Scroll untuk baca artikel
Teknologi

NDC Partnership dan UNFCCC Luncurkan Alat Baru untuk Tingkatkan Ambisi dan Implementasi NDC 3.0

25
×

NDC Partnership dan UNFCCC Luncurkan Alat Baru untuk Tingkatkan Ambisi dan Implementasi NDC 3.0

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, BONN – NDC Partnership dan sekretariat UNFCCC baru saja meluncurkan NDC 3.0 Navigator, sebuah alat interaktif yang dirancang untuk membantu negara-negara meningkatkan ambisi NDC 3.0 serta mempercepat penerapannya. Alat ini akan sangat berguna menjelang putaran NDC berikutnya yang dijadwalkan akan diajukan pada awal 2025. NDC 3.0 Navigator dikembangkan dengan masukan teknis dari Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP), World Resources Institute (WRI), dan lebih dari 30 mitra lainnya.

Alat ini menampilkan tujuh “Jalan Menuju NDC yang Ambisius dan Dapat Diimplementasikan” yang membantu negara-negara berkembang mengidentifikasi dan mengeksplorasi pendekatan nasional yang relevan untuk mempersiapkan NDC 3.0. Dengan menggunakan Navigator, negara-negara dapat menjelajahi berbagai cara untuk meningkatkan ambisi NDC mereka, sesuai dengan prioritas nasional dan kebutuhan implementasi serta pendanaan utama. Alat ini dilengkapi dengan pertanyaan panduan, studi kasus, dan tautan ke sumber informasi dan dukungan, serta akan diperbarui secara berkala berdasarkan pengetahuan dan pengalaman baru.

Peluncuran Navigator ini dilakukan pada saat negara-negara sedang mempersiapkan NDC yang harus cukup ambisius untuk sejalan dengan tujuan Perjanjian Paris, yaitu membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius, sambil membangun ketahanan yang lebih kuat terhadap dampak perubahan iklim. Global Stocktake (GST) pertama di COP28 menyimpulkan bahwa meskipun Perjanjian Paris telah memicu aksi iklim global, masih ada kesenjangan signifikan dalam tingkat ambisi, kecepatan implementasi, dan akses pendanaan yang diperlukan untuk memenuhi tujuan Perjanjian Paris melalui transisi yang adil.

Dengan menggunakan ilmu pengetahuan terkini dan hasil GST, Navigator akan mendukung negara-negara dalam mencerminkan hasil GST dalam NDC 3.0 mereka dan membantu memastikan mereka siap mengimplementasikan serta merencanakan investasi untuk memperluas pilihan pendanaan iklim.

Peluncuran Navigator ini bertepatan dengan pertemuan iklim PBB di bulan Juni, yang dikenal sebagai SB60 atau sesi ke-60 Badan Pendukung UNFCCC di Bonn. Dalam pertemuan ini, banyak negara dan pemangku kepentingan akan mendorong kemajuan isu-isu kebijakan utama menuju COP29 di Baku, Azerbaijan.

Baca Juga :   itel RS4 NFC Pilihan Tepat Pecinta Game, Harga Terjangkau!

Sekretaris Eksekutif UNFCCC, Simon Stiell, menyatakan, “Nationally Determined Contributions harus berfungsi sebagai rencana yang kuat untuk memajukan perekonomian dan masyarakat dengan meningkatkan lapangan kerja, kesetaraan gender, akses terhadap energi bersih yang aman dan terjangkau, serta mengurangi polusi dan meningkatkan kesehatan manusia. Bersama sistem PBB dan mitra lainnya, kami berfokus memberikan dukungan praktis kepada semua Pihak yang membutuhkan bantuan. Navigator NDC 3.0 dapat membantu menghubungkan Para Pihak dengan informasi, alat lain, dan kontak yang dapat membantu mereka mengembangkan NDC baru dengan fokus pada implementasi nyata.”

Dan Jørgensen, salah satu pemimpin NDC Partnership dan Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Kebijakan Iklim Global Kerajaan Denmark, menambahkan, “GST menunjukkan bahwa negara-negara di dunia harus beralih dari bahan bakar fosil, meningkatkan kapasitas energi terbarukan secara global, dan meningkatkan efisiensi energi. NDC 3.0 Navigator membantu negara-negara mendapatkan informasi yang diperlukan untuk mengembangkan NDC yang selaras dengan tujuan Perjanjian Paris, sambil melakukan transisi yang adil.”

Baca Juga :   OPPO Janjikan Update Fitur AI Generatif di Reno11 F 5G

Dr. Jeanne d’Arc Mujawamariya, salah satu pemimpin NDC Partnership dan Menteri Lingkungan Hidup Republik Rwanda, juga menyatakan, “Mengembangkan NDC yang ambisius dan dapat diimplementasikan sangatlah penting. Kita perlu menjelajahi semua cara untuk memperkuat NDC yang mendorong negara-negara agar cepat bertindak dalam mencapai tujuan mereka dan menarik investasi. Rute dalam Navigator NDC 3.0 akan memungkinkan banyak negara mengembangkan NDC yang ambisius dan selaras dengan prioritas pembangunan mereka. Kami menghargai dukungan NDC Partnership dalam perjalanan yang mulia ini.”

Navigator NDC 3.0 membantu negara-negara mengembangkan permintaan berkualitas tinggi dan lengkap kepada NDC Partnership untuk dukungan dalam pengembangan NDC 3.0 mereka. (saf)