Scroll untuk baca artikel
Finansial

Pacu Peningkatan Kualitas Produk UMKM di Samarinda, BCA Gelar Workshop Sertifikasi Halal

24
×

Pacu Peningkatan Kualitas Produk UMKM di Samarinda, BCA Gelar Workshop Sertifikasi Halal

Sebarkan artikel ini
BCA menggelar Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024.

BISNISASIA.CO.ID, SAMARINDA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus memperkuat komitmennya dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia melalui penyelenggaraan Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024. Acara ini digelar di Hotel Aston Samarinda pada Kamis (20/6) dan diikuti oleh 131 pelaku UMKM. Sebelumnya, Workshop Sertifikasi Halal BCA juga telah diadakan di Makassar, Bali, dan Jakarta Barat pada Mei lalu, dan akan terus berlanjut di seluruh Indonesia.

Selain itu, BCA juga menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) hingga Rp500 juta untuk pengusaha industri kue. Penyerahan KUR BCA ini dilakukan secara simbolis oleh Kepala Pengembangan Bisnis Wilayah XI BCA Lunardi dan Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Samarinda Ade Bachtiar kepada debitur Elyzabeth.

“Menyadari pentingnya akses informasi terkait sertifikasi halal bagi pelaku UMKM, BCA melanjutkan komitmennya dalam menggelar Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024. Melalui kegiatan ini, perseroan tidak hanya memberikan akses langsung kepada UMKM di kota Samarinda untuk memahami proses sertifikasi halal dalam kategori self declare, tetapi juga mengedukasi mereka tentang pentingnya standar halal dalam meningkatkan kualitas produk,” jelas Ade Bachtiar.

Dalam Workshop Sertifikasi Halal UMKM BCA 2024, BCA memberikan dukungan berupa pembayaran biaya sertifikasi halal kepada pelaku UMKM. Peserta workshop juga berkesempatan mendapatkan beberapa penawaran menarik, seperti pembukaan rekening online, pembukaan Kartu Kredit BCA online, aktivasi metode pembayaran via QRIS, serta fasilitas pembiayaan usaha (KUR) dan produk konsumtif lainnya.

Baca Juga :   Sepanjang 2023, Pertamina Trans Kontinental Cetak Laba Rp1,05 Triliun

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Berdasarkan survei Kementerian Koperasi dan UKM RI, omzet pelaku usaha rata-rata meningkat 8,5% setelah memperoleh sertifikat halal. Sejalan dengan itu, BCA berkomitmen untuk terus melanjutkan program sertifikasi halal UMKM. Sepanjang tahun 2023, BCA telah melakukan workshop dan membantu penerbitan 1.000 sertifikat halal bagi UMKM yang mayoritas pesertanya adalah perempuan, tersebar di 10 kota/kabupaten di sembilan provinsi di seluruh Indonesia. Upaya ini menempatkan BCA pada tahun 2023 di peringkat kedua nasional sebagai lembaga dengan kuota sertifikat halal terbanyak.

Baca Juga :   Dorong Pariwisata Berkelanjutan, BCA Sinergi dengan Pengurus 'Desa Bakti BCA'

Per Maret 2024, pembiayaan UMKM BCA naik 12,1% YoY mencapai Rp117,7 triliun. Hingga Mei 2024, BCA telah menyalurkan KUR sebesar Rp382 miliar atau naik 57,6% YoY. BCA menargetkan dapat menyalurkan KUR hingga Rp800 miliar pada tahun ini, meningkat sekitar 11% dari tahun sebelumnya.

“BCA yakin bahwa Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024 akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi UMKM di Samarinda dan seluruh Indonesia. Kami berharap kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang sertifikasi halal, tetapi juga mendorong UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dan menjangkau pasar yang lebih luas,” tutup Ade Bachtiar. (saf)