melakukan perjalanan jauh, penting bagi pengguna mobil untuk memeriksa kondisi kendaraan, termasuk kondisi ban, untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan di perjalanan pasca-mudik.

Ban mobil memegang peran penting dalam keselamatan pengendara dan penumpang. Fisa Rizqiano, Wakil Kepala Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, menekankan pentingnya memeriksa kondisi ban setelah perjalanan panjang. Dia mengatakan, “Ban mobil menjadi salah satu faktor penentu keselamatan pengendara bersama penumpang. Setelah perjalanan panjang kembali dari kampung halaman, ban perlu dicek untuk tetap menjaga keselamatan pengendara dan penumpang agar tetap nyaman dikendarai pasca-liburan.”

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memeriksa kondisi ban:

Tekanan Angin

Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan standar yang direkomendasikan. Periksa tekanan angin ketika ban dalam keadaan dingin, dan pastikan tekanan pada ban depan dan belakang sesuai. Informasi lebih lanjut mengenai tekanan angin ideal dapat ditemukan pada lis pintu sopir atau buku manual kendaraan.

Baca Juga :   3 Produsen Mobil Tiongkok Beri Diskon Pembelian Mobil, SUV Qiyuan Q05 Rp160 Jutaan

Cek Fisik Ban

Periksa kondisi fisik ban, termasuk kedalaman tapak ban. Pastikan tidak ada kerusakan seperti retak, benjol, atau benda asing yang menempel pada ban. Jika tapak ban sudah aus atau kedalaman tapak sudah kurang dari batas aman, segera ganti ban.

Spooring

Pengecekan roda (spooring) diperlukan untuk memastikan geometri roda kembali ke standar setelah melewati jalan yang kurang bagus selama mudik.

Baca Juga :   Hankook Siap Memulai Seri Keempat Formula E di São Paulo, Brasil

Rotasi Ban

Jika perjalanan mudik cukup jauh, disarankan untuk melakukan rotasi ban. Dengan menukar roda secara teratur, pola keausan akan menjadi lebih seragam pada semua ban, meningkatkan traksi dan pengendalian.

Untuk pemeriksaan ban yang menyeluruh, Anda dapat mengunjungi Tomonet.co.id untuk mencari TOMO terdekat. TOMO memiliki staf dan mekanik profesional yang siap membantu dan menjelaskan informasi terkait ban dengan detail. (saf)